SISTEM INFORMASI PERGUDANGAN

Acara

20 – 21 Maret 2019 | Rp 4.500.000/ peserta di Bandung
15 – 16 April 2019 | Rp 4.500.000/ peserta di Bandung
28 – 29 April 2019 | Rp 4.500.000/ peserta di Bandung
20 – 21 Juni 2019 | Rp 4.500.000/ peserta di Bandung

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

 

LATAR BELAKANG TRAINING SISTEM INFORMASI PERGUDANGAN

Gudang merupakan bagian penting dari supply chain management. Akurasi stock, order picking system, pengisian kembali stock yang berkurang merupakan kunci penting dalam meningkatkan kecepatan pelayanan.

Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kemampuan untuk mengelola persediaan yang ada di gudang

Komputerisasi adalah pemanfaatan komputer sebagai sarana pengolah data, dimana persoalan yang akan didukung oleh komputer harus dapat dijabarkan kedalam sejumlah langkah penyelesaian yang pasti dengan sejumlah masukan dan keluaran yang sudah ditetapkan

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan akibatnya pada tindakan atau keputusan saat ini atau yang akan datang.

Nilai informasi adalah nilai dari perubahan tingkah laku keputusan yang disebabkan oleh informasi dikurangi pengorbanan atau biaya untuk mendapatkan informasi tersebut.

Management sumber daya informasi adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa informasi adalah sumber daya yang berharga dan harus dikelola  seperti sumber daya yang lain seperti uang, material, dan manusia

Umur Informasi adalah lamanya informasi disimpan atau dipelihara dalam suatu sistem informasi.

Inventory Management System adalah suatu aplikasi yang akan memerlihara informasi dasar tentang status part/ material yang terdapat dalam gudang.

 

TUJUAN/MANFAAT TRAINING SISTEM INFORMASI PERGUDANGAN

Pelatihan ini akan membantu peserta dalam memahami fungsi dari sistim informasi pergudangan dan pengaruhnya dalam meningkatkan efisiensi operasi gudang

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan:

  1. Memahami perencanaan dan pengawasan (control) stock material sehingga biaya inventory bisa ditekan secara efektif.
  2. Memahami data data persediaan yang perlu dipelihara
  3. Memahami cara mengaplikasikan sistim informasi manajemen pergudangan

 

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI ? :

Peserta dari pelatihan ini adalah Manajer dan Staf yang mengelola persediaan dan gudang baik di perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dan organisasi lainnya

 

MATERI TRAINING SISTEM INFORMASI PERGUDANGAN

  1. Pengertian Sistim Informasi
  2. Sistim Informasi Pergudangan
  3. Fungsi utama dari aplikasi adalah memelihara data jumlah barang yang ada (on hand quantity) baik yang sudah dialokasikan untuk suatu proyek tertentu, ataupun yang merupakan stock.
  4. Memelihara perpindahan material baik yang masuk ke gudang (received/ incoming) ataupun yang keluar dari gudang (issued/outgoing).
  5. Disamping itu akan didapti pula fungsi transfer, yaitu perpindahan material dari stock ke project tertentu atau sebaliknya dari projek tertentu ke stock .
  6. Disamping itu aplikasi Item Master juga memelihara data lokasi material, baik material yang disimpan digudang (rak-rak) ataupun dilokasi lain. Penentuan lokasi ini berguna untuk mendapatkan barang secara cepat serta menggunakan tempat (space) secara efektif.
  7. Aplikasi Item Master ini akan berhubungan (berinterface) dengan aplikasi Bill of Material (BOM), procurement dan Material Requirement Planning (MRP).
  8. Dari BOM, aplikasi Item Master akan mengambil informasi-informasi dasar tentang material yaitu material ID number, material number, material name dan sebagainya.
  9. Dari Purchasing aplikasi Item Master mendapatkan data yang berhubungan dengan penerimaan barang seperti Purchase Order (PO) number, quantity Received dan sebagainya. Sedangkan dari aplikasi MRP, aplikasi Item Master akan memperoleh data material / part yang sudah teralokasi untuk suatu proyek tertentu.
  10. Incoming Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaksi penerimaan material pada saat material diterima di gudang.
  11. Outgoing Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaction pengeluaran material pada saat material keluar dari gudang.
  12. Transfer Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data perpindahan material dari yang teralokasi pada projek ke stock, atau sebaliknya dari stock ke proyek tertentu. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material dipindahkan
  13. Adjustment Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data penyesuaian jumlah material (tambah atau kurang) antara yang tercatat dalam tabel dengan yang ada secara fisik. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material disesuaikan .
  14. Laporan Status & Lokasi Material yang ada di gudang .
  15. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek tertentu.
  16. Laporan Tahunan Physical Inventory dan sebagainya.
  17. Laporan status & Lokasi Material yang ada digudang.
  18. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek.
  19. Laporan tahunan Physical Inventory.

 

INSTRUCTOR :  Ir. Akhmad Dimyati, MBA

 

VENUE : Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

 

TRAINING DURATION :  2 hari

 

JADWAL TRAINING 2019

  1. 20 Mar 2019-21 Mar 2019
  2. 15 Apr 2019-16 Apr 2019
  3. 28 Mei 2019-29 Mei 2019
  4. 20 Jun 2019-21 Jun 2019
  5. 31 Jul 2019-01 Agust 2019
  6. 21 Agust 2019-22 Agust 2019
  7. 18 Sep 2019-19 Sep 2019
  8. 30 Okt 2019-31 Okt 2019
  9. 20 Nop 2019-21 Nop 2019
  10. 18 Des 2019-19 Des 2019

 

INVESTATION PRICE/PERSON :

  1. Rp 500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. Rp 250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. Rp 950.000/peserta (grup, untuk 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified
  11. Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan ke hotel tempat training – PP (jika peserta minimal dari satu perusahaan ada 4 peserta)

 

SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN PERGUDANGAN

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.