CBHRM (Competency Based Human Resource Management)

Acara

23 – 25 Mei 2018 | Rp 7.000.000 di Menara Kadin, Jakarta
25 – 27 Juli 2018 | Rp 7.000.000 di Menara Kadin, Jakarta
26 – 28 September 2018 | Rp 7.000.000 di Menara Kadin, Jakarta
10 – 12 oktober 2018 | Rp 7.000.000 di Menara Kadin, Jakarta

Jadwal Training 2018 Selanjutnya …




PENDAHULUAN PELATIHAN CBHRM

Banyak organisasi yang mengimplementasikan konsep manajemen SDM berbasis kompetensi (Competency Based HR Management) dalam waktu yang cukup lama. Konsep CBHRM berawal dari Prof Dr David McClelland di Amerika Serikat sekitar 34 tahun lalu. Konsep ini kemudian dikembangkan oleh pasangan Spencer dan Spencer melalui bukunya yang sangat terkenal Competence at Work. Kompetensi menurut mereka adalah prasyarat bagi seseorang untuk berkinerja.

Dalam perjalanan waktu, timbul beberapa pandangan tentang konsep kompetensi teknis (hard competency) dengan kompetensi perilaku (soft competency). Ada ahli dan perusahaan konsultansi yang menilai kompetensi itu hanya satu, tanpa membedakan kompetensi teknis dan perilaku. Sementara kami menilai, kompetensi itu tetap terbagi dua, yaitu kompetensi teknis dan perilaku. Menurut SHRM (Society HR Management), sebuah asosiasi praktisi HR terbesar di Amerika Serikat, kompetensi teknis mencakup pengetahuan apa yang perlu diterapkan seseorang dalam bekerja, dan kompetensi perilaku menunjukkan bagaimana seseorang mengaplikasikan pengetahuannya.

Tak sedikit jajaran manajemen organisasi yang selama ini merasa implementasi CBHRM sebagai nice to have. Itu karena dampak dari implementasi CBHRM yang tidak signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai, unit kerja, dan organisasi. Berdasarkan kajian terhadap banyak praktik CBHRM, ada beberapa kesalahan prinsip yang perlu diperbaiki. Pertama, kompetensi-kompetensi yang dibangun oleh organisasi cenderung mengkopi (copy paste) kompetensi yang bersifat generik dengan judul, level, definisi, dan indikator kompetensi utama yang relatif sama dengan organisasi lain. Padahal, kompetensi sebuah organisasi harusnya bersifat relatif unik, diyakini sebagai kompetensi yang membuat organisasi bisa berkinerja secara ekselen.

Kedua, penyusunan kompetensi organisasi dan pegawai tidak dijabarkan berdasarkan visi, nilai-nilai, misi, tujuan, dan strategi organisasi. Bilamana sistem manajemen kinerja organisasi harus dibangun menjabarkan visi, nilai-nilai, misi, tujuan, dan strategi organisasi, maka sistem manajemen kompetensi juga harus disusun mengacu kepada visi, nilai-nilai, misi, tujuan, dan strategi organisasi. Oleh sebab itu, kompetensi-kompetensi yang dianggap perlu bagi sebuah organisasi untuk berhasil belum tentu sama sepenuhnya karena perbedaan visi, nilai-nilai, misi, tujuan, dan strategi organisasi.

Training ini akan membahas bagaimana membangun kompetensi organisasi, kompetensi unit kerja, dan standar kompetensi jabatan individu pegawai sebagai pusat dari manajemen SDM berbasis kompetensi. Mulai dari model kompetensi dan Kamus Kompetensi hingga bagaimana penerapannya untuk level individu pegawai serta mengoperasionalkan kompetensi ke dalam manajemen SDM organisasi secara keseluruhan. Penyusunan Kamus Kompetensi Organisasi, Unit Kerja, dan Individu Pegawai di sini akan menggunakan metode CORE (Corporate Competency Excellence).



TUJUAN PELATIHAN CBHRM

Membekali para peserta dengan pengetahuan dan keahlian dalam membangun dan mengoperasionalkan manajemen SDM berbasis kompetensi.

PESERTA PELATIHAN CBHRM

Para pemimpin dan staf senior organisasi yang bertanggung jawab dalam manajemen SDM dan manajemen kinerja organisasi, unit kerja, dan individu pegawai.

Lama Pelatihan CBHRM

Program pelatihan berlangsung 3 hari kerja efektif.

Modul Pelatihan CBHRM

Program pelatihan dilaksanakan dalam waktu 3 (tiga) hari efektif, dengan topik sebagai berikut:

  1. Visi, Nilai-nilai, Misi, Tujuan, dan Strategi Organisasi Konsep dan definisi kompetensi Jenis-jenis kompetensi (inti, teknis, perilaku, manajerial, generik
    vs. spesifik) Struktur kompetensi
  2. Metodologi mengidentifikasi kompetensi organisasi dan kompetensi unit kerja (CORE) – Model Kompetensi dan Kamus Kompetensi
  3. Metodologi menjabarkan kompetensi organisasi dan unit kerja menjadi Standar Kompetensi Jabatan Pegawai
  4. Aplikasi CBHRM dalam manajemen rekrutmen
  5.  Aplikasi CBHRM dalam training dan pengembangan
  6. Aplikasi CBHRM dalam manajemen kinerja
  7. Aplikasi CBHRM dalam remunerasi
  8.  Aplikasi CBRHM dalam manajemen karir dan rencana suksesi

Metode Pelatihan CBHRM

  • Pembelajaran interaktif 90%
  • Pre-Test dan Post-Test per sub-modul 10%

Team Fasilitator Pelatihan CBHRM

Team fasilitator pelatihan ini memiliki latar belakang pengalaman praktik yang panjang dalam HR Management, sebagai pemimpn HR maupun sebagai konsultan/fasilitator HR.

 

 

Jadwal Training 2018

  • 23 – 25 Mei 2018
  • 25 – 27 Juli 2018
  • 26 – 28 September 2018
  • 10 – 12 oktober 2018
  • 28 – 30 November 2018
  • 26 – 28 Desember 2018

Biaya Investasi Pelatihan CBHRM

Rp 7.000.000 per peserta (di luar PPN). Diskon khusus diberikan untuk organisasi yang mengirim peserta lebih dari 1 orang dalam kelas yang sama.

Competency Based Human Resource Management

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.