Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 17.000 topik dan 150.000 event sepanjang tahun 2020

MASTER OF CEREMONY (MC) DAN PROTOKOLER – Available Online

JADWAL TRAINING ONLINE

09 – 10 Februari 2021 | IDR 3.750.000,- Online Training
17 – 18 Februari 2021 | IDR 3.750.000,- Online Training

Jadwal Training Online 2021 Selanjutnya …

JADWAL TRAINING KELAS

17 – 19 Februari 2021 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
08 – 10 Maret 2021 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta

Jadwal Training Kelas 2021 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING MASTER OF CEREMONY (MC) DAN PROTOKOLER

Beragam jenis acara seperti acara kenegaraan, kepemerintahan, bisnis, event sosial, wisuda, dan kunjungan pejabat membutuhkan pemahaman protokoler. Protokoler yang salah selain membuat malu penyelenggara, juga bisa berakibat risiko keamanan bahkan terancam gagalnya perijinan dan keberlangsungan usaha yang lebih besar. Menangani tamu VVIP serta menyelenggarakan acara dengan sukses merupakan syarat utama, lalu persiapan membangun atmosfer yang baik dan aspek keamanan. Aspek hukum perijinan serta memilih support unit seperti EO, Prasarana, Lighting serta MC yang tepat sangat penting. Seorang protokoler juga berperan sebagai stage manager. Ini adalah hal yang sangat dipentingkan dan harus diutamakan untuk dikuasai oleh setiap bagian protokoler dan master ceremony. Terkadang bagian protokoler juga harus dapat memberitahu para MC apa yang harus dilakukan, apa yang dilarang dan beragam hal yang harus dilakukan ketika kondisi dan situasi mendadak bermasalah (when things gone bad).

 

MATERI TRAINING MASTER OF CEREMONY (MC) DAN PROTOKOLER

  1. Manajemen Sukses Beragam Jenis Acara (Event) Mulai Dari Analisa Kebutuhan hingga Eksekusi Yang Efektif
  2. Memahami 2 Jenis Acara (Event): Routine Event & Special Event (Scheduled Special Event, Un-Scheduled Special Event, Spontaneous Special Event).
  3. Proses step by step sebuah Acara (Event):
    • Process: Determine Expectations.
    • Design: Design The Concept.
    • Planning: The Experience.
    • Coordination: Deliver The Dream.
    • Evaluation: Describe The Result.
  4. Memahami The Process Cycle of Event (The Goldblatt event management cycle)
  5. Latihan membuat proses cycle sebuah event berdasarkan goldblatt event management cycle).
  6. Tips & Tricks: Menyiasati berbagai isu seperti analisa kebutuhan, pengembangan konsep, manajemen sumber daya, manajemen event, perkiraan biaya dan pengawasan.
  7. Aspek Hukum dalam Protocol & Master Ceremony
  8. Pemahaman dasar Protokol/Keprotokoleran sesuai UU No. 8/87 mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan.
  9. Prinsip dasar MC & Keprotokoleran sesuai sosialisasi UU keprotokoleran negara (UU No 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan).
  10. Memahami Undang–undang yang berkaitan dengan Aturan Pokok Keprotokoleran dan aturan yang berkaitan dengan keprotokoleran.
  11. Tujuan Pengaturan Keprotokoleran sesuai Pasal 3 UU no. 9 Tahun 2010.
  12. The Protocol Warning.
  13. Peran Penting Protokoler & Master Ceremony Dalam Sebuah Penyelenggaraan Acara (Event) Kenegaraan, Kepemerintahan, Bisnis, Menangani VVIP, & Event Sosial
  14. Memahami pengertian, jenis, dan aktivitas (tata ruang, tata upacara, tata tempat, tata busana dan tata warkat) protokoler dalam acara kenegaraan, kepemerintahan, bisnis, menangani VVIP, dan event sosial.
  15. Memahami tugas dan fungsi seorang protokoler adalah seorang manager di lapangan serta hubungannya dengan Master Ceremony.
  16. Peran penting Protokoler & Master Ceremony dalam operasional acara kenegaraan, kepemerintahan, bisnis, menangani VVIP, dan event sosial sehingga meningkatkan citra perusahaan.
  17. Teknik menyusun, mengonsep, dan menyelenggarakan event sesuai protokol.
  18. Teknik monitoring & controlling sebuah Acara (Event).
  19. Sharing dan diskusi kelas.
  20. Metode Membangun Atmosfer Yang Baik Dalam Penyelenggaraan Sebuah Acara (Event)
  21. Teknik membangun atmosfer bekerjasama: forming, storming, norming, performing, adjourning.
  22. Diskusi mengenai teknik yang harus dilakukan guna membangun kedekatan: sebelum, ketika dan setelah Acara (Event) berlangsung.
  23. Event Room preparation, Event facility, seating layout, visual & audio setting.
  24. Latihan membuat “strategi persiapan Acara (Event)”.
  25. Teknik Kerjasama & Memilih Pihak Ketiga (EO, Lighting, MC, Venue, dll) Guna Terselenggaranya Acara (Event) Yang Sukses
  26. Memahami strategi dan teknik bekerjasama dengan pihak ketiga (dan perusahaan lain) agar event sukses.
  27. Teknik memilih pihak ketiga/vendor dalam sebuah event.
  28. Cara membuat briefing dan memonitornya.
  29. Teknik Handling VVIP Dalam Sebuah Penyelenggaraan Acara (Event)
  30. Beragam teknik mengatur/menetapkan tempat duduk tamu/pejabat VVIP.
  31. Beragam teknik menetapkan tata urutan memasuki kendaraan tamu/pejabat VVIP.
  32. Beragam teknik menetapkan tata urutan kedatangan dan kepergian/pulang tamu/pejabat VVIP.
  33. Beragam teknik tata urutan memberikan sambutan tamu/pejabat VVIP.
  34. Bagaimana menetapkan dan menentukan Jajar Kehormatan tamu/pejabat VVIP sehingga tidak terjadi salah penempatan.
  35. DOs & DON’Ts Dalam Government Protocolers & Master Ceremony (When Things Go Bad)
  36. Bagaimana mengemas berita dan mengetahui kapan harus berbicara/kapan harus diam.
  37. Bagaimana jika acara (event) terkena masalah/kasus dan Memaksimalkan press release.
  38. Memahami bagaimana media bekerja: Menentukan berita yang akan dimuat, kriteria berita yang layak dicetak, dan bagaimana media membentuk opini.
  39. Teknik mengelola interaksi dan membina relasi dengan wartawan.
  40. Menghadapi wartawan gadungan dan tekanan aparat/regulator kepemerintahan.
  41. DOs & DON’Ts Relasi Dengan Media Selama Terjadi masalah/kasus: Tata Kelola & Sumberdaya.
  42. Teknik mengatasi masalah dan membangun kembali reputasi & image diri.
  43. Latihan Aplikasi Protokoler Dalam Acara Kenegaraan, Kepemerintahan, Menangani VVIP Acara Swasta, Bisnis, & Event Sosial
  44. Latihan menyiapkan acara dari segi protokoler & MC dalam acara kenegaraan, kepemerintahan, menangani VVIP acara swasta, bisnis, dan event sosial.
  45. Latihan kasus menghadapi situasi bermasalah (when things gone bad).
  46. Latihan & Drill Menjadi MC dalam beragam bentuk acara (Kenegaraan, Kepemerintahan, Menangani VVIP, Serta Event Bisnis & Sosial) & situasi (Mendukung, Bermasalah, Krisis Keamanan)
  47. Latihan Menjadi MC (Bahasa tubuh, Intonasi, penggunaan alat bantu, sikap, dll). dalam beragam bentuk acara (Kenegaraan, Kepemerintahan, Menangani VVIP, Serta Event Bisnis & Sosial) dan situasi (Mendukung, Bermasalah, Krisis Keamanan).
  48. Drill hingga mampu menjadi MC yang baik.

 

METODE  

Lecturing, diskusi partisipatif, tanya jawab, simulasi, dan studi kasus

 

INSTRUKTUR

Drs. Apriyanto Giri Wibowo, MM

 

PESERTA

Manager atau Staff Kehumasan, Protokoler serta Sekretaris Direksi di lingkungan Departemen, Dinas, Dirjen, BUMN, BUMD, Perusahaan Mining dan Corporate.

 

JADWAL TRAINING 2021

JADWAL TRAINING ONLINE 2021

  • 9 – 10 Februari 2021
  • 17 – 18 Februari 2021
  • 23 – 24 Februari 2021
  • 2 – 3 Maret 2021
  • 9 – 10 Maret 2021
  • 17 – 18 Maret 2021
  • 25 – 26 Maret 2021
  • 30 – 31 Maret 2021
  • 6 – 8 April 2021
  • 12 – 13 April 2021
  • 15 – 16 April 2021
  • 21 – 22 April 2021
  • 27 – 28 April 2021
  • 5 – 6 Mei 2021
  • 11 – 12 Mei 2021
  • 18 – 19 Mei 2021
  • 27 – 28 Mei 2021
  • 3 – 4 Juni 2021
  • 8 – 9 Juni 2021
  • 16 – 17 Juni 2021
  • 22 – 23 Juni 2021
  • 29 – 30 Juni 2021
  • 1 – 2 Juli 2021
  • 6 – 7 Juli 2021
  • 12 – 13 Juli 2021
  • 15 – 16 Juli 2021
  • 22 – 23 Juli 2021
  • 27 – 28 Juli 2021
  • 3 – 4 Agustus 2021
  • 11 – 12 Agustus 2021
  • 19 – 20 Agustus 2021
  • 24 – 25 Agustus 2021
  • 30 – 31 Agustus 2021
  • 2 – 3 September 2021
  • 7 – 8 September 2021
  • 13 – 14 September 2021
  • 16 – 17 September 2021
  • 22 – 23 September 2021
  • 28 – 29 September 2021
  • 5 – 6 Oktober 2021
  • 13 – 14 Oktober 2021
  • 20 – 21 Oktober 2021
  • 25 – 26 Oktober 2021
  • 28 – 29 Oktober 2021
  • 1 – 2 November 2021
  • 4 – 5 November 2021
  • 9 – 10 November 2021
  • 18 – 19 November 2021
  • 24 – 25 November 2021
  • 29 – 30 November 2021
  • 2 – 3 Desember 2021
  • 7 – 8 Desember 2021
  • 14 – 15 Desember 2021
  • 20 – 21 Desember 2021

 

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING ONLINE

  1. Course Fee Rp 3.750.000
  2. Modul pelatihan berbentuk soft copy.
  3. Sertifikat pelatihan berbentuk e-Certificate.

  Platform Training Online

  1. Media Live training menggunakan Zoom Video Conference
  2. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 6 jam perhari selama 2 hari
  3. Tersedia Harga special apabila training yang sama diikuti oleh lebih dari 3 orang peserta dari perusahaan yang sama.

Persiapan peserta?

  1. Sangat dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
  2. Koneksi internet yang stabil.
  3. Buku dan alat tulis.
  4. Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link sehari sebelum dimulai.

 

JADWAL TRAINING KELAS 2021

  • 17 – 19 Februari 2021
  • 8 – 10 Maret 2021
  • 23 – 25 Maret 2021
  • 14 – 16 April 2021
  • 27 – 29 April 2021
  • 5 – 7 Mei 2021
  • 10 – 12 Mei 2021
  • 8 – 10 Juni 2021
  • 23 – 25 Juni 2021
  • 30 Juni – 2 Juli 2021
  • 13 – 15 Juli 2021
  • 18 – 20 Agustus 2021
  • 24 – 26 Agustus 2021
  • 21 – 23 September 2021
  • 29 September – 1 Oktober 2021
  • 13 – 15 Oktober 2021
  • 26 – 28 Oktober 2021
  • 9 – 11 November 2021
  • 24 – 26 November 2021
  • 1 – 3 Desember 2021
  • 14 – 16 Desember 2021

Hotel Ibis Malioboro | Yogyakarta
Hotel Cavinton | Yogyakarta
Hotel The Alana | Yogyakarta

 

BIAYA TRAINING KELAS

  • Biaya training IDR 6.750.000 per peserta – Nonresidential, belum termasuk pajak. Pelaksanaan di Yogyakarta minimal peserta 2 orang.
  • Venue training lain: Bandung, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Batam, dengan minimal peserta 4 orang. Biaya investasi – at proposal

 

FASILITAS TRAINING KELAS

  1. Training Modul
  2. Training kits
  3. Qualified instructor
  4. Fine bag pack
  5. Flashdisk berisi materi
  6. Sertifikat
  7. Polo shirt
  8. Training photo
  9. 2x coffee break dan lunch
  10. Transport Service dari airport ke hotel (min. 2 orang peserta dari perusahaan yg sama)

 

MASTER OF CEREMONY (MC) DAN PROTOKOLER

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.