EFFECTIVE & INTERPERSONAL COMMUNICATIONS SKILLS

Acara

15 – 16 Maret 2017 | 09.00 – 16.00 WIB | RP. 3.200.000 di Graha Mustika Ratu, Jakarta
13 – 14 Juli  2017 | 09.00 – 16.00 WIB | RP. 3.200.000 di Graha Mustika Ratu, Jakarta




Keterampilan berkomunikasi antar pribadi mutlak dimiliki oleh setiap karyawan, mulai dari staf hingga manajer puncak. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara, terhindar dari kesalahpahaman dan  salah pengertian, bahkan mampu meningkatkan citra positif perusahaan. Diharapkan setelah mengikuti training ini, para peserta menguasai teknik-teknik praktis dan mampu berkomunikasi dengan lebih baik, yaitu mendengarkan secara aktif dan berbicara secara asertif.



MATERI TRAINING EFFECTIVE & INTERPERSONAL COMMUNICATIONS SKILLS

Hari 1:

1. Introduction

  • Pengertian dynamic communications; berkomunikasi sesuai dengan situasi dan lawan bicara (different situation, different target).
  • Formula komunikasi; SMCRE, pentingnya mengidentifikasi lawan bicara dan menyampaikan pesan yang tepat.
  • Pentingnya menjaga citra positif perusahaan melalui peningkatan rasa percaya diri (self confidence) dan kesan positif (positive impression) hingga keterampilan komunikasi persuasi yang baik.

2. 3V dalam berkomunikasi

  • Vocal: pilihan suara yang baik meliputi power (volume), artikulasi,  pronounciation, enuntiation (intonasi), repetition dan speed.
  • Verbal: pilihan kata yang baik, tepat sesuai lawan bicara, dengan nada kata yang baik.
  • Visual (body language): penggunaan body language untuk memperkuat pesan komunikasi.

3. Powerful active listening

  • Kemauan mendengarkan (volition)
  • Memperhatikan (attending).
  • Memahami (understanding): perbedaan persepsi, hambatan memahami, mengajukan pertanyaan yang tepat.
  • Mengingat (memory)
  • Memberi tanggapan (responding) dan umpan balik (feedback) yang tepat.

4. Berkomunikasi secara lugas – Assertiveness 1

  • Berkomunikasi dengan lawan bicara secara asertif, tidak pasif dan tidak agresif
  • Berkomunikasi sesuai kebutuhan dan keinginan (intention and need) lawan bicara, jiwa menolong dan melayani dengan sepenuh hati sebagai landasan komunikasi yang baik.
  • Kecerdasan emosi dalam berkomunikasi; menyeimbangkan antara logika dan emosi untuk menciptakan iklim komunikasi yang positif.
  • Nada bicara yang tidak menghakimi (nonjudgmental way), dan nada lain yang perlu dihindari, seperti menilai, menyalahkan, menyinggung, menakut-nakuti, dll.

Hari 2:

5. Berkomunikasi secara lugas – Assertiveness 2

  • Relationship; dasar berkomunikasi adalah menjalin hubungan, bukan hanya jangka pendek namun harus jangka panjang.
  • Appreciation: menghargai lawan bicara dalam berkomunikasi (appreciate and tolerate others).
  • Asking: mengajukan permintaan atau meminta sesuatu dengan lugas.
  • Self confidence: percaya diri untuk menunjang sukses berkomunikasi.
  • Advocacy: memberikan kritik, saran, pendapat secara lugas.

6. Berkomunikasi melalui telepon

Telephone technique and courtesy, meliputi:

  • Menerima telepon
  • Menelepon keluar
  • Etiket bertelepon

7. Dinamika komunikasi dalam menghadapi konflik

  • Conflict management
  • Mendengarkan keluhan atau tuntutan seseorang
  • Mengatasi keluhan atau tuntutan seseorang secara win-win solution
  • Argumentative vs Agresive
  • Anger management

8. Komunikasi persuasif

  • Komunikasi dengan tujuan mempengaruhi lawan bicara, menyampaikan pendapat atau ide dengan positive power.
  • Mengenali tipe lawan bicara demi sukses persuasi
  • Teknik persuasi yang efektif



Metode training
:

pembahasan konsep, role play, praktek latihan, game, quiz, diskusi kasus, pemutaran cuplikan film.



Target peserta:

seluruh karyawan yang perlu banyak berkomunikasi dengan pihak eksternal maupun internal dan memerlukan peningkatan keterampilan berkomunikasi.



Jam Pelaksanaan
:

09.00 – 16.00 WIB



Tempat
 

Graha Mustika Ratu Lt 6
Jln. Gatot Subroto Kav.74-75
Jakarta 12870



Harga

  • RP. 3.200.000,- nett/orang/program
  • include: handout materi, sertifikat, coffee break, 1x lunch
  • Diskon 10% untuk pendaftaran seminggu sebelum training ATAU Buy 2 get 1 free (cukup membayar Rp. 6.400.000 untuk pendaftaran 3 orang dari satu perusahaan untuk 1 program yang sama).



EFFECTIVE & INTERPERSONAL COMMUNICATIONS SKILLS

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.