Strategic Thinking: Best Practice Dan Studi Kasus

ACARA

15 – 16 Juli 2019 | Rp. 5.900.000 per peserta di Yogyakarta/ Semarang/ Solo
22 – 23 Juli 2019 | Rp. 6.900.000 per peserta di Bandung/ Jakarta/ Surabaya
29 – 30 Juli 2019 | Rp. 7.900.000 per peserta di Bali/ Batam/ Balikpapan/ Manado/ Lombok
05 – 06 Agustus 2019 | Rp. 5.900.000 per peserta di Yogyakarta/ Semarang/ Solo

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

 

Deskripsi Training Strategic Thinking

Penyelesaian masalah yang dilakukan manajer seringkali berdampak negatif dan menimbulkan masalah baru. Dalam kasus program cost cutting misalnya, Detmer (2006) mengamati kasus  Rohr Corporation’s Riverside (RCR), California yang awalnya diakibatkan masalah penurunan profit. Program tersebut memang terbukti mampu meningkatkan 55% profit pada tahun pertama pelaksanaan, tetapi berdampak pada 3% penurunan penjualan pada tahun kedua dan ketiga berikutnya.

Di era kompetisi global ini, manajer menghadapi beberapa persoalan besar yang saling terkait satu sama lain dalam satu jalinan permasalahan yang kompleks. Pendekatan analitis seperti dalam kasus RCR sebelumnya tampaknya menyelesaikan masalah penurunan profit jangka pendek, tetapi bila dilihat pada sistem yang lebih besar ternyata menimbulkan masalah baru yang lebih berdampak dibandingkan penyelesaian masalah sebelumnya

Peter Senge (2006), pakar berpikir sistem, mengenalkan 11 sistem berpikir dan 5 komponen teknologi baru yang secara yang mampu merubah sebuah organisasi menjadi organisasi belajar. Kesebelas sistem berpikir dan lima komponen teknologi baru ini perlu dipahami dan diinternalisasi oleh setiap manajer, agar mampu membuat keputusan yang berdampak strategis (tidak sekedar logis), efektip (tidak sekedar efisien), dan  harmonis (tidak sekedar statis).

 

Materi Training Strategic Thinking

  1. Pendekatan dalam Keputusan Manajerial :
    • pendekatan reaktif
    • pendekatan antisipatif
    • pendekatan generative
  2. Memahami Proses Berpikir :
    • Bagaimana MENTAL MODEL mempengaruhi cara pandang manajer (knowledge management case)
    • Bagaimana manajer mengubah PERSPEKTIF untuk melihat leverage point baru (Marketing case, innovation case)
    • Bagaimana manajer melihat INTERDEPENDENSI suatu masalah (BCC Case, Rohr Case)
    • Bagaimana manajer berfokus pada STRUKTUR dan KULTUR yang membangun dan menyebabkan perilaku sistem berubah sesuai tujuan (Telkom case)
  3. Membandingkan Dampak Teknik Berpikir
    • Pendekatan analitis sebagai pendekatan reduksi (fishbone case, tree diagram)
    • Pendekatan sistemik sebagai pendekatan holistic
  4. Aplikasi Keputusan Strategis :
    • MODEL STATIS :
      • -Model positioning bisnis (positioning market persaingan, portofolio bisnis BCG)
      • – SWOT model
      • – Multicriteria model
      • – Game theory
      • – FGD model
    • MODEL DINAMIS :
      • – kasus kompetisi interaktif antar produk
      • – kasus kompetisi alokasi
  5. Menginisiasi Manajemen Perubahan
    • Teknik membangun perubahan (, teknik memanaskan minyak beku, teknik membelah batu, teknik merebus katak dan teknik internalisasi)
    • Membangun sinergi (emergence, local optimal, global optimal, goal congruent)
  6. Diskusi dan alternative solusi masing-masing perusahaan peserta

 

Metode Training Strategic Thinking

Presentasi, Diskusi , Brain storming, Case Study

 

Waktu  Dan Tempat Training Strategic Thinking

Hotel Santika Kuta, Bali
Hotel Nagoya Plaza, Batam
Hotel Fave, Balikpapan
Hotel Aston, Manado
Hotel Lombok Raya, Mataram
Hotel 101 Dago , Bandung
Hotel Santika Pandegiling, Surabaya
Sofyan Hotel Betawi, Jakarta
Hotel Ibis Solo
Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang
Hotel Ibis Malioboro, Yogyakarta

  • 15 – 16 Juli 2019
  • 22 -23 Juli 2019
  • 29 – 30 Juli 2019
  • 05 – 06 Agustus 2019
  • 13 – 14 Agustus 2019
  • 19 – 20 Agustus 2019
  • 26 – 27 Agustus 2019
  • 02 – 03 September 2019
  • 09 – 10 September 2019
  • 16 – 17 September 2019
  • 23 – 24 September 2019
  • 30 September – 01 Oktober 2019
  • 07 – 08 Oktober 2019
  • 14 – 15 Oktober 2019
  • 21 – 22 Oktober 2019
  • 28 – 29 Oktober 2019
  • 04 – 05 November 2019
  • 11 – 12 November 2019
  • 18 – 19 November 2019
  • 25 – 26 November 2019
  • 02 -03 Desember 2019
  • 09 – 10 Desember 2019
  • 16 – 17 Desember 2019
  • 23 – 24 Desember 2019
  • 30 – 31 Desember 2019

 

Investasi dan Fasilitas Training Strategic Thinking

  • Rp 7.900.000 (Non Residential, Belum Terasuk Pajak PPn 10%) untuk lokasi di Bali, Batam, Balikpapan, Manado atau Lombok
  • Rp 6.900.000 (Non Residential, Belum Terasuk Pajak PPn 10%)) untuk lokasi di Bandung, Jakarta atau Surabaya
  • Rp 5.900.000 (Non Residential, Belum Terasuk Pajak PPn 10%) untuk Lokasi Solo, Semarang atau Yogyakarta
  • Quota minimum 2 peserta
  • Quota minimum 3 peserta ( Untuk Manado, Balikpapan dan Lombok Quota minimal 4 peserta)
  • Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)

 

Lead Instruktur Training Strategic Thinking

Ir. Arman Hakim Nasution, M.Eng And Team

 

STRATEGIC THINKING (BEST PRACTICE DAN STUDI KASUS PEMBELAJARAN ORGANISASI, SDM, DAN TEKNOLOGI)

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.