COMDEV (COMMUNITY DEVELOPMENT)

ACARA

15 – 16 April 2019 | Rp 4.600.000,- di Hotel Ibis/ Dreamtel, Jakarta
16-17 Mei 2019 | Rp 4.600.000,- di Hotel Ibis/ Dreamtel, Jakarta
17-18 Juni 2019 | Rp 4.600.000,- di Hotel Ibis/ Dreamtel, Jakarta
18-19 Juli 2019 | Rp 4.600.000,- di Hotel Ibis/ Dreamtel, Jakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING COMDEV

Peraturan perundangan mengatur bahwa CSR dan Community Development merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan sebagaimana amanat UU No. 40 tahun 2007 bab V pasal 74, maka “expenses”harus dikelola manajemen, sehingga memberikan dampak positif bagi sustainability perusahaan dimasa mendatang. Pola pikir inilah yang membuat CSR dan Community Development menjadi tidak sekedar Charity Program, tetapi harus menjadi “alat” marketing yang powerfull.

Sebagai bagian dari kehidupan sosial, suatu perusahaan juga harus mampu melakukan aktivitas sosial agar bisa terus menjaga citra baik di mata masyarakat. Salah satu media yang digunakan adalah dengan melakukan kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development). Agar kegiatan tersebut berhasil maka dibutuhkan kemampuan dalam hal pendesainan, pemonitoran dan pengevaluasian partisipasi pada kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development) dengan menggunakan persoalan–persoalan yang ada di masyarakat sekitar.

Apabila program community development dapat berjalan dengan baik, maka dengan sendirinya citra perusahaan akan semakin baik dimata masyarakat. Secara umum pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk menjadikan masyarakat mandiri, yaitu memiliki kemampuan untuk memilih, mempersiapkan, memutuskan dan melaksanakan sesuatu yang dianggapnya diperlukan dalam kehidupan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penting bagi perusahaan agar mengelola community development dengan baik.

 

TUJUAN TRAINING COMDEV

Pelatihan ini akan membahas mengenai Community Development yang diselenggarakan selama 2 hari. Melalui pelatihan ini peserta pelatihan diharapkan mampu mengelola program-program pengembangan masyarakat, mengetahui prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dan mampu mengelola konflik, baik itu konflik di dalam internal perusahaan, maupun konflik perusahaan dengan lingkungan eksternal. Disamping itu, peserta pelatihan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menguasai teknik-teknik community development yang baik dan praktis serta bisa dilakukan sesuai dengan tujuan dan latar belakang masing-masing peserta.

 

MATERI TRAINING COMDEV

  1. Konsep dasar community development
  2. Karakteristik dan prinsip pendampingan
  3. Pengenalan konsep pengembangan masyarakat (community development)
  4. Teknik perancangan kegiatan yang tepat sasaran
  5. Analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat
  6. Analisis budaya lokal dan struktur sosial masyarakat
  7. Mengorganisir masyarakat untuk pemberdayaan
  8. Mendesain program pengembangan masyarakat
  9. Merancang, menerapkan dan mengevaluasi model program pengembangan masyarakat
  10. Implementasi program pengembangan masyarakat
  11. Teknik Monitoring & Evaluasi program pengembangan masyarakat
  12. Konsep dasar manajemen konflik
  13. Strategi mengelola konflik dengan pihak internal perusahaan (pimpinan, rekan dan bawahan)
  14. Strategi mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan
  15. Teknik komunikasi dalam pengelolaan konflik

 

MANFAAT TRAINING COMDEV

  1. Dapat meningkatkan pemahamam tentang konsep community development
  2. Dapat memahami perbedaan CSR & Comdev
  3. Dapat membuat analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat yang sesuai dengan visi misi perusahaan
  4. Dapat membuat laporan Program community development
  5. Mampu mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan

 

METODE TRAINING COMDEV

  1. Presentasi
  2. Diskusi Konsultatif
  3. Sharing Pengalaman
  4. Studi Kasus
  5. Praktek Penyusunan Program Comdev

 

KEUNGGULAN METODE PELATIHAN PRESENTASI

  • Penyampaian materi dilakukan melalui pendekatan Neuro Linguistic Programming agar efektif.
  • Penyampaian diberikan dengan Experiential Method, sehingga benar benar merupakan hologram kondisi yang sesuai dengan lingkungan kerja di perusahaan.
  • Penyampaian materi menggunakan akses Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta baik secara multimedia maupun manual learning.
  • Penyampaian materi disampaikan dengan fokus implementasi dan bukan wacana serta bukan sekedar insight belaka.

 

TARGET PESERTA TRAINING COMDEV

  1. Mahasiswa tingkat akhir yang ingin berkarir sebagai CSR atau Comdev
  2. CSR Staff, CSR Supervisor, Comdev Staff, Comdev Supervisor, CSR Superintendent, Chief Security, dan CSR Manager
  3. Personel CSR Departemen
  4. Public Relation, Humas, General Affair, HRGA Superintendent, HRPGA Section Head, HRGA Dept. Head, HRGA Manager
  5. Manager Non CSR yang berminat mempelajari Community Development
  6. Executive atau Praktisi Bisnis yang ingin tahu mengenai Community Development
  7. Professional atau Individu yang berkaitan dengan pengelolaan Community Development

 

POST TRAINING MAINTENANCE

Post Test dilakukan dengan Teknik L. Kirkpatrick yang mengukur 4 level pembelajaran

  1. Perilaku
  2. Pembelajaran
  3. Reaksi
  4. Hasil

 

FASILITATOR TRAINING COMDEV

TEAM TRAINER

 

JADWAL TRAINING 2019

  • 15-16 April 2019
  • 16-17 Mei 2019
  • 17-18 Juni 2019
  • 18-19 Juli 2019
  • 19-20 Agustus 2019
  • 19-20 September 2019
  • 21-22 Oktober 2019
  • 18-19 November 2019
  • 16-17 Desember 2019

Request Pelaksanaan di luar Jakarta: Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali

 

INVESTASI :

  • Hotel Ibis / Dreamtel Jakarta Rp 4.600.000,- (Empat Juta Enam Ratus Ribu Rupiah)
  • Bandung Rp 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah)
  • Yogyakarta / Surabaya Rp 5.500.000,- (Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Malang Rp 4.600.000,- (Empat Juta Enam Ratus Ribu Rupiah)
  • Bali Rp 6.500.000,- (Enam Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

 

Investasi sudah termasuk :

  1. Sertifikat keikutsertaan.
  2. Coffe Break 2X dan Lunch.
  3. Souvenirs dan Seminar Kits.
  4. Seminar Bag.
  5. Modul
    • Discount 10% apabila pendaftaran group minimal 5 orang dari perusahaan yang sama (untuk  satu pelatihan dan waktu yang sama).
    • Pelaksanaan training akan diselenggarakan apabila telah mencapai quota peserta 4-5 orang.
    • Konfirmasi pelaksanaan training akan dilakukan 3 (tiga hari sebelum tanggal pelaksanaan).

 

COMDEV (COMMUNITY DEVELOPMENT)

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.