Customer Development Model

ACARA

20 – 21 Maret 2019 | Rp. 4.500.000/ person di Yogyakarta
15 – 16 April 2019 | Rp. 4.500.000/ person di Yogyakarta
27 – 29 Mei 2019 | Rp. 4.500.000/ person di Yogyakarta
19 – 20 Juni 2019 | Rp. 4.500.000/ person di Yogyakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

PENDAHULUAN TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL

Training ini adalah pengembangan dari training Business Plan dan training Business Model Canvas (BMC), yang di tahun 2107 menjadi training yang paling sering dilakukan pada banyak lembaga. Selama ini memang paradigma dalam membangun perusahaan baru selalu dengan membuat Business Plan lalu segera dieksekusi. Ini adalah hal yang keliru. Steve Blank, Professor dari UC Berkeley mengatakan “no business plan survive when first contact with customer”. Hal ini karena Business Plan untuk memulai perusahaan baru hanya berisi asumsi-asumsi yang belum tentu sesuai di lapangan. Pembuat Business Plan berpikir bahwa secara ajaib Business Plan akan terwujud bila dieksekusi, namun kenyataannya perusahaan rintisan dan perusahan kecil menengah (UKM), dan UKM rintisan kebanyakan tidak berhasil. Apa sebabnya? Sebabnya adalah para entrepreneur pemula bahkan entrepreneur yang sudah berjalanpun salah dalam menggunakannya. Pelatihan  Business Plan sebenarnya lebih tepat digunakan saat perusahaan UKM memerlukan dana dari investor ketika akan melakukan perluasan pasar atau pengembangan produk, dan untuk menyusun target dan strategi operasional dan finansial dalam periode waktu tertentu atau sering disebut dengan “Training UKM Bankable”. Tetapi untuk pengembangan Kinerja UKM adalah dengan pendekatan bahwa entrepreneur harus “mencari” (business model-nya), bukan “mengeksekusi” (business plan-nya), artinya bagaimana caranya para entrepreneur UKM belajar agar customer (Pelanggan) tetap membeli atau menggunakan produknya, meskipun saat promosi berakhir dan model bisnisnya dapat diluaskan cakupan operasionalnya. Membuat dan menjalankan perusahaan (UKM ) itu seperti mengarungi hutan rimba. Untuk memudahkan dalam mengarunginya, seseorang membutuhkan alat bantu seperti kompas, peta, tenda, parang, dan sebagainya. Analogi ini cocok juga untuk seorang entrepreneur UKM dalam membuat dan menjalankan usaha pengembangan perusahaannya. Elemen dan alat-alat bantu entrepreneur ini dapat merubah pola pikir yang tidak percaya dengan rumus klasik “Pokoknya lakukan saja” dan rumus pasti entrepreneur sukses yaitu tekat kuat, panjang akal, waktu tepat, produk hebat, kerja keras, dan kegigihan saja tidak cukup dan tidak serta merta membuahkan keberhasilan. Tetapi juga paham dan termpil menggunakan elemen beserta alat bantunya  untuk mendorong agar bisa berhasil dengan cepat. Alat bantunya selain:

  1. Business Model Design yaitu aktivitas menggali berbagai kemungkinan pola atau revenue model yang unik dari model bisnis;
  2. Customer Development yaitu serangkaian proses validasi untuk membuktikan atau merubah asumsi menjadi fakta. Proses validasi ini ada validasi asumsi masalah-solusi, validasi customer, hingga pivot (banting setir). Customer Development adalah tentang mempertanyakan asumsi bisnis inti UKM. Customer Development adalah suatu kerangka kerja empat langkah untuk menemukan dan memvalidasi bahwa UKM telah mengidentifikasi pasar untuk produk UKM, membangun fitur produk yang tepat yang memecahkan kebutuhan pelanggan, menguji metode yang benar untuk memperoleh dan mengkonversi pelanggan, dan menggunakan sumber daya yang tepat untuk memperbesar skala bisnis.

 

MATERI TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL

  1. Business Model Design (BMD)
  2. Customer Development Model (CDM)

 

INSTRUKTUR TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL

Dr. Awan Kostrad Diharto dan tim

 

TEMPAT TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL

Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

DURASI TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL

2 days

 

WAKTU TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL

  • 20 Mar 2019-21 Mar 2019
  • 15 Apr 2019-16 Apr 2019
  • 27 Mei 2019-28 Mei 2019
  • 19 Jun 2019-20 Jun 2019
  • 01 Agust 2019-02 Agust 2019
  • 21 Agust 2019-22 Agust 2019
  • 18 Sep 2019-19 Sep 2019
  • 31 Okt 2019-01 Nop 2019
  • 20 Nop 2019-21 Nop 2019
  • 26 Des 2019-27 Des 2019

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :

  1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)

 

MEMBUAT MODEL CUSTOMER DEVELOPMENT (MCD) (MODEL PENGEMBANGAN PELANGGAN)

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.