PUBLIC RELATIONS

Acara

18 – 20 Desember 2018 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta

Jadwal Training 2019

22 – 24 Januari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
26 – 28 Februari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING PUBLIC RELATIONS

Kegiatan publisitas di era modern yang semakin kompetitif ini sangat penting dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan kepada khalayak umum/public tentang “siapa” dan bagaimana” perusahaan atau produk kita. Kegiatan ini merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja Public Relations (PR). Sebagai salah satu akibat dari kemajuan teknologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, PR sudah merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi dan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan teknik-teknik pelaksanaannya telah berkembang menjadi suatu hal yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut.

Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi memperkenalkan “kita” kepada pihak luar, tetapi juga memberitahukan kepada “kita” tentang apa dan bagaimana pendapat atau pikiran pihak lain terhadap “kita”, sehingga kita mampu merencanakan tindak lanjut dalam usaha mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Maka dari itu, diperlukan adanya suatu kegiatan atau program pelatihan yang dapat meningkatkan ketrampilan merancang dan mempengaruhi public secara efektif. Pelatihan ini khusus didesain untuk meningkatkan ketrampilan peserta dalam merancang kegiatan PR yang efektif yang dapat diaplikasikan langsung ke perusahaan.

 

TUJUAN TRAINING PUBLIC RELATIONS

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:

  • Memahami peran dan fungsi PR dalam kegiatan perusahaan;
  • Memahami teknik perencanaan PR dan PR Campaign;
  • Memahami cara menghadapi pers dan media massa;
  • Mampu berkomunikasi secara effektif dalam melaksanakan tugas dan penyampaian berbagai ide bagi perkembangan perusahaan;
  • Melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi.

 

MATERI EFFECTIVE PUBLIC RELATIONS

  1. Peran dan Fungsi Public Relations (PR) dalam Perusahaan
    • PR dalam aktivitas perusahaan
    • Manfaat Public Relations
    • Kedudukan PR dalam organisasi
  2. Psikologi PR
    • Faktor Karakteristik Masyarakat Sasaran
    • Psikologi Pesan dan Strukturnya
    • Sistem Komunikasi antar Individu (Interpersonal Communication)
  3. PR Plan and Campaign
    • Aktivitas perusahaan dan kaitannya dengan kegiatan PR
    • Perencanaan PR dan strategi pelaksanaannya
    • Proses Kegiatan PR
    • PR Campaign
    • Langkah-langkah kegiatan
    • Hambatan-hambatan
  4. Manajemen dan Kode Etik PR
    • Sasaran umum PR
    • Tahap-tahap yang dibutuhkan
    • Kode Etik IPRA
    • Kode Etik Perilaku berdasarkan siding IPRA
  5. Management Crisis
    • Kategori krisis dan bentuknya
    • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi
    • Penanggulangan Krisis
    • Pra, Masa dan Pasca Krisis
  6. Corporate Image Identity: membentuk opini public & citra perusahaan
  7. Protokoler
    • Pengertian protokoler dan hubungan dengan kegiatan PR
    • Etika ke-protokoler-an
    • Ruang lingkup tugas kegiatan protocol
    • Tata karma pergaulan bisnis, dasar pelaksanaan protocol
    • Persiapan fisik
  8. Public Speaking dan Master of Ceremony
    • Thema acara: keperluan petugas MC
    • MC dalam Acara resmi, Semi resmi, Acara hiburan
    • Bahasa Protokoler Resmi dan bahasa komunikatif
  9. Pers dan Media dalam aktivitas PR
    • Peran Pers dan Media dalam aktivitas perusahaan
    • Press Release sebagai salah satu teknik menghadapi Pers
    • Aturan dan Etika menghadapi Pers
    • Teknik pemanfaatan media untuk kegiatan PR
  10. Press Conference – tindak lanjut Media Relations
    • Mengapa Press Conference
    • Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
    • Aktivitas yang terjadi
  11. 1PR dan Marketing Service
    • Pengembangan strategi komunikasi pemasaran
    • Model-model strategi komunikasi pemasaran
  12. PR Officer dan Permasalahan
    • PR Officer dan profesionalisme
    • Stake Holders dan cara menghadapinya
    • Memilih PR Agency dalam penanganan masalah
  13. Komunikasi Effektif dalam Aktivitas PR
    • Komunikasi interpersonal dan komunikasi massa dalam kegiatan PR
    • Hambatan komunikasi dan status ego dalam kelancaran Komunikasi PR
    • Perilaku assertive dalam kegiatan PR
  14. Perilaku Konsumen (Customer Behavior)
    • Menentukan target audience
    • Karakteristik konsumen
    • Beberapa elemen dasar dari proses conditioning

 

PESERTA TRAINING PUBLIC RELATIONS

Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh personel dengan posisi di perusahaan sebagai: Manajer/Staf HUMAS, Sekretaris, Administrative Assistant, Sales/Marketing, serta semua personel yang ingin meningkatkan kinerja di bidang ke-humas-an.

 

METODE TRAINING PUBLIC RELATIONS

  • Presentasi
  • Diskusi Interaktif
  • Studi Kasus
  • Simulasi
  • Evaluasi

 

INSTRUKTUR TRAINING PUBLIC RELATIONS

  • Eka Mayesti Daeli, SE., CPHPM
  • MC Maryati, M.M., CHRA

Pakar di bidang SDM, Strategic Management, dan Komunikasi, sering menjadi nara sumber dalam training, seminar, workshop, terutama yang berkaitan dengan topik Effective PR.

 

JADWAL TRAINING 2019

  • Batch 1: 22 – 24 Januari 2019
  • Batch 2: 26 – 28 Februari 2019
  • Batch 3: 26 – 28 Maret 2019
  • Batch4: 23 – 25 April 2019
  • Batch 5: 21 – 23 Mei 2019
  • Batch 6: 25 – 27 Juni 2019
  • Batch 7: 09 – 11 Juli 2019
  • Batch 8: 13 – 15 Agustus 2019
  • Batch 9: 10 – 12 September 2019
  • Batch 10: 01 – 03 Oktober 2019
  • Batch 11: 12 – 14 November 2019
  • Batch 12: 17 – 19 Desember 2019
  • 08.00 – 16.00 WIB

Yogyakarta: Cavinton Hotel Yogyakarta ; Neo Malioboro Hotel Yogyakarta; Ibis Styles Yogyakarta Hotel
Surabaya: Hotel Neo Gubeng Surabaya ; Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Malang: Ibis Styles Malang Hotel
Jakarta: Yello Hotel Manggarai Jakarta ; Dreamtel Jakarta Hotel
Bandung: Serela Cihampelas Hotel Bandung ; Serela Merdeka Hotel Bandung
Bali: Ibis Bali Kuta Hotel ; Harris Kuta Raya Hotel Bali

In House Training : Depend on request

 

BIAYA TRAINING PUBLIC RELATIONS

2018

  • 5.800.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • 6.500.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

2019

  • 5.900.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • 6.800.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

 

FASILITAS TRAINING PUBLIC RELATIONS

INCLUDE:

  • Meeting Room at hotel, Coffe Break, Lunch
  • Module (hard & soft copy/flashdish)
  • Training Kit, Souvenir, Sertifikat
  • Airport pick up services
  • Transportation during training

EXCLUDE:

  • Penginapan peserta training
  • Pajak (Ppn 10 %)

 EFFECTIVE PUBLIC RELATIONS

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.