Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 17.000 topik dan 150.000 event sepanjang tahun 2020

PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Acara

07 – 09 April 2020 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
14 – 16 April 2020 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
28 – 30 April 2020 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta

Jadwal Training 2020 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI

Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan korban harta benda dan juga jiwa. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, oleh karena itu pendekatan yang diperlukan adalah pendekatan menyeluruh, partisipatif dan berkelanjutan untuk memastikan keberlangsungan investasi perusahaan. Hal ini merupakan tugas dari perusahaan untukmengurangi dan menangani potensi konflik yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan  melalui salah satunya pembuatan program pemberdayaan masyarakat (program CSR) yang efektif, efisien dalam kerangka kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.

 

TUJUAN

  1. Mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara  masyarakat-perusahaan
  2. Mampu menyusun konsep – konsep penyusunan program peberdayaan masyarakat guna mitigasi konflik
  3. Menyusun program pemberdayaan masyarakat guna mempromosikan mitigasi konflik
  4. Menyusun strategi program CSR pencegahan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan

 

MATERI TRAINING PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  1. Analisis Resiko Sosial(Social risk)
  2. Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi
  3. Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke  masyarakat
  4. Mengidentifikasikan  kerentanan – kerentanan di masyarakat
  5. Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan
  6. Studi kasus 1 : kerentanan dan konflik perusahaan – masyarakat di wilayah lepas pantai
  7. Model – model program pemberdayaan masyarakat
  8. Teknik – teknik participatif menyusun program pemberdayaan
  9. PRA (Participatory Rural Appraisal)
  10. RRA (Rural Rapid Appraisal)
  11. Analisis kepentingan  dan penerima manfaat
  12. Penyusunan program pemberdayaan masyarakat untuk mitigasi konflik
  13. Study kasus 2 : program pemberdayaan di masyarakat pesisir
  14. Study kasus 3 : program pemberdayaan income generation
  15. Study kasus 4: program pemberdayaan berbasiskan konservasi
  16. Monitoring  program pemberdayaan masyarakat
  17. Management program berbasiskan hasil
  18. Penyusunan Grievance Mechanism
  19. Best practice 5: Issues monitoring – SMART monitoring tools
  20. Best practice 6: Radio Komunitas – sebagai media resolusi konflik

Sesi Tambahan

choaching clinic dilakukan secara peer to peer, dimana masalah yang akan dibahas adalah masalah riil yang dihadapi oleh perusahaan yang berhubungan dengan potensi konflik yang terjadi. Alokasi waktu ini diberikan pada peserta yang berminat dan diharapkan dari proses ini menghasikan langkah strategis menangani permasalahan di perusahaan

 

METODE

Lecturing, diskusi partisipatif, tanya jawab, dan studi kasus

 

INSTRUKTUR

Drs. Amien Wibowo MBA.

 

JADWAL TRAINING 2020

  • 7 – 9 April 2020
  • 14 – 16 April 2020
  • 28 – 30 April 2020
  • 4 – 6 Mei 2020
  • 13 – 15 Mei 2020
  • 18 – 20 Mei 2020
  • 2 – 4 Juni 2020
  • 9 – 11 Juni 2020
  • 17 – 19 Juni 2020
  • 1 – 3 Juli 2020
  • 7 – 9 Juli 2020
  • 28 – 30 Juli 2020
  • 4 – 6 Agustus 2020
  • 12 – 14 Agustus 2020
  • 25 – 27 Agustus 2020
  • 1 – 3 September 2020
  • 8 – 10 September 2020
  • 15 – 17 September 2020
  • 6 – 8 Oktober 2020
  • 13 – 15 Oktober 2020
  • 20 – 22 Oktober 2020
  • 10 – 12 November 2020
  • 18 – 20 November 2020
  • 25 – 27 November 2020
  • 8 – 10 Desember 2020
  • 16 – 18 Desember 2020
  • 28 – 30 Desember 2020

Hotel Ibis Malioboro | Yogyakarta
Hotel Cavinton | Yogyakarta
Hotel Neo Awana | Yogyakarta
Hotel Ayaartta | Yogyakarta


TRAINING FEE

  • Yogyakarta : Cavinton Hotel, Ibis Styles Hotel, Ibis Malioboro Hotel, the 101 Tugu Hotel, Ayaartta, Horison Yogyakarta Hotel, Neo Awana Hotel | Rp. 6.750.000 per peserta | Kuota min. peserta: 2 orang
  • Bali : Ibis Bali Kuta Hotel, Ibis Legian Hotel, Ibis Petitenget Hotel, The Rani Hotel | Rp. 8.000.000 Per Peserta | Kuota min. peserta : 3 orang
  • Bandung : Grand Tebu Hotel, Serela Cihampelas Hotel, Noor Hotel, Golden Flower Hotel | Rp. 7.300.000 per peserta | Kuota min. peserta: 3 orang
  • Malang : Maxone Ascent Hotel, Atria Hotel | Rp. 7.800.000 per peserta | Kuota min. Peserta : 3 orang

 

TRAINING FACILITIES

  • Training Modul
  • Training kits
  • Qualified instructor
  • Fine bag pack
  • Flashdisk berisi materi
  • Sertifikat
  • Polo shirt
  • Training photo
  • 2x coffee break dan lunch
  • Transport Service dari airport ke hotel (min. 2 orang peserta dari perusahaan yg sama)

 

PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Yogyakarta

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.