Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 17.000 topik dan 150.000 event sepanjang tahun 2020

Budaya Risiko Di Sektor Jasa Keuangan

ACARA

23 – 24 Juli 2020 | Rp 5.525.000 di Amaris La Codefin/ Santika Hayam Wuruk, Jakarta
26 – 27 November 2020 | Rp 5.525.000 di Amaris La Codefin/ Santika Hayam Wuruk, Jakarta

 

 

Deskripsi Training Budaya Risiko Di Sektor Jasa Keuangan

Intensitas transaksi keuangan yang semakin meningkat, persaingan bisnis yang semakin ketat di sektor Jasa Keuangan, serta belum pulihnya pelemahan ekonomi global maupun domestik Indonesia harus disikapi dengan bijaksana oleh PJK (Penyedia Jasa Keuangan). Semakin banyak cabang dan produk PJK akan meningkatkan potensi risiko PJK. Berbagai kasus financial crime seperti cyber crime, money laundering, terrorist financing, fraud kredit, serta meningkatnya NPF perlu diwaspadai dengan cermat. PJK harus memiliki budaya risiko yang sesuai dengan visi dan misi organisasi. Budaya risiko bukan hanya tanggung jawab divisi Manajemen Risiko saja tetapi adalah tanggung jawab bersama semua stakeholders dalam organisasi PJK. Organisasi PJK tanpa budaya risiko yang kuat dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pelatihan ini akan memberikan panduan bagi PJK dalam membangun budaya risiko yang sesuai dengan visi dan misi organisasi. Para peserta akan diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai risiko, cara mengidentifikasi risiko, dan mengelola risiko, hambatan-hambatan didalam penerapan budaya risiko, serta strategi membangun budaya risiko efektif dan terukur. Berbagai kasus terkait budaya risiko akan dibahas untuk menambah wawasan peserta.

Sasaran Training Budaya Risiko Di Sektor Jasa Keuangan

Memberikan skill dan pengetahuan bagi para karyawan yang berhubungan dengan customer pada khususnya dan para karyawan pada umumnya untuk hal-hal sbb:

  • budaya sadar risiko terkait dengan bisnis PJK seperti fraud, pencucian uang, pendanaan terorisme pada setiap karyawan terutama petugas marketing, account officer, front liner (teller, customer service), dan operation.
  • teknik mitigasi risiko-risiko berdasarkan pendekatan risiko (risk based approach) yang mungkin timbul pada area yang rentan dengan aktivitas fraud, pencucian uang dan pendanaan terorisme sesuai dengan POJK,  dan UU terkait.
  • memberikan panduan penerapan prinsip customer due diligence (CDD) yang applicable dan dibutuhkan oleh PJK sekarang ini.

Peserta

Karyawan front liner, middle management yang berhubungan dengan customer, unit kerja atau pejabat yang bertanggung jawab atas penerapan program APU-PPT, legal, GCG, corporate secretary, audit internal, divisi kepatuhan, petugas front liner, dll di sektor jasa keuangan.

 

Materi Training Budaya Risiko Di Sektor Jasa Keuangan

Day 1

  • 08.30 – 09.00       Knowledge Check
  • 09.00 – 10.00       Overview Berbagai Kasus di Sektor Jasa Keuangan Domestik dan Global
  • 10.00 – 10.15       Coffee Break
  • 10.15 – 12.00       Budaya Risiko
  •                                 •  Pengertian
  •                                 •  Tujuan
  •                                 •  Hambatan & Tantangan Budaya Risiko
  •                                 •  Elemen Kunci dari Budaya Risiko yang Kuat
  • 12.00 – 13.00       Lunch
  • 13.00 – 15.00       Manajemen Risiko
  •                                 •  Pengertian dan tujuan
  •                                 •  Pemahaman Risk Appetite, Risk Tolerance, Risk Capacity
  •                                 •  Pemahaman Inherent Risk dan Residual Risk
  • 15.00 – 15.15       Coffee Break
  • 15.15 – 16.00       Studi Kasus 1

Day 2

  • 08.30 – 10.00       Langkah-Langkah Membangun Budaya Risiko
  • 10.00 – 10.15       Coffee Break
  • 10.15 – 12.00       Meningkatkan Budaya Risiko dengan Pendekatan RBA (Risk Based Approach)
  •                                 •  Pengertian RBA
  •                                 •  Hubungan RBA dengan Budaya Risiko
  • 12.00 – 13.00       Lunch
  • 13.00 – 15.00       Penerapan Budaya Risiko dengan 3 Lines of Defense
  •                                 •  Pengertian dan Tujuan 3 Lines of Defense
  •                                 •  Kunci Sukses 3 Lines of Defense dalam Mengelola Risiko
  • 15.00 – 15.15       Coffee Break
  • 15.15 – 16.00       Studi Kasus 2

 

Fasilitator Struktur & Skala Upah

Kurnia Hadi

Profesional trainer yang pernah berkarir di 3 bank multinasional (Korea Exchange Bank Danamon, Indonesia Dai-Ichi Kangyo Bank, HSBC) lebih dari 19 tahun dengan spesialisasi Trade Finance, Corporate & Institutional Banking, Cash Management, Wealth Management, Personal Financial Services, Payroll, Quality Assurance, dan Micro Banking.

Konsultan manajemen, bisnis, dan keuangan dari 2012

Pembicara dalam konferensi tingkat internasional “Commodity Trade and Finance World Asia 2012” di Marina Bay Sand hotel  di Singapore pada tanggal 28-29 Maret 2012.

Fasilitator Public dan In House Training sejak tahun 2012 untuk berbagai topik manajemen, banking & finance, sales/marketing, operation, risk, dan management yang sudah membawakan lebih dari 90 kelas public dan in house training untuk perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia di berbagai sektor usaha.

Berpengalaman sejak 2013 memberikan pelatihan  mengenai APU-PPT, KYC/CDD dan Anti Money Laundering sebanyak 12 kelas in house dan 10 kelas public training.

 

Lokasi Training 

Amaris Hotel La Codefin / Neo Hotel – Kebayoran / Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta (Tentative)

 

FEE TRAINING

  • Rp. 4.450.000 ,- (REG for 3 person/more; payment 1 week before training)
  • Rp. 4.650.000 ,- (REG 2 weeks before; payment 1 week before training)
  • Rp. 5.150.000 ,- (On The Spot; payment at the latest training)
  • Rp. 5.525.000 ,- (Full fare)

Membangun Budaya Risiko Di Sektor Jasa Keuangan

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days