COACHING & COUNSELING SKILL

Acara

11 – 13 April 2017 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta
03 – 05 Mei 2017 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta
06 – 08 Juni 2017 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta
25 – 27 Juli 2017 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta

Jadwal Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING COACHING & COUNSELING SKILL

Kapasitas terbesar dari sebuah perusahaan terletak pada SDM-nya. Berbagai upaya dilakukan perusahaan-perusahaan besar untuk mengoptimalkan SDM tersebut. Tak jarang dalam perusahaan dapat terjadi permasalahan yang menyangkut kinerja dari karyawan baik sebagai individu maupun dalam kelompoknya. Saat ini, seorang karyawan yang handal tidak saja menguasai hard skill dari apa yang dikerjakan tetapi juga harus memiliki kemampuan soft skill agar pemanfaatan SDM dapat dilakukan secara signifikan bagi pertumbuhan organisasi/perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka berkembanglah fungsi dan tanggung jawab seorang pemimpin/manajer/supervisor di perusahaan untuk bertindak sebagai coaching & counseling atau bertindak sebagai pelatih dan juga konselor bagi para staf-nya.

Coaching atau Counseling yang dimaksud merupakan bimbingan dan pelatihan kepada karyawan yang diambil sebagai langkah proaktif dengan memberikan coaching dan counseling, agar karyawan mampu untuk meningkatkan keterampilan kerja maupun pemahaman aspek-aspek kerja di lingkungan dimana ia berada. Bisa juga sebagai sarana untuk karyawan melakukan counseling baik masalah pekerjaan ataupun masalah pribadi. Dengan demikian sinergi dengan kelompoknya dapat ditingkatkan dan dapat mempertahankan kinerja karyawan agar selalu optimal.

Melalui program pelatihan Coaching & Counseling Skill ini peserta akan dibekali pengetahuan bagaimana langkah-langkah melakukan proses coaching & counseling yang tepat, yang nantinya bisa langsung diaplikasikan ke perusahaan masing-masing.

 

TUJUAN TRAINING COACHING & COUNSELING SKILL

Tujuan dari diselenggarakannya pelatihan ini adalah:

  • Peserta akan diberikan pemahaman tentang apa yang dimaksud Coaching & Counseling
  • Peserta dapat memahami prinsip-prinsip Coaching & Counseling dan bagaimana mengaplikasikannya.
  • Memberikan pengertian dan penyadaran kepada peserta mengenai peran dan fungsinya dalam pemberdayaan anak buah melalui teknik Coaching & Counseling
  • Peserta akan diberikan pemahaman mengenai perbedaan antara Coaching & Counseling.
  • Memahami berbagai jenis Coaching & Counseling serta kapan harus menggunakannya.
  • Mampu membantu karyawan untuk menemukan cara-cara terbaik dalam melaksanakan pekerjaannya & mengembangkan kinerja karyawan untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi.
  • Mampu menggunakan feed back sebagai alat pendorong motivasi dalam proses Coaching & Counseling.
  • Meningkatkan saluran-saluran komunikasi antara atasan dan bawahan, membangun keterbukaan, serta kesadaran motivasional.
  • Memberikan keterampilan dan penerapan teknik-teknik sederhana, yaitu melalui simulasi atau bermain peran.

 

MANFAAT TRAINING COACHING & COUNSELING SKILL

Manfaat yang akan diperoleh oleh peserta dengan mengikuti pelatihan ini adalah:

  • Dapat memahami gaya pengelolaan yang efektif dalam melakukan Coaching & Counseling.
  • Mengerti perbedaan antara feed-back, coaching, counseling dan mentoring; bila dan situasi bagaimana peserta menggunakan keempat keterampilan tersebut
  • Bagaimana pekerjaan peserta sebagai supervisor atau manajer berkontribusi bagi pertumbuhan dan pengembangan perusahaan, anak buah dan diri sendiri
  • Mengetahui karakteristik coach yang baik
  • Mengetahui karakteristik counselor yang baik
  • Mengetahui bagaimana mendefinisikan persoalan dan menetapkan sasaran bila persoalan telah dipecahkan
  • Dapat memotivasi orang lain untuk meningkatkan kinerja dan komitmen terhadap organisasi.
  • Mengetahui prinsip berkomunikasi, mendengar aktif dan mengajukan pertanyaan.

 

MATERI TRAINING COACHING & COUNSELING SKILL

1. Pendahuluan, Feed Back, Coaching & Counseling Konsep

  • Human behavior in Organization
  • Organization behavior
  • Asumsi dasar dalam memahami manusia
  • Keunikan dan perbedaan individu-individu dalam organisasi
  • Perilaku individu dengan keunikannya
  • Konsep dan analisis motivasi
  • Perubahan sikap dan prosesnya
  • Observing process & Observing defenition
  • Komunikasi dan make it dramatic iklim organisasi
  • Feed-back, Coaching, Counseling dan Mentoring
  • Definisi feed-back, coaching, counseling dan mentoring
  • Tipe situasi yang membutuhkan feed-back, coaching, counseling dan mentoring
  • Manfaat feed-back, coaching, counseling dan Mentoring bagi anak buah, atasan dan bagi perusahaan.

2. Feed Back

  • Definisi dan manfaat feed-back bagi anak buah
  • Tiga tipe feed-back dan langkah-langkah melaksanakannya
  • Latihan memberikan feed-back.

3. Coaching – Konsep dan Praktik

  • Konsep, definisi, & manfaat coaching
  • Karakteristik seorang coach yang baik
  • Coaching dalam proses pengembangan diri SDM
  • Situasi yang membutuhkan coaching
  • Memahami kinerja bawahan dan gap-nya
  • Perbedaan Pemimpin dan Coach
  • Proses coaching
  • Pendekatan-pendekatan coaching
  • Kualitas dan pendidikan coach
  • Langkah-langkah melakukan coaching yang efektif
  • Keterampilan yang diperlukan dalam melaksanakan coaching dengan baik
  • System kinerja coaching
  • Praktek coaching

4. CounselingKonsep dan Praktek

  • Definisi & manfaat counseling
  • Sejarah koselling di perusahaan
  • Hubungan dan proses konseling
  • Pendekatan-pendekatan konseling
  • Situasi yang membutuhkan Counseling
  • Kulitas dan pendidikan konselor
  • Karaktersitik Counselor yang baik
  • Karakteristik klien
  • Perilaku non verbal
  • Keterampilan yang diperlukan untuk melakukan counseling dengan baik
  • Kreativitas konselor dalam pengambilan keputusan
  • Teknik-teknik & langkah-langkah melakukan konseling
  • Manual dan prosedur microtraining
  • Analisis proses dalam kasus
  • Praktek Counseling:  Latihan counseling (Latihan Bermain Peran)
  • Penerapan konsep coaching dan counseling dalam bentuk latihan bermain peran

 

PESERTA TRAINING COACHING & COUNSELING SKILL

Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:

Supervisor, Manajer Lini Pertama atau Manajer Menengah, StafTA

 

METODE

  • Lecturing
  • Diskusi Interactive
  • Studi Kasus
  • Role Play
  • Sharing
  • Simulasi/Skill Practice

 

INSTRUKTUR TRAINING COACHING & COUNSELING SKILL

Tekad Wahyono, M.Psi., M.Si, C Ht

 

WAKTU & TEMPAT

  • Batch 4: 11 – 13 April 2017
  • Batch 5: 03 – 05 Mei 2017
  • Batch 6: 06 – 08 Juni 2017
  • Batch 7: 25 – 27 Juli 2017
  • Batch 8: 08 – 10 Agustus 2017
  • Batch 9: 26 – 28 September 2017
  • Batch 10: 10 – 12 Oktober 2017
  • Batch 11: 01 – 03 November 2017
  • Batch 12: 05 – 07 Desember 2017
  • 08.00 – 16.00 WIB
  • Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta

In House Training : Depend on request

 

BIAYA

Rp 5.800.000,- /participant (non residensial)*

Special Rate:

Rp 5.000.000,- (min 4 participants from the same company)

 

FASILITAS

  • Meeting Room di Hotel
  • Module/Materi (hard & soft copy)
  • Training Kit
  • Coffe Break & Lunch
  • Souvenir
  • Sertifikat
  • Airport pick up services
  • Transportation during training

 

 

 COACHING and COUNSELING SKILL

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *