Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

GEMBA KAIZEN AWARENESS

ACARA

02 – 03 April 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
03 – 04 Mei 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
08 – 09 Juni 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta

Jadwal Training 2020 Selanjutya …

 

 

OVERVIEW

Gemba Kaizen sering diterjemahkan sebagai improvement, continuos improvement, atau incremental improvement. Kaizen dilaksanakan pada perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dengan cara menghilangkan waste. Kaizen adalah metoda untuk memperbaiki proses bisnis dengan beberapa anggota tim dan dipimpin oleh kaizen leader.

Sasaran akhir kaizen adalah tercapainya Kualitas, Biaya, Distribusi (Quality, Cost, Delivery, QCD), sehingga pada praktiknya kaizen menempatkan kualitas pada prioritas tertinggi. Kaizen mengajarkan bahwa perusahaan tidak akan mampu bersaing jika kualitas produk dan pelayanannya tidak memadai, sehingga komitmen manajemen terhadap kualitas sangat dijunjung tinggi. Kualitas yang dimaksud dalam QCD bukan sekedar kualitas produk melainkan termasuk kualitas proses yang ditempuh dalam menghasilkan produknya.

Kata Gemba berasal dari bahasa Jepang yang berarti di lapangan/di area kerja. Sedangkan kata Kaizen adalah improvement yang berkelanjutan. Sehingga secara keseluruhan berarti improvement berkelanjutan yang di terapkan di lapangan/di area produksi.

Kaizen dalam prakteknya tidak hanya berarti perubahan menjadi yang lebih baik saja tetapi mempunyai makna yang sangat luas yaitu Perubahan pada Pola Pikir diri kita sendiri untuk merubah segalanya menjadi lebih baik. Discipline dan Commitment dari dalam diri kita sendiri yang menjadikan Kaizen itu berhasil.

Dalam training ini akan ditekankan pada penggalian Motion Mind yang merupakan dasar dari pencarian suatu sumber improvement. Dengan minded ini Improvement akan dicari dari hal-hal yang kecil dan sederhana tetapi akan menghasilkan suatu hasil improvement yang luar biasa.

Training ini mengulas dari berbagai sudut. Mulai dari alasan mengapa kita harus melakukan gemba kaizen, membuka mata kita bahwa improvement dilakukan dari hal-hal yang kecil dan sederhana, cara menghitung effisiensi dari suatu produksi, cara menghitung Balance Loss, Standard Time sampai dengan cara menghitung Saving Cost dan ROI dari suatu improvement.

 

TUJUAN

  • Peningkatan kesadaran dan kemampuan karyawan dalam melakukan perbaikan yang berkelanjutan di tempat kerjanya masing-masing, dalam rangka menghasilkan produk bermutu tinggi, dengan biaya operasi yang efisien dan tingkat kecepatan pelayanan yang cepat.
  • Memahami pentingnya perbaikan dan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan di tempat kerja melalui konsep perbaikan berbasis Jepang (Kaizen) secara efektif dan efisien
  • Meningkatkan pemahaman mengenai kegiatan 5S melalui pengawasan visual dan kegiatan 3M secara praktis agar dapat menerapkannya di tempat kerja masing-masing
  • Meningkatkan sikap mental yang baik dan pola pikir “flexible to change” dalam melaksanakan perbaikan-perbaikan di tempat kerja

 

POKOK BAHASAN TRAINING GEMBA KAIZEN AWARENESS

MENGELOLA PERUBAHAN

  • Siapa dan apa yang harus berubah?
  • Kapan harus berubah?
  • Mengapa harus berubah?
  • Bagaimana cara berubah?
  • Manfaat perubahan
  • Sikap mental dan mental block
  • Motivasi untuk berubah

 DEFENISI DASAR, PEMAHAMAN & MANFAAT GEMBA KAIZEN

  • Apa yang dimaksud dengan Gemba Kaizen
  • Filosopi dan prinsip Kaizen
  • Fungsi dan arti penting penerapan Gemba Kaizen
  • Step-Step pelaksanaan Genba Kaizen dan cara implementasinya.

5S & 7 WASTES – CONTINUOUS IMPROVEMENT

  • Kegiatan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke)
  • Klasifikasi 7 wastes
  • Identifikasi pemborosan/ketidakefektifan dalam bekerja
  • Pengawasan visual
  • Perbaikan 3Mu (Muri, Muda, Mura)
  • Mengambil contoh permasalahan di tempat kerja masing-masing (latihan perorangan)
  • Presentasi masalah-masalah di tempat kerja
  • Presentasi Identifikasi cara kerja di pabrik melalui foto-foto
  • Pembahasan

(LATIHAN KELOMPOK)

POKOK-POKOK PERBAIKAN TEMPAT KERJA

  • Pokok-pokok kegiatan 5S/ 5 R (kasus dan video)
  • Pokok-pokok perbaikan 3Mu
  • Cara melaksanakan perbaikan
  • Pokok-pokok pengawasan visual (kasus dan video)
  • Penyusunan rancangan perbaikan (latihan)

7 OLD & NEW QUALITY TOOLS –

TOOLS YANG DIGUNAKAN DALAM PERBAIKAN BERKESINAMBUNGAN

  • 5 Whys
  • Tools lama dan baru
  • Cara mengidentifikasi masalah
  • Root Causes Analysis
  • Prosedur perbaikan
  • Perbaikan tempat kerja, metode IE dan metode QC
  • Pengambilan contoh hal-hal yang perlu diperbaiki (latihan perseorangan)
  • Saran pokok-pokok perbaikan (latihan kelompok)
  • Pembahasan

MANAJEMEN DAN PERBAIKAN DI TEMPAT PRODUKSI

  • QCD (mutu, biaya dan waktu penyerahan) dan 4M (Man, Machine, Materials and Method)
  • Manajemen dan perbaikan yang praktis
  • Peran supervisor dan foreman dalam perbaikan tempat kerja

KAIZEN LEADERSHIP

  • Peran Team Leader dalam Kaizen
  • Pemberdayaan bawahan dalam Kaizen
  • Membangun budaya Kaizen
  • Membangun team dalam penerapan kaizen
  • Sosialisasi program Kaizen

 

Workshop Leader:  Ir. Dorry Sonata M.Eng.Sc,MM.

Formal Education:

  • Bachelor of Mechancal Engineering, Trisakti University Jakarta,Indopnesia
  • Master of Engineering Science, The University of New South Wales, Sydney Australia
  • Magister Manajemen in Marketing, IPWIJA Jakarta,Indonesia

Coach Credential:

  • Associate Certified Metacoach ACMC (Meta Coach-Foundation) ISNS
  • Group and Team Coach (Meta Coach-Foundation) ISNS

Therapyst Credential:

  • Certified Hypnotherapist ( Adi W.Gunawan Institute)
  • Master Ego State Therapy (School of Mind Reprogramming)
  • Ego State Therapy (School of Mind Reprograming)

Other Credential :

  • Certified Master NS-NLP ( NS NLP International- Meta mind Institute )
  • Certified Practitioner NS-NLP (NS-NLP International-Meta Mind Institute)
  • Licensed Business Practitioner NLP-Richard Bandler ( PLP Institute)

Professional Background:

  • Dorry Sonata has more than 20 years experience in Manufacturing, Operations, Maintenance, Human resource at some multinational company (Sumitomo Corporation, Firmenich,British American Tobacco, AMCOR Asia, Essilor Technology Center) in Indonesia at Senior Level position.
  • Executive Business Program, Senior Development Program Level at Nanyang Technological University and Singapore Management University,Singapore and Essec Busness School, Paris,France.
  • International Operation training at Bangkok, Thailand
  • ERP Open resources
  • ISO 9001, ISO 14000 and ISO 18000

 

TEMPAT TRAINING

Fave Melawai/ Amos Cosy Hotel Melawai – Jakarta Selatan

 

JADWAL TRAINING 2020

  • 02 – 03 April 2020
  • 03 – 04 Mei 2020
  • 08 – 09 Juni 2020
  • 06 – 07 Juli 2020
  • 07 – 08 Agustus 2020
  • 04 – 05 September 2020
  • 06 – 07 Oktober 2020
  • 06 – 07 November 2020
  • 02 – 03 Desember 2020

 

INVESTASI TRAINING

  • Rp 4.000.000,- / Peserta Non-Residential.
  • Sudah termasuk Meeting Package, Training Kits, Snack, Foto 10R, Modul Pelatihan dan Sertifikat.

 

GEMBA KAIZEN AWARENESS ( 5 R dan 7 wastes)

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days