PUBLIC RELATIONS, MEDIA RELATIONS & CORPORATE COMMUNICATION

ACARA

10 – 12 Desember 2018 | Rp 5.900.000 per peserta di Hotel Ibis, Yogyakarta
17 – 19 Desember 2018 | Rp 5.900.000 per peserta di Hotel Ibis, Yogyakarta
26 – 28 Desember 2018 | Rp 5.900.000 per peserta di Hotel Ibis, Yogyakarta – CONFIRMED

Jadwal Training 2019

02 – 04 Januari 2019 | Rp.5.900.000 per peserta di Hotel Ibis, Yogyakarta
07 – 09 Januari 2019 | Rp.5.900.000 per peserta di Hotel Ibis, Yogyakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

Deskripsi Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication

Dalam sebuah perusahaan/industri, komunikasi adalah sarana yang paling krusial. Komunikasi sangat penting peranannya, bahkan mejadi salah satu kunci sukses dari keberhasilan perusahaan, terlebih dalam memberikan pelayanan, memerlukan interaksi yang baik melalui komunikasi sehingga hubungan baik dengan stakeholder akan dapat terjalin. Kemampuan untuk menyampaikan informasi perusahaan kepada  public luar, mekanisme penyampaian informasi  dan pengenalan media apa saja yang bisa dimanfaatkan secara efektif akan sangat mempengaruhi citra perusahaan di mata stakeholder. Terjadinya miss communication akan menurunkan citra perusahaan yang berdampak pada hilangnya kepercayaan public dan akhirnya berdampak pada penjualan atau pelayanan yang dihasilkan.

Disini fungsi Public Relations (PR) memegang peranan penting dalam jalur corporate communication ini. Keberadaan PR tidak dapat dipisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Begitu pentingnya posisi PR ini, maka setiap perusahaan/organisasi, apapun bentuk perusahaan/organisasi tersebut mutlak harus mempunyai bagian PR karena bagian ini memegang peranan untuk dapat mem-publish (melakukan publisitas) mengenai perusahaan/organisasi tersebut, agar masyarakat/public mengetahui eksistensi sebuah perusahaan/organisasi, “siapa”, “bagaimana”, dan keberadaan serta produk-produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk itu, diperlukan SDM yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan untuk mampu menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan, dan menjalin relasi yang baik dengan media massa, karena melalui media inilah dapat membentuk citra baik sebuah perusahaan di mata masyarakat dan kolega.

 

 Tujuan Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication

Setelah mengikuti pelatihan ini,diharapkan peserta dapat :

  1. Meningkatkan pemahaman bahwa Public Relations, Media Relation dan Corporate Communication adalah bagian krusial yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan
  2. Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam corporate communication
  3. Dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja;
  4. Menjalin relasi yang baik dengan media, dari konsep, strategi, sampai aplikasinya
  5. Mendapatkan technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik
  6. Mampu menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait;
  7. Mampu melakukan presentasi, press conference, & memiliki keterampilan menulis press release
  8. Mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.

 

Materi Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication

  1. Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)
    • Konsep Komunikasi & Pelayanan prima
    • Peran dan Manfaat Komunikasi bagi perusahaan
    • Karakter Pelayanan Perusahaan
  2. Perencanaan komunikasi perusahaan
  3. Jenis model komunikasi
  4. Peranan Public Relations dalam perusahaan/organisasi:
    • Fungsi dan peranan PR
    • Manfaat PR
    • Kedudukan PR dalam organisasi
  5. Dasar-dasar dan Strategi Efektif Public Relations (PR)
    • Memahami opini publik
    • Teknik menyusun program PR yang efektif sesuai dengan kebutuhan komunitas dan publik terkait
  6. Perencanaan Kerja PR:
    • Proses kegiatan Public Relations (PR)
    • Langkah-langkah kegiatan
    • Hambatan – hambatan
  7. Management Crisis:
    • Apa itu krisis
    • Katagori krisis dan bentuknya
    • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan / organisasi
    • Penanggulangan Krisis
    • Masa dan setelah Krisis
  8. Corporate Image Identity:
    • Membentuk opini public
    • Sifat dari opini publik
    • Membentuk citra perusahaan/ lembaga / institusi
  9. Identifikasi audience expetation / stakeholder
  10. PR dan Marketing Service:
    • Prinsip-prinsip dasar
    • Marketing Development Strategy
    • Marketing Communication Strategy
  11. Customer Behavior
    • Menentukan target audience
    • Karakteristik konsumen
    • Elemen dasar dari proses conditioning
  12. Mekanisme penyampaian informasi kepada publik dan stakeholder
  13. Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media
  14. Mengembangkan press relies dan Hubungan dengan Media (Media Relations)
  15. Media Relations, Press Release dan Pidato:
    • Pengertian dan kegiatan
    • Menulis Press Release
    • Jenis-jenis pidato
    • Pidato, format dasar – general model dan model rinci
  16. Press Conference – tindak lanjut Media Relations:
    • Mengapa Press Conference
    • Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
    • Aktifitas dalam Press Conference
  17. Media Control (ownership vs Control of Media)
  18. Teknik mengatasi miss comunication dan krisis komunikasi dengan stakeholder dan media
  19. Studi kasus

 

Metode Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication

Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:

  • Public Relation Staffs & manager, General Affair Staffs & Manager
  • Superintendent, Manager, Specialist, Formalities Staffs
  • Corporate Communications, Corporate Secretary
  • Para profesional atau staf yang dalam pekerjaan rutinnya berhubungan dengan media/pubik

 

Jadwal Training 2018

Hotel Ibis Malioboro ,Yogjakarta

  • 10 – 12 Desember 2018
  • 17 – 19 Desember 2018
  • 26 – 28 Desember 2018

 

Jadwal Pelatihan 2019

Hotel Ibis Malioboro ,Yogjakarta

  • 02 – 04 Januari 2019
  • 07 – 09 Januari 2019
  • 14 – 16 Januari 2019
  • 21 – 23 Januari 2019
  • 28 – 30 Januari 2019
  • 06 – 08 Februari 2019
  • 11 – 13 Februari 2019
  • 18 – 20 Februari 2019
  • 25 – 27 Februari 2019
  • 04 – 06 Maret 2019
  • 11 – 13 Maret 2019
  • 18 – 20 Maret 2019
  • 25 – 27 Maret 2019
  • 01 – 02 April 2019
  • 08 – 10 April 2019
  • 15 – 17 April 2019
  • 22 – 24 April 2019
  • 29 – 30 April 2019
  • 06 – 08 Mei 2019
  • 13 – 15 Mei 2019
  • 20 – 22 Mei 2019
  • 27 – 29 Mei 2019
  • 10 – 12 Juni 2019
  • 17 – 19 Juni 2019
  • 24 – 26 Juni 2019
  • 01 – 03 Juli 2019
  • 08 – 10 Juli 2019
  • 15 – 17 Juli 2019
  • 22 – 24 Juli 2019
  • 29 – 31 Juli 2019
  • 05 – 07 Agustus 2019
  • 13 – 15 Agustus 2019
  • 19 – 21 Agustus 2019
  • 26 – 28 Agustus 2019
  • 02 – 04 September 2019
  • 09 – 11 September 2019
  • 16 – 18 September 2019
  • 23 – 25 September 2019
  • 30 September – 02 Oktober 2019
  • 07 – 09 Oktober 2019
  • 14 – 16 Oktober 2019
  • 21 – 23 Oktober 2019
  • 28 – 30 Oktober 2019
  • 04 – 06 November 2019
  • 11 – 13 November 2019
  • 18 – 20 November 2019
  • 25 – 27 November 2019
  • 02 – 04 Desember 2019
  • 09 – 11 Desember 2019
  • 16 – 18 Desember 2019
  • 23 – 24 Desember 2019
  • 30 – 31 Desember 2019


Investasi dan Fasilitas

  • Rp. 5.900.000 (Non Residential)
  • Quota minimum 2 peserta
  • Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel (berlaku bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 peserta)

 

Lead Instruktur Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication

Dra. MC Maryati, MM and team

 

PUBLIC RELATIONS, MEDIA RELATIONS & CORPORATE COMMUNICATION

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.