Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

SERTIFIKASI ANALIS SENSORI PANGAN (FOOD SENSORY ANALYST) – BNSP

SKEMA ANALIS SENSORI PANGAN (FOOD SENSORY ANALYST) – TRAINING & SERTIFIKASI BNSP

Available Online & Offline Training

  • 11-12 Jun 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
  • 13-14 Jun 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan scroll ke bawah.

Deskripsi

Pelatihan ini dirancang sebagai program persiapan sertifikasi BNSP bagi tenaga analis atau praktisi di bidang pangan yang bertanggung jawab dalam melakukan uji organoleptik. Fokus utama pelatihan adalah membekali peserta dengan keterampilan teknis dalam melakukan pengujian sensori terhadap produk pangan, termasuk penerapan prosedur yang sesuai standar untuk menilai mutu dan keamanan produk. Pelatihan ini juga mencakup pemahaman terhadap peran penting analisis sensori dalam proses inspeksi, pengendalian mutu, dan pengambilan keputusan di industri pangan.

Tujuan

  1. Meningkatkan kompetensi peserta dalam melaksanakan pengujian organoleptik sesuai prosedur dan standar industri pangan.
  2. Mempersiapkan peserta untuk mengikuti uji kompetensi BNSP sebagai Analis Sensori Pangan dengan pemahaman dan praktik yang terarah.

Materi

  1. Melakukan pengujian organoleptik pada kegiatan inspeksi.
  2. Menggunakan uji organoleptik untuk menilai mutu dan keamanan pangan.
  3. Melaksanakan Analisis Organoleptik Mengikuti Prosedur.

Persyaratan Pemohon Sertifikasi

  1. Mengikuti pelatihan hygiene sanitasi/program keamanan pangan.
  2. Memiliki pengalaman kerja di bidang jasa usaha makanan minimal 2 tahun.
  3. Memiliki bukti keikutsertaan pendidikan keamanan pangan.
  4. Memiliki bukti pendidikan SMK Tata Boga.

Dokumen Persyaratan Sertifikasi

  1. Melengkapi isian formulir permohonan (FR-APL01) dan formulir asesmen (FR APL 02), akan diinfokan setelah pendaftaran atau saat pra assessment.
  2. Pas foto 3×4 background merah.
  3. Copy/scan KTP.
  4. Copy/scan ijazah terakhir, jurusan Tata Boga.
  5. Copy/Scan transkrip nilai/bukti setara lainnya.
  6. Copy/scan sertifikat yang relevan.
  7. Surat Pengangkatan/Surat Keterangan Kerja/Surat Perjanjian Kerja/Surat Penugasan/Bukti kepemilikan jasa usaha makanan (SKU/SIUP/TDP) yang masih berlaku.
  8. CV pengalaman kerja yang relevan.
  9. Portofolio yang relevan.

Metode Training

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training, yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari (08.00 – 16.00 WIB), selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan : presentasi, diskusi, praktik/simulasi, dan studi kasus.
  3. Pelatihan dilakukan dalam sebuah ruang kelas (classroom).

Metode Live Online Training, yaitu :

  1. Instruktur mengajar secara Live dengan durasi 4 jam perhari (08.00 – 12.00 atau 13.00 – 17.00 WIB), selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan : presentasi, diskusi, praktik/simulasi, dan studi kasus.
  3. Pelatihan dilakukan menggunakan media Zoom/Google Meet.
  4. Ketentuan Live Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    1. Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.

    2. Koneksi internet yang stabil.

    3. Buku dan alat tulis.

    4. Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staf kami sebelum jadwal training berlangsung.

  1. Platform yang digunakan

    1. Alternative platform yang digunakan untuk conference live training adalah Zoom, atau Google Meet.

    2. Materi, tugas dan dokumen lain dapat diakses peserta melalui Google Classroom, Google Drive, E-mail, atau WhatsApp, disesuaikan dengan arahan penyelenggara.

  1. Cara masuk ke video conference

    1. Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.

    2. Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.

    3. Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

Jadwal Training

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

| 9-10 Juni 2025
| 11-12 Juni 2025
| 13-14 Juni 2025
| 16-17 Juni 2025
| 18-19 Juni 2025
| 20-21 Juni 2025
| 23-24 Juni 2025
| 25-26 Juni 2025
|30 Juni – 1 Juli 2025

| 2-3 Juli 2025
| 4-5 Juli 2025
| 7-8 Juli 2025
| 9-10 Juli 2025
| 11-12 Juli 2025
| 14-15 Juli 2025
| 16-17 Juli 2025
| 18-19 Juli 2025
| 21-22 Juli 2025
| 23-24 Juli 2025
| 25-26 Juli 2025
| 28-29 Juli 2025
| 30-31 Juli 2025

| 1-2 Agustus 2025
| 4-5 Agustus 2025
| 6-7 Agustus 2025
| 8-9 Agustus 2025
| 11-12 Agustus 2025
| 13-14 Agustus 2025
| 15-16 Agustus 2025
| 18-19 Agustus 2025
| 20-21 Agustus 2025
| 22-23 Agustus 2025
| 25-26 Agustus 2025
| 27-28 Agustus 2025
| 29-30 Agustus 2025

| 1-2 September 2025
| 3-4 September 2025
| 8-9 September 2025
| 10-11 September 2025
| 12-13 September 2025
| 15-16 September 2025
| 17-18 September 2025
| 19-20 September 2025
| 22-23 September 2025
| 24-25 September 2025
| 26-27 September 2025
| 29-30 September 2025

| 1-2 Oktober 2025
| 3-4 Oktober 2025
| 6-7 Oktober 2025
| 8-9 Oktober 2025
| 10-11 Oktober 2025
| 13-14 Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025

| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025

| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025

 

Investasi dan Fasilitas

Jenis Program

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Rp 3.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile), sertifikat training (softfile & hardfile), pengiriman sertifikat ke alamat peserta.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Malyabhara, Malioboro, atau

  • Hotel El Royal, Malioboro

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Semarang, Solo

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang, atau

  • Hotel Ibis, Solo

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya

  • Rp 7.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Asyana Kemayoran Jakarta, atau

  • Hotel Amaris Kemang Jakarta, atau

  • Hotel Panen Bandung, atau

  • Hotel Fave Malang, atau

  • Hotel Midtown Surabaya

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 5 –

Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll)

  • Rp 8.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 3 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta Bali, atau

  • Hotel Lombok Raya Mataram, atau

  • Hotel Fave Balikpapan, atau

  • Hotel Beverly Batam, dll

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Offline Assessment

  • Rp 4.000.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Sertifikat BNSP (jika lulus) akan dikirimkan dalam waktu 1-3 bulan setelah assessment.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

Penutup

Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Sekretaris Administrasi” untuk peningkatan kinerja. Semoga Kami dapat menjadi mitra dalam pencapaian kompetensi ini.

Formulir Pre-Registrasi

Silakan diisikan Formulir ini jika Anda ingin mendapatkan tambahan info dan penawaran resmi dari kami. Staf kami akan segera menghubungi Anda pada hari dan jam kerja resmi

Silakan di copy paste Judul training yang Anda butuhkan
Isi tanggal training di materi promosi / tanggal training yang diinginkan
Bisa diisi dengan perkiraan peserta yang akan ikut
Harus email yang paling sering digunakan, sebaiknya email kantor
Alamat Perusahaan atau alamat pribadi, jika sedang tidak terikat institusi tertentu

Tags:  , , ,