PROTOKOL BISNIS

Acara

29 – 31 Oktober 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
12 – 14 November 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
17 – 19 Desember 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta

 

DESKRIPSI TRAINING PROTOKOL BISNIS

Citra perusahaan disertai dengan penampilan dan kualitas perusahaan menjadi syarat mutlak yang diperlukan untuk dapat bertahan menghadapi persaingan ketat di era globalisasi. Sebagai bagian penting dari sebuah perusahaan, Public Relations atau Protokoler dituntut untuk mampu menjalankan tugas sebagai protocol, evisitor handling, berbicara di depan publik dengan penampilan yang prima, dan mencerminkan kualitas profesional sesuai tuntutan perusahaan. Protokoler (hubungan masyarakat) telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Protokoler atau Public Relations merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya. Kegiatan protokoler yang meliputi berbagai fungsi, konsep, dan teknik-teknik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut. Gagalnya suatu kegiatan protokoler akan berdampak negatif pada citra perusahaan yang berarti gagalnya PR perusahaan.

Menghadapi hal tersebut, sudah seharusnya perusahaan mempersiapkan SDM yang profesional, kompeten, dan siap bersaing baik di lingkungan internal maupun eksternal, serta  nasional maupun internasional. Salah satunya adalah up-grade kemampuan/skill SDM melalui program pelatihan. Pelatihan ini didesain secara khusus supaya setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memahami bagaimana menjadi protokoler  handal dan kemampuan berkomunikasi di depan publik.

 

TUJUAN TRAINING PROTOKOL BISNIS

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta:

  • Mampu menjadi Protokoler profesional, dengan pandai mengelola dan mengatur Tata Tempat, Tata Penghormatan, Tata Upacara, dan mengelola tamu pejabat, tamu asing baik acara forum nasional maupun Internasional, memahami etika pergaulan dan budaya Nasional & Internasional sekaligus memiliki kepribadian menarik dan menyakinkan dalam berbagai acara, baik acara resmi maupun acara tidak resmi.
  • Mampu menguasai teknik berbicara dengan menerapkan bahasa yang baik dan benar serta sikap tubuh yang meyakinkan.
  • Mampu merencanakan, menyusun konsep acara, dan dapat secara langsung mempraktekkannya dengan baik.
  • Mampu menjadi protokoler yang berhubungan dengan MC, bisa mempersiapkan secara keseluruhan acara atau event yang diselenggarakan mitra/perusahaan/lembaga (MOU, Seminar, Forum Formal), mencakup jadwal acara, layout ruangan dan teknis lainnya.
  • Memahami Undang-Undang Keprotokolan yang berkembang saat ini.

 

MATERI TRAINING PROTOKOL BISNIS

Psikologi Protokol atau Public Relations

  • Pengertian, ruang lingkup tugas Protokol dan Announcer
  • Faktor karakteristik masyarakat sasaran
  • Psikolosi pesan dan strukturnya
  • Sistem komunikasi antar individu (interpersonal communications)

Personal Leadership, Emotional Intelligence, and Customer Service

Manajemen dan kode etik Protokol atau Public Relations

  • Menyadari sasaran umum
  • Sosialisasi UU Keprotokolan dan perkembangannya
  • Tahap-tahap yang dibutuhkan
  • Kode etik Perilaku

Management Crisis

  • Apa itu krisis
  • Katagori krisis dan bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/ Lembaga/ Institusi
  • Problem solving dalam tugas protokoler/ Penanggulangan Krisis
  • Pra, Masa dan setelah Krisis

Corporate Image Identity

  • Membentuk opini publik
  • Membentuk citra perusahaan/ lembaga/ institusi
  • Sifat dari opini public

Protokoler

  • Pengertian Protokoler dan hubungan dengan kegiatan PR
  • Pemahaman tentang tatatertib dan etiket ke-protokoler-an
  • Syarat-syarat menjadi Protokoler
  • Ruang lingkup tugas kegiatan protokol.
  • Tata krama Pergaulan Bisnis, dasar pelaksanaan protokol
  • Kepribadian seorang Protokoler
  • Persiapan-persiapan fisi

Public Speaking and MC (Master of Ceremony)

  • Thema acara: keperluan petugas MC
  • MC dalam upacara
  • MC Acara Resmi, Semi Resmi, Acara Hiburan
  • Bahasa Protokoler – Resmi dan Bahasa Komunikatif
  • Protokoler untuk acara Internasional dan militer
  • Tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara.
  • Penampilan (bahasa tubuh, gesture, & cara berpakaian)
  • Praktek menjadi Protokol acara resmi, semi resmi dan tidak resmi baik dihadiri pejabat asing, Presiden, pejabat tinggi negara, gubernur, Direktur Utama/mitra kerja dll.

Business Etiquette & Visitor Handling

  • Excellent Performance
  • Difference Cultural Value
  • Professional Business Etiquette
  • Business Appearance
  • Proffesional Dresscode
  • Table Manner

 

PESERTA TRAINING PROTOKOL BISNIS

Pelatihan ini sangat sesuai diikuti oleh:

  • Staf dan Manajemen di bagian Protokoler, Humas, Public Relation
  • Sekretaris, Personal Assistante, & Administrative Assistant
  • Karyawan di bagian Front Liner
  • dan siapapun yang ingin meningkatkan kinerja dibidang ke-Humas-an lebih baik

 

METODE TRAINING PROTOKOL BISNIS

  • Presentasi
  • Studi kasus
  • Diskusi
  • Role Play
  • Simulasi/Practise
  • Evaluation

 

INSTRUKTUR TRAINING PROTOKOL BISNIS

Dra. MC. Maryati, M.M. & Team

 

JADWAL TRAINING 2019

  • Batch 10: 29 – 31 Oktober 2019
  • Batch 11: 12 – 14 November 2019
  • Batch 12: 17 – 19 Desember 2019
  • 08.00 – 16.00 WIB

Ibis Malioboro Hotel Yogyakarta; Horison Ultima Riss Hotel Yogyakarta, Grand Zuri Hotel Yogyakarta; Eastparc Hotel Yogyakarta

In House Training: Depend on request

 

FEE TRAINING PROTOKOL BISNIS

  • 5.900.000 IDR (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • 6.800.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

 

FASILITAS TRAINING PROTOKOL BISNIS

  • Meeting Room at Hotel
  • Module/Materi (hard & soft copy)
  • Training Kit
  • Coffe Break & Lunch
  • Souvenir
  • Sertifikat
  • Airport pick up services
  • Transportation during training

BUSINESS PROTOCOL EXECUTIVE

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.