Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

Purchasing Management: Fundamentals

ACARA

25 s.d 27 November 2014 | Rp. 6.000.000 di Hotel Jogja Plaza Yogyakarta
2 s.d 4 Desember 2014 | Rp. 6.000.000 di Hotel Jogja Plaza Yogyakarta
9 s.d 11 Desember 2014 | Rp. 6.000.000 di Hotel Jogja Plaza Yogyakarta
16 s.d 18 Desember 2014 | Rp. 6.000.000 di Hotel Jogja Plaza Yogyakarta

Jadwal Training 2014 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING PURCHASING MANAGEMENT

Departemen atau bagian purchasing/pembelian merupakan bagian penting pada perusahaanmanufacturing yang bertanggung jawab terhadap pengadaan dan pengelolaan material.  Umumnya pada perusahaan manufacturing antara 50 –70% adalah berupa biaya produksi. Jika laba terletak dalam biaya-biaya, maka peran purchasing sangat besar dalam kegiatan usaha perusahaan.  Isi pelatihan ini mencakup strategi pengadaan dan pengelolaan material, penanganan dan pengendalian supplier, dan pengendalian material.

Kegiatan pembelian adalah proses penting dalam pencapaian tujuan perusahaan, sehingga diperlukan pelatihan manajemen pembelian untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan perusahaan secara efisien.

TUJUAN TRAINING PURCHASING MANAGEMENT

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan diharapkan mampu:

  • Memahami kontribusi departemen atau bagian purchasing terhadap management.
  • Merencanakan pengadaan material.
  • Mengenali metode-metode pemesanan.
  • Mengendalikan supplier dan material.
  • Memahami strategi dan cara negosiasi pembelian, mulai dari keputusan pembelian, pemilihan suplier, dan negosiasinya
  • Memahami pelaksanaan pembelian hingga ke administrasi dan evaluasinya

MATERI TRAINING PURCHASING MANAGEMENT

TAHAP  I :  NEGOSIASI DAN STRATEGI PEMBELIAN
Deskripsi secara umum tentang fungsi pembelian, organisasi departemen pembelian, hubungan departemen pembelian dengan departemen lain serta etika pembelian.

  • Prinsip-prinsip dalam menetapkan sasaran pembelian.
  • Pertimbangan membeli atau bikin sendiri.
  • Strategi pembelian dengan metode Bidang Hasil Pokok (Key Result Areas) dan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dilengkapi dengan beberapa taktik pembelian sehingga tercapai penghematan bagi perusahaan.
  • Perencanaan dan pengendalian sediaan dengan pendekatan Pareto, sistem pemesanan ReOrder Point system (ROP system) untuk produksi rutin dan Material Requirement Planing system (MRP system) untuk produksi yang tidak rutin yang dilengkapi pula dengan sistem sediaan pengaman untuk menghindari habis sediaan (stock out) serta perhitungan Economic Order Quantity untuk mencapai biaya penyimpanan yang minimum.
  • Negosiasi pembelian.

Meliputi pembahasan tentang persyaratan negosiator yang baik, lima langkah dasar penyiapan negosiasi, strategi dan taktik perundingan, aspek hukum pembuatan kontrak pembelian serta arbitrasi bila terjadi pelanggaran terhadap isi kontrak.

  • Operasi pembelian.

Meliputi pembahasan tentang survai pembelian, beberapa formulir yang diperlukan dalam pembelian barang, pemilihan pemasok yang baik serta gambaran prosedur pembelian yang biasanya dilakukan.

TAHAP II : Metode Pemesanan :

  • Jadwal waktu pemesanan
  • Metode perhitungan jumlah pesanan
  • Daftar material

TAHAP III :  PROSES PEMBELIAN

  • Proses pemindahan barang.

Meliputi pembahasan tentang jenis alat angkut yang bisa dipakai serta berbagai syarat penyerahan barang yang dibeli.

  • Penilaian prestasi.

Meliputi pembahasan tentang tujuan penilaian prestasi pembelian, landasan penilaian, metode penilaian baik terhadap departemen pembelian perusahaan yang bersangkutan ataupun pemasok untuk menjamin tercapainya sasaran pembelian.

  • Analisis Nilai (Value Analysis) meliputi peran analisis nilai, Teori Nilai, metode analisis nilai dan langkah analisis nilai untuk melakukan program penghematan serta meningkatkan kualitas produk perusahaan.
  • Studi kasus sebagai contoh penerapan prinsip-prinsip manajemen pembelian yang efektif.

INSTRUKTUR TRAINING PURCHASING MANAGEMENT

Josef Hernawan Nudu, S.T., M.T

PESERTA TRAINING PURCHASING MANAGEMENT

Karyawan, supervisor atau staf dibagian pemesanan/pembelian, penerimaan, dan penyimpanan material.

METODE TRAINING PURCHASING MANAGEMENT

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

WAKTU  & TEMPAT TRAINING PURCHASING MANAGEMENT

Hotel Jogja Plaza Yogyakarta

  • 25 s.d 27 November 2014
  • 2 s.d 4 Desember 2014
  • 9 s.d 11 Desember 2014
  • 16 s.d 18 Desember 2014
  • 22 s.d 24 Desember 2014
  • 29 s.d 31 Desember 2014
  • Pukul 08.30 – 16.00 WIB
  • (Inhouse Training Depend on Request)

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Yogyakarta, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Bali, Lombok and Batam

Investasi

  • Course Fee : Rp. 6.000.000,-/participant (non residensial)
  • Special Price : Rp. 5.000.000,-/participant (non residensial) Min. 3 Peserta

Fasilitas 

  •  Training Module
  •  Free High Quality Electronic Books
  • Certificate
  • Jacket or Batik
  •  Qualified Bag
  • Training Photo
  • Training room with full AC facilities and multimedia
  • Once lunch and twice coffee break every day of training
  • Qualified Instructor
  • Transportation from airport / railway to hotel and from hotel to the training venue

Fundamentals of Purchasing Management

 

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days