POWER PURCHASE AGREEMENT (PPA) – Half Confirmed

ACARA

23 – 25 April 2019 | Rp 5.900.000,- di Bandung – HALF CONFIRMED
02 – 04 Mei 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
25 – 27 Juni 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
16 – 18 Juli 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING POWER PURCHASE AGREEMENT (PPA)

Kebutuhan akan tenaga listrik saat ini sangat meningkat sejalan dengan perkembangan pembangunan nasional. Tenaga listrik mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Hal ini menuntut ketersediaan tenaga listrik dapat diperoleh dalam jumlah yang cukup, merata dan bermutu. Dalam upaya untuk terus meningkatkan kapasitas suplai energi listrik di setiap wilayah di Indonesia, PT PLN semakin giat bekerja sama dengan sektor swasta melalui Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik atau yang lebih dikenal dengan Power Purchase Agreement (PPA).  Proyek Independent Power Producers (IPP) melalui tahapan proses yang Panjang, yaitu: Pre qualification -> Request for proposal -> Letter of Intent -> PPA Signing -> Financial Closure -> Comercial Operation Date (COD) -> End of Contract. Berdasarkan hal tersebut, program pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi para pelaku usaha di bidang ketenagalistrikan untuk lebih memahami bisnis jual beli listrik melalui PPA.

 

TUJUAN TRAINING POWER PURCHASE AGREEMENT (PPA)

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:

  • Memahami peraturan perundang-undangan di bidang kelistrikan
  • Memahami tentang Independent Power Producers (IPP) business Process Flow, Aspek Komersial dari Investasi di Bidang Usaha Listrik Swasta, Power Project Finance Transaction, Prosedur Pembelian tenaga listrik dan sewa menyewa jaringan dalam usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum, Power Purchase Agreement (PPA), dan materi penting lainnya

 

MATERI TRAINING POWER PURCHASE AGREEMENT (PPA)

  1. Pengantar Hukum Kelistrikan: Pasal-Pasal Penting dalam Undang-Undang Ketenagalistrikan
  2. Independent Power Procedures (IPP):
  • General Terms in IPP Business
  • Regulatory Frameworks Regarding IPP Procurement
  • Business Scheme of an IPP Project
  • IPP Business Process Flow
  • Pre qualification
  • Request for proposal
  • Letter of Intent
  • PPA Signing
  • Financial Closure
  • Comercial Operation Date (COD)
  • End of Contract
  1. Aspek Komersial dari Investasi di Bidang Usaha Listrik Swasta
  2. Power Project Finance Transaction
  3. IPP Procurement Processes Based on Electricity Regulations and IPP Procurement Procedure Based on MEMR Regulation No. 01/2006 jo. 04/2007
  4. Power Purchase Agreement (PPA)
  • Process flow to deal PPA Contract
  • Risk Analysis of PPA Contract
  • Essential Clauses in PPA Contract
  • Term of the Agreement: Coal (25 years), Hydro (30 years), Geothermal (30 years), Gas (20 years)
  • Project Scheme: BOD or BOT
  • Pricing and tariff design (Tariff and Payment)
  • Force Majeure: Natural and Political
  • Government Guarantee (if applicable)
  • Termination
  • Other Rights and Obligations of the Parties
  • Sponsor’s Agreement
  1. Contract Drafting: Power Purchase Agreement (PPA)

 

PESERTA

Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh: Direksi Perusahaan Listrik Negara, Direksi Perusahaan Listrik Swasta, Legal Manager, Legal Counsel, Finance Manager and Staff, Konsultan Hukum, Perbankan, Perusahaan Asuransi, dan pihak-pihak lain yang memerlukan pelatihan ini.

 

METODE

  • Presentasi
  • Diskusi Interaktif
  • Studi Kasus
  • Simulasi
  • Evaluasi

 

INSTRUKTUR

  • Leli Joko Suryono, SH, M Kn.
  • Budi Ruhiatudin, SH., M.Hum

Pakar dalam bidang Law and Compliance, akademisi dan sekaligus praktisi, yang telah berpengalaman dalam memberikan training & consulting pada organisasi/perusahaan milik pemerintah maupun swasta.

 

JADWAL TRAINING 2019

  • Batch 4: 23 – 25 April 2019
  • Batch 5: 02 – 04 Mei 2019
  • Batch 6: 25 – 27 Juni 2019
  • Batch 7: 16 – 18 Juli 2019
  • Batch 8: 06 – 08 Agustus 2019
  • Batch 9: 03 – 05 September 2019
  • Batch 10: 15 – 17 Oktober 2019
  • Batch 11: 26 – 28 November 2019
  • Batch 12: 07 – 09 Desember 2019
  • 08.00 – 16.00 WIB

Yogyakarta: Cavinton Hotel Yogyakarta ; Neo Malioboro Hotel Yogyakarta Ibis Styles Hotel Yogyakarta
Surabaya: Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Malang: Best Western OJ Hotel Malang ; Harris Hotel & Convention Malang
Jakarta: Dreamtel Jakarta Hotel ; Ibis Jakarta Tamarin Hotel
Bandung: Golden Flower Hotel Bandung ; Serela Merdeka Hotel Bandung
Bali: Ibis Bali Kuta Hotel ; Harris Kuta Raya Hotel Bali

In House Training : Depend on request

 

TRAINING TUITION FEE

  • 5.9000.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • Special Rate          : Rp 5.500.000,- / participant (min 4 participants from the same company)
  • 6.900.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

 

TRAINING FACILITIES

INCLUDE:

  • Meeting Room at hotel, Coffe Break, Lunch
  • Module (hard & soft copy/flashdish)
  • Training Kit, Souvenir, Sertifikat
  • Airport pick up services
  • Transportation during training

EXCLUDE:

  • Penginapan peserta training
  • Pajak (Ppn 10 %)

POWER PURCHASE AGREEMENT (PPA)

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.