SERTIFIKASI ANALIS SENSORI PANGAN (FOOD SENSORY ANALYST) – BNSP
SKEMA ANALIS SENSORI PANGAN (FOOD SENSORY ANALYST) – TRAINING & SERTIFIKASI BNSP
Available Online & Offline Training
- 11-12 Jun 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
- 13-14 Jun 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
Tanggal dan Lokasi training lainnya silakan scroll ke bawah.
Deskripsi
Pelatihan ini dirancang sebagai program persiapan sertifikasi BNSP bagi tenaga analis atau praktisi di bidang pangan yang bertanggung jawab dalam melakukan uji organoleptik. Fokus utama pelatihan adalah membekali peserta dengan keterampilan teknis dalam melakukan pengujian sensori terhadap produk pangan, termasuk penerapan prosedur yang sesuai standar untuk menilai mutu dan keamanan produk. Pelatihan ini juga mencakup pemahaman terhadap peran penting analisis sensori dalam proses inspeksi, pengendalian mutu, dan pengambilan keputusan di industri pangan.
Tujuan
- Meningkatkan kompetensi peserta dalam melaksanakan pengujian organoleptik sesuai prosedur dan standar industri pangan.
- Mempersiapkan peserta untuk mengikuti uji kompetensi BNSP sebagai Analis Sensori Pangan dengan pemahaman dan praktik yang terarah.
Materi
- Melakukan pengujian organoleptik pada kegiatan inspeksi.
- Menggunakan uji organoleptik untuk menilai mutu dan keamanan pangan.
- Melaksanakan Analisis Organoleptik Mengikuti Prosedur.
Persyaratan Pemohon Sertifikasi
- Mengikuti pelatihan hygiene sanitasi/program keamanan pangan.
- Memiliki pengalaman kerja di bidang jasa usaha makanan minimal 2 tahun.
- Memiliki bukti keikutsertaan pendidikan keamanan pangan.
- Memiliki bukti pendidikan SMK Tata Boga.
Dokumen Persyaratan Sertifikasi
- Melengkapi isian formulir permohonan (FR-APL01) dan formulir asesmen (FR APL 02), akan diinfokan setelah pendaftaran atau saat pra assessment.
- Pas foto 3×4 background merah.
- Copy/scan KTP.
- Copy/scan ijazah terakhir, jurusan Tata Boga.
- Copy/Scan transkrip nilai/bukti setara lainnya.
- Copy/scan sertifikat yang relevan.
- Surat Pengangkatan/Surat Keterangan Kerja/Surat Perjanjian Kerja/Surat Penugasan/Bukti kepemilikan jasa usaha makanan (SKU/SIUP/TDP) yang masih berlaku.
- CV pengalaman kerja yang relevan.
- Portofolio yang relevan.
Metode Training
Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :
Metode Offline Training, yaitu:
- Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari (08.00 – 16.00 WIB), selama 2 hari secara terjadwal.
- Teknik yang digunakan : presentasi, diskusi, praktik/simulasi, dan studi kasus.
- Pelatihan dilakukan dalam sebuah ruang kelas (classroom).
Metode Live Online Training, yaitu :
- Instruktur mengajar secara Live dengan durasi 4 jam perhari (08.00 – 12.00 atau 13.00 – 17.00 WIB), selama 2 hari secara terjadwal.
- Teknik yang digunakan : presentasi, diskusi, praktik/simulasi, dan studi kasus.
- Pelatihan dilakukan menggunakan media Zoom/Google Meet.
- Ketentuan Live Online Training :
-
Persiapan Peserta
-
-
Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
-
Koneksi internet yang stabil.
-
Buku dan alat tulis.
-
Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staf kami sebelum jadwal training berlangsung.
-
-
Platform yang digunakan
-
-
Alternative platform yang digunakan untuk conference live training adalah Zoom, atau Google Meet.
-
Materi, tugas dan dokumen lain dapat diakses peserta melalui Google Classroom, Google Drive, E-mail, atau WhatsApp, disesuaikan dengan arahan penyelenggara.
-
-
Cara masuk ke video conference
-
-
Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
-
Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
-
Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.
-
Jadwal Training
Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:
| 9-10 Juni 2025
| 11-12 Juni 2025
| 13-14 Juni 2025
| 16-17 Juni 2025
| 18-19 Juni 2025
| 20-21 Juni 2025
| 23-24 Juni 2025
| 25-26 Juni 2025
|30 Juni – 1 Juli 2025
| 2-3 Juli 2025
| 4-5 Juli 2025
| 7-8 Juli 2025
| 9-10 Juli 2025
| 11-12 Juli 2025
| 14-15 Juli 2025
| 16-17 Juli 2025
| 18-19 Juli 2025
| 21-22 Juli 2025
| 23-24 Juli 2025
| 25-26 Juli 2025
| 28-29 Juli 2025
| 30-31 Juli 2025
| 1-2 Agustus 2025
| 4-5 Agustus 2025
| 6-7 Agustus 2025
| 8-9 Agustus 2025
| 11-12 Agustus 2025
| 13-14 Agustus 2025
| 15-16 Agustus 2025
| 18-19 Agustus 2025
| 20-21 Agustus 2025
| 22-23 Agustus 2025
| 25-26 Agustus 2025
| 27-28 Agustus 2025
| 29-30 Agustus 2025
| 1-2 September 2025
| 3-4 September 2025
| 8-9 September 2025
| 10-11 September 2025
| 12-13 September 2025
| 15-16 September 2025
| 17-18 September 2025
| 19-20 September 2025
| 22-23 September 2025
| 24-25 September 2025
| 26-27 September 2025
| 29-30 September 2025
| 1-2 Oktober 2025
| 3-4 Oktober 2025
| 6-7 Oktober 2025
| 8-9 Oktober 2025
| 10-11 Oktober 2025
| 13-14 Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025
| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025
| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025
Investasi dan Fasilitas
Jenis Program |
Harga & Fasilitas |
Opsi 1 – Pelatihan Online |
|
Opsi 2 – Pelatihan Offline di Yogyakarta |
|
Opsi 3 – Pelatihan Offline di Semarang, Solo |
|
Opsi 4 – Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya |
|
Opsi 5 – Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll) |
|
Offline Assessment |
|
Penutup
Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Sekretaris Administrasi” untuk peningkatan kinerja. Semoga Kami dapat menjadi mitra dalam pencapaian kompetensi ini.