BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

ACARA

27 – 29 Desember 2018 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta

Jadwal Training 2019

22 – 24 Januari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
26 – 28 Februari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

Kemampuan menulis draft suatu kontrak bisnis baik nasional maupun international menjadi suatu kebutuhan yang sangat mendesak bagi para pelaku usaha saat ini. Kontrak merupakan dasar yang berkekuatan hukum yang mengatur hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam dalam aktivitas bisnis. Pada umumnya, kita hanya menduplikasi dari draft kontrak yang sudah ada dan tidak tahu persis mana draft kontrak yang sesuai untuk jenis bisnis tertentu. Belum lagi, masalah sah atau tidaknya suatu kontrak, klausul-klausul yang dimuat dalam kontrak, dan aspek legal suatu kontrak.

Sebagian besar permasalahan bisnis di lapangan ternyata disebabkan oleh kurangnya pemahaman para pelaku bisnis akan arti penting sebuah kontrak dan bagaimana menyusunnya secara benar. Merupakan suatu hal naïf jika kita hanya menerima begitu saja draft kontrak yang disodorkan pihak lain kepada kita. Bahkan tidak jarang pula, kontrak dibuat asal jadi, atau hasil mengkopi dari sana-sini, tanpa memandang relevansinya dengan kepentingan bisnis yang ingin dijalani. Akibatnya, ketika terjadi permasalahan di kemudian hari, kontrak yang seharusnya bisa menjadi rujukan untuk menyelesaikan sengketa, justru malah menyebabkan timbulnya kerugian-kerugian yang sebenarnya bisa dihindari apabila pelaku bisnis memposisikan kontrak elemen krusial dalam menjalankan kerjasama.

Oleh karena itu setiap pelaku usaha yang terlibat pada perjanjian kontrak harus memiliki kemampuan menulis draft kontrak yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Untuk itu diperlukan adanya pelatihan khusus yang membahas secara menyeluruh tentang permasalahan penyusunan kontrak. Kegiatan ini akan membekali para peserta langkah-langkah penyusunan kontrak secara benar, workshop ini juga akan mengasah kemampuan peserta dalam melakukan negosiasi. Hal ini karena kemampuan melakukan negosiasi sebelum merumuskan dalam bentuk klausul, merupakan ruh dari penyusunan kontrak. Melalui proses pembelajaran ini para peserta akan dilatih untuk memahami kontrak secara komprehensif, menulis draft kontrak baik nasional maupun internasional, serta merancang kontrak bisnis secara menyeluruh bisnis.

 

TUJUAN TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

  • Memahami dasar-dasar penyusunan kontrak
  • Memahami secara tepat makna suatu kontrak bisnis
  • Memahami bagaimana menulis draft suatu kontrak bisnis
  • Memahami pemilihan jenis kontrak bisnis yang tepat sesuai kepentingannya
  • Memahami perancangan kontrak bisnis secara menyeluru
  • Peserta mampu merumuskan dan merancang Draft Kontrak secara benar Peserta menguasai ketrampilan melakukan negosiasi kontrak.

 

MATERI TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

  1. Introductory to Contract
  2. Terminology of Contract
    1. Definition in contract drafting (contract in universal perspectives)
    2. Memorandum of understanding (MoU), Letter of Intend (LoI), Letter of Comfort (LoC), Minutes vs Agreement
  3. Formation to Contract
    1. Format (certain & uncertain model)
    2. Written contact (administration & evidence) & (by law or by parties)
    3. Contract made by Notary Public (PPAT)
    4. Contract (endorsed/approved by related government agency)
    5. Subject to contract (personal, legal entily, organization, partnership)
    6. Object to contract
  4. Requirement to Contract
    1. Consensus by the parties (offering & acceptance, the consensus without durres, mistake of froud)
    2. Capacity of parties (minor person(under 21 years old, person under official trust custody, prohibited by relevant law)
    3. Definity/specific subject matters
    4. Admissible couse (kausa halal)
  5. Formalities, procedure registering & permormance (pacta sunt sevanda)
  6. Breach of contract (Defaoult)
    1. Condition constitute default?
    2. Failure to performed contract (remidies, compensation, damages, force majeur =failure)
  7. Termination of contract : (performance, payment, certified tender, compentation (set-off), merger (confusion), release, destruction of subject matters, occurrence of conceling condition, exceeding statute of limitation.
  8. Legal Action & Enforcement in Contract Dispute Settlement
    1. Court settlement (last resort)
    2. Execution by court adjudication for security transaction
    3. Mediation, arbitration, annexed court mediation
  9. Drafting Contract Tehnique Arranging to Contract
    1. Title of contract
    2. Date, time, day, place the contract signed
    3. The parties: contained the information; name (person, entities, authorized representative) ddres, legal domicilie, legal competences in signing agreement.
    4. Background: commonly used with title of ‘witnesseth’, ‘recital’, background.
    5. Definitation: contained technical terminology interpretative
    6. Main object agreed by the parties
    7. Right & obligation
    8. Representation & warranties
    9. Covenant (affirmative & negative covenant)
    10. Event default
    11. Remedies
    12. Governing law & jurisdiction
    13. Choice of law
    14. Choice of jurisdiction
    15. Dispute settlement
    16. Force majeur
    17. Amendment & modification
    18. Notice & correspondence

 

PESERTA TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

Pelatihan ini sangat tepat untuk diikuti oleh para karyawan yang bidang kerjanya melingkupi aspek legalitas atau yang terkait dengan mitra/rekanan, antara lain GA, Humas baik level staf maupun supervisor atau karyawan yang disiapkan untuk posisi tersebut.

 

METODE TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

  • Presentasi Materi
  • Diskusi & Pembahasan
  • Studi Kasus Implementasi di perusahaan
  • Workshop/Latihan
  • Evaluasi

 

INSTRUKTUR TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

Budi Ruhiatudin, SH., M.Hum. & Team

 

JADWAL TRAINING 2019

  • Batch 1: 22 – 24 Januari 2019
  • Batch 2: 26 – 28 Februari 2019
  • Batch 3: 12 – 14 Maret 2019
  • Batch 4: 09 – 11 April 2019
  • Batch 5: 02 – 04 Mei 2019
  • Batch 6: 18 – 20 Juni 2019
  • Batch 7: 22 – 24 Juli 2019
  • Batch 8: 27 – 29 Agustus 2019
  • Batch 9: 10 – 12 September 2019
  • Batch 10: 15 – 17 Oktober 2019
  • Batch 11: 19 – 21 November 2019
  • Batch 12: 10 – 12 Desember 2019
  • 08.00 – 16.00 WIB

Yogyakarta: Cavinton Hotel Yogyakarta ; Neo Malioboro Hotel Yogyakarta Ibis Styles Hotel Yogyakarta
Surabaya: Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Malang: Best Western OJ Hotel Malang ; Harris Hotel & Convention Malang
Jakarta: Dreamtel Jakarta Hotel ; Ibis Jakarta Tamarin Hotel
Bandung: Golden Flower Hotel Bandung ; Serela Merdeka Hotel Bandung
Bali: Ibis Bali Kuta Hotel ; Harris Kuta Raya Hotel Bali

In House Training : Depend on request

 

BIAYA TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

2018
  • 5.800.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • 6.500.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

2019

  • 5.900.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • 6.800.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

 

FASILITAS TRAINING BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

INCLUDE:

  • Meeting Room at hotel, Coffe Break, Lunch
  • Module (hard & soft copy/flashdish)
  • Training Kit, Souvenir, Sertifikat
  • Airport pick up services
  • Transportation during training

EXCLUDE:

  • Penginapan peserta training
  • Pajak (Ppn 10 %)


BUSINESS LEGAL CONTRACT DRAFTING

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.