Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 17.000 topik dan 150.000 event sepanjang tahun 2020

K3 DAN ERGONOMI DI RUMAH SAKIT – Available Online

JADWAL TRAINING ONLINE

28 – 29 September 2020 | Rp 2.800.000,- Online Training
04 – 05 November 2020 | Rp 2.800.000,- Online Training – CONFIRMED

Jadwal Online Training Selanjutnya …

JADWAL TRAINING KELAS

02 – 04 November 2020 | Rp 6.400.000,- di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
07 – 09 Desember 2020 | Rp 6.400.000,- di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta

Jadwal Training 2020 Selanjutnya …

 

Deskripsi Training K3 Dan Ergonomi Di Rumah Sakit

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Tenaga Kerja nomor : PER.05/MEN/1996, tentang Sistem Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3) diharapkan perusahaan dapat mengimplementasikan system keselamatan dan kesehatan kerja sehingga karyawan terlindungi, tingkat kecelakaan dapat diturunkan dan peluang terjadinya  bahaya dan kecelakaan di tempat kerja  dapat dihindari. Sebagimana diatur dalam  pasal 3 Peraturan Menteri tersebut bahwa setiap perusahaan yang memperkerjakan tenaga kerja sebanyak 100 orang atau lebih, dan/atau mengandung potensi bahaya yang ditimbulkan oleh karakteristik proses atau bahan produksi yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja seperti peledakan, kebakaran, pencemaran dan penyakit akibat kerja, wajib mengimplementasikan SMK3. Demikian pula penanganan faktor potensi berbahaya yang ada di rumah sakit serta metode pengembangan program keselamatan dan kesehatan kerja disana perlu dilaksanakan, seperti misalnya perlindungan baik terhadap penyakit infeksi maupun non-infeksi, penanganan limbah medis, penggunaan alat pelindung diri dan lain sebagainya. Selain terhadap pekerja di fasilitas medis/ klinik maupun rumah sakit, Keselamatan dan Kesehatan Kerja di rumah sakit juga “concern” keselamatan dan hak-hak pasien, yang masuk kedalam program patient safety.Oleh karena itu perlu adanya pemahaman kepada semua karyawan di rumah sakit tentang pentingnya penerapan SMK3 di rumah sakit.

 

Tujuan Training K3 Dan Ergonomi Di Rumah Sakit

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta memahami tentang system dan aplikasi dari smk3 di rumah sakit.

 

Materi Training K3 Dan Ergonomi Di Rumah Sakit

  1. Identifikasi dan evaluasi terhadap faktor yang berpotensi berbahaya bekerja di rumah sakit (faktor fisik, kimia dan biologis)
  2. Kontrol terhadap faktor risiko terhadap keselamatan dan kesehatan kerja, seperti :
    • Faktor Fisik (radiasi, bising, suhu panas, dan sebagainya)
    • Faktor Kimiawi (laboratorium, penggunaan mesin fotocopy, MSDS, Label, dsb)
    • Faktor Ergonomi (menghindarkan terjadinya penyakit otot rangka)
    • Faktor Biologis (kuman, virus, infeksi atau bloodborne pathogen, dan sebagainya)
    • Faktor Psikososial (stress kerja, kerja shhift, dsb)
    • Faktor lainnya, seperti :
      • Bahaya kebakaran.
      • Gas bertekanan tinggi (Compressed Gases)
      • Bahan-bahan yang mudah terbakar (cair, gas) dan penyimpanannya
      • Listrik
    • Faktor bahaya spesifik menurut Bagian/Departemen
    • Health and Safety di Laboratorium
    • Penanganan Limbah medis (infectious/non-infectious dan cair/padat
    • Pengenalan Alat Pelindung Diri
    • Kontrol terhadap infeksi nosokomial serta patient safety.
  3. Peraturan Perundangan yang terkait, pentingnya Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan serta tugas dan fungsinya.
    • Ergonomi dan keselamatan kerja di rumah sakit. Pengenalan Ergonomi
    • Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja
    • Anthropometri
    • Fisiologi Kerja
    • Biomekanika
    • Sensasi yang dialami manusia saat bekerja
    • Perancangan Lingkungan Kerja
    • Psikologi Kerja
    • Human Error
    • Studi Kasus

 

Peserta Training

Staff medis dan non medis

 

Instruktur Training

Prof. DR.IR Hari Purnomo, M.T., & Drs. Haryono dan tim

Professional konsultan di bidang K3 yang telah berpengalaman memberikan training dan konsultasi di berbagai perusahaan baik BUMN, swasta nasional maupun multinasional.

 

JADWAL, METODE, KETENTUAN, INVESTASI DAN FASILITAS ONLINE TRAINING

Jadwal Online Training 2020

  • 28 – 29 September 2020
  • 30 Septermber –  1 Oktober 2020
  • 5 – 6 Oktober 2020
  • 7 – 8 Oktober 2020
  • 9 – 10 Oktober 2020
  • 12 – 13 Oktober 2020
  • 14 – 15 Oktober 2020
  • 16 – 17 Oktober 2020
  • 19 – 20 Oktober 2020
  • 21 – 22 Oktober 2020
  • 23 – 24 Oktober 2020
  • 26 – 27 Oktober 2020
  • 2 – 3 November 2020
  • 4 – 5 November 2020
  • 6 – 7 November 2020
  • 9 – 10 November 2020
  • 11 – 12 November 2020
  • 13 – 14 November 2020
  • 16 – 17 November 2020
  • 18 – 19 November 2020
  • 20 – 21 November 2020
  • 23 – 24 November 2020
  • 25 – 26 November 2020
  • 27 – 28 November 2020
  • 30 November 2020 – 1 Desember 2020
  • 2 – 3 Desember 2020
  • 4 – 5 Desember 2020
  • 7 – 8 Desember 2020
  • 9 – 10 Desember 2020
  • 11 – 12 Desember 202
  • 14 – 15 Desember 2020
  • 16 – 17 Desember 2020
  • 18 – 19 Desember 2020
  • 21 – 22 Desember 2020

 

Metode Training Online

Metode pelatihan  online dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih  metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Peserta Belajar Online Mandiri  (Asinkron) yaitu:

  • Peserta mendownload materi pelatihan (dalam bentuk file PPT/PDF/video) dan belajar mandiri dengan waktu belajar diatur sendiri oleh peserta.
  • Masa aktif tayang setiap materi pelatihan 4 minggu dengan disediakan konsultasi maks 4 jam online dihitung sejak materi mulai ditayangkan.
  • Apabila diperlukan peserta dapat diskusi atau konsultasi terkait dengan materi yang akan difasilitasi oleh konsultan/trainer melalui berbagai media seperti Google Meet, Hang Out, Zoom, Team link, atau WhatsApp sesuai dengan kesepakatan.
  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama

Metode Live Online Training (Sinkron)  yaitu:

  • Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal
  • Media Live training dapat menggunakan Google Meet, Hang Out, Zoom atau Team link.
  • Tersedia harga khusus jika training yang sama diikuti oleh beberapa peserta dari perusahaan yang sama

 

Ketentuan Online Training 

Persiapan Peserta

  • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Buku dan alat tulis.

Platform yang digunakan

  • Beberapa alternative platform Zoom, Google Meet, Hang Out,  Team link atau Webex untuk conference live training
  • Materi, tugas dan dokumen lain akan diupload dalam Google Classroom
  • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan

 

Investasi dan Fasilitas Online Training

  • Course Fee Rp 2.800.000
  • Modul online training
  • Certificate training Hardcopy dan atau Softcopy

 

JADWAL, INVESTASI DAN FASILITAS TRAINING KELAS 2020

Jadwal Training 2020

Hotel Melia Purosani, Yogyakarta

  • 2 – 4 November 2020
  • 9 – 11 November 2020
  • 16 – 18 November 2020
  • 23 – 25 November 2020
  • 30 November 2020 – 2 Desember 2020
  • 7 – 9 Desember 2020
  • 14 – 16 Desember 2020
  • 21 – 23 Desember 2020
  • 28 – 30 Desember 2020

 

Investasi dan Fasilitas Training Kelas

  • Rp 6.400.000 (Non Residential)
  • Quota minimum 2 peserta
  • Fasilitas: Certificate, Training kits, USB, Lunch, Coffe Break, Souvenir
  • Bagi perusahaan atau instansi yang mengirimkan lebih dari satu peserta dengan judul dan waktu yang sama, maka peserta kedua dan selanjutnya akan dikenakan potongan harga sebesar Rp 1.000.000 (Satu Juta Rupiah)
  • Bagi peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/ Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta).

 

KESEHATAN, KESELAMATAN KERJA (K3) DAN ERGONOMI DI RUMAH SAKIT

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.