Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

Staf Perdagangan Ekspor Impor (Export Import Trade) – BNSP

Staf Perdagangan Ekspor Impor (Export Import Trade Staff) – TRAINING DAN SERTIFIKASI BNSP

Available Online & Offline Training

  • 2-3 Juli 2025,  Hotel El Royale, Malioboro, Yogyakarta
  • 4-5 Juli 2025,  Hotel El Royale, Malioboro, Yogyakarta

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan scroll ke bawah.

DESKRIPSI

Kepmen Ketenagakerjaan Nomor : 95 Tahun 2018 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi dan Perawatan Mobil dan. Sepeda Motor Golongan Pokok Perdagangan Besar, Bukan Mobil dan Sepeda Motor Bidang Ekspor Impor.

8.

Kepmen Ketenagakerjaan Nomor : 183 Tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Aktivitas Penyewaan Dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya

Golongan Pokok Aktivitas Administrasi Kantor, Aktivitas Penunjang Kantor Dan Aktivitas Penunjang Usaha Lainnya Bidang Administrasi Profesional.

MATERI/UNIT KOMPETENSI

  1. G.46PEI00.018.2 Mengklasifikasikan Barang Ekspor Impor Sesuai HS Code
  2. G.46PEI00.030.1 Menentukan Metode Pembayaran Perdagangan Luar Negeri
  3. N.821100.061.01 Mengakses Informasi melalui Homepage
  4. G.46PEI01.036.2 Melakukan Korespondensi Impor
  5. G.46PEI01.013.1 Mengurus Dokumen Ekspor
  6. G.46PEI01.023.2 Melakukan Prosedur Pengangkutan Barang Ekspor
  7. G.46PEI01.019.2 Mengurus Customs Clearance Ekspor
  8. G.46PEI01.024.2 Mengurus Pengiriman Barang Ekspor ke Pelabuhan
  9. G.46PEI01.016.1 Mengaplikasikan Ketentuan dan Pengisian SKA
  10. G.46PEI02.037.1 Mengurus Dokumen Impor
  11. G.46PEI02.039.2 Membayar Pungutan Pabean Impor
  12. G.46PEI02.038.2 Mengurus Custom Clearance Impor
  13. G.46PEI02.041.2 Mengurus Pengeluaran Barang Impor

 

 

PERSYARATAN PEMOHON SERTIFIKASI

  1. Pendidikan minimal D3.
  2. Memiliki sertifikat pelatihan berbasis kompetensi pada pekerjaan Bidang Ekspor Impor, atau
  3. Tenaga kerja pada pekerjaan Bidang Ekspor Impor yang telah berpengalaman kerja minimal 1tahun secara berkelanjutan.

 

DOKUMEN PERSYARATAN SERTIFIKASI

  1. Pas foto 3×4 (3 lembar).
  2. Copy/scan KTP.
  3. Copy/scan ijazah terakhir.
  4. Copy/scan sertifikat yang relevan.
  5. CV pengalaman kerja yang relevan.
  6. Portofolio yang relevan.

 

METODE

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
  3. Ketentuan Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
    • Koneksi internet yang stabil.
    • Buku dan alat tulis.
    • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
  1. Platform yang digunakan

    • Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
    • Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
  1. Cara masuk ke video conference

    • Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
    • Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
    • Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

METODE ASSESSMENT

  • Assesssment dilaksanakan secara online/tatap muka dengan teknik assessment wawancara/ ujian tulis/ praktik/ portfolio, atau gabungan teknik-teknik tersebut.
  • Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan peserta dan Asesor, setelah kuota terpenuhi 5 peserta/batch, dan semua dokumen persyaratan dilengkapi.

INSTRUKTUR

Rahimudin, ST., MT.

And team.

JADWAL TRAINING 2025

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

 23-24 Juni 2025 | 25-26 Juni 2025 |30 Juni – 1 Juli 2025 |

2-3 Juli 2025 | 4-5 Juli 2025 | 7-8 Juli 2025 | 9-10 Juli 2025 | 11-12 Juli 2025 | 14-15 Juli 2025 | 16-17 Juli 2025 | 18-19 Juli 2025 | 21-22 Juli 2025 | 23-24 Juli 2025 | 25-26 Juli 2025 | 28-29 Juli 2025 | 30-31 Juli 2025 |

1-2 Agustus 2025 | 4-5 Agustus 2025 | 6-7 Agustus 2025 | 8-9 Agustus 2025 | 11-12 Agustus 2025 | 13-14 Agustus 2025 | 15-16 Agustus 2025 | 18-19 Agustus 2025 | 20-21 Agustus 2025 | 22-23 Agustus 2025 | 25-26 Agustus 2025 | 27-28 Agustus 2025 | 29-30 Agustus 2025 |

1-2 September 2025 | 3-4 September 2025 | 8-9 September 2025 | 10-11 September 2025 | 12-13 September 2025 | 15-16 September 2025 | 17-18 September 2025 | 19-20 September 2025 | 22-23 September 2025 | 24-25 September 2025 | 26-27 September 2025 | 29-30 September 2025 |

1-2 Oktober 2025 | 3-4 Oktober 2025 | 6-7 Oktober 2025 | 8-9 Oktober 2025 | 10-11 Oktober 2025 | 13-14 Oktober 2025 | 15-16 Oktober 2025 | 17-18 Oktober 2025 | 20-21 Oktober 2025 |22-23 Oktober 2025 | 24-25 Oktober 2025 | 27-28 Oktober 2025 | 29-30 Oktober 2025 | 31 Oktober – 1 November 2025 |

3-4 November 2025 | 5-6 November 2025 | 7-8 November 2025 | 10-11 November 2025 | 12-13 November 2025 | 14-15 November 2025 | 17-18 November 2025 | 19-20 November 2025 | 21-22 November 2025 | 24-25 November 2025 | 26-27 November 2025 | 28-29 November 2025 |

1-2 Desember 2025 | 3-4 Desember 2025 | 5-6 Desember 2025 | 8-9 Desember 2025 | 10-11 Desember 2025 | 12-13 Desember 2025 | 15-16 Desember 2025 | 17-18 Desember 2025 | 19-20 Desember 2025 | 22-23 Desember 2025 | 26-27 Desember 2025 | 29-30 Desember 2025 |

 

INVESTASI DAN FASILITAS

Metode Pelaksanaan Harga & Fasilitas

Opsi 1 – Pelatihan Online

  • Training Online Rp 3.800.000 per peserta.
  • Pelaksanaan training selama 2 hari half day (08.00 – 12.00 WIB atau 13.00 – 17.00 WIB).
  • Menggunakan aplikasi Zoom/Google Meet
  • Sudah Termasuk : Sertifikat Training Softfile & Hardfile, Pengiriman Sertifikat ke Alamat Peserta, Softfile Materi

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Rp 6.800.000,- per peserta

  • Kuota minimal 1 peserta dan bisa request jadwal

  • Bebas pajak

  • Durasi Training 2 hari, 8 jam per hari (08.00-16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel El Royale Malioboro, Yogyakarta ATAU

  • Hotel Malyabhara Malioboro, Yogyakarta

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break

  • Belum termasuk : Penginapan dan Transportasi Peserta

  • Tersedia harga khusus jika training yang sama diikuti oleh beberapa peserta dari perusahaan yang sama

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Solo, Semarang

  • Rp 6.800.000,- per peserta

  • Kuota minimal 2 peserta dan bisa request jadwal

  • Bebas pajak

  • Durasi Training 2 hari, 8 jam per hari (08.00-16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang

  • Hotel Ibis, Solo

  • dll

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break

  • Belum termasuk : Penginapan dan Transportasi Peserta

  • Tersedia harga khusus jika training yang sama diikuti oleh beberapa peserta dari perusahaan yang sama

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Surabaya, Bandung

  • Rp 7.800.000,- per peserta

  • Kuota minimal 2 peserta dan bisa request jadwal

  • Bebas pajak

  • Durasi Training 2 hari, 8 jam per hari (08.00-16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Kimaya Braga, Bandung

  • Hotel Midtown, Surabaya

  • Hotel Asyana Kemayoran, Jakarta

  • dll

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break

  • Belum termasuk : Penginapan dan Transportasi Peserta

  • Tersedia harga khusus jika training yang sama diikuti oleh beberapa peserta dari perusahaan yang sama

Opsi 5 –

Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Batam, Medan, Balikpapan, Bali dll)

  • Rp 8.800.000,- per peserta

  • Kuota minimal 3 peserta dan bisa request jadwal

  • Bebas pajak

  • Durasi Training 2 hari, 8 jam per hari (08.00-16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta, Bali

  • Hotel Nagoya Plaza, Batam

  • Hotel Fave, Balikpapan

  • Hotel Aston, Manado

  • Hotel Lombok Raya, Mataram

  • dll

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break

  • Belum termasuk : Penginapan dan Transportasi Peserta

  • Tersedia harga khusus jika training yang sama diikuti oleh beberapa peserta dari perusahaan yang sama

Assessment Sertifikasi BNSP

  • Biaya Assessment Rp 3.000.000 per peserta.
  • Minimal kuota 6 peserta/batch dan bisa request tanggal.
  • Metode assessment dapat dilaksanakan secara offline di TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang disepakati.
  • Pelaksanaan assessment selama 1 hari (waktu akan diinformasikan kembali).
  • Sertifikat BNSP akan dikirimkan kepada peserta yang dinyatakan Kompeten (K), dalam jangka waktu 1-2 bulan setelah assessment.
  • Belum termasuk :
  • Biaya TUK, transport, serta akomodasi asesor dan peserta, jika assessment dilaksanakan secara offline.

 

Formulir Pre-Registrasi

Silakan diisikan Formulir ini jika Anda ingin mendapatkan tambahan info dan penawaran resmi dari kami. Staf kami akan segera menghubungi Anda pada hari dan jam kerja resmi

Silakan di copy paste Judul training yang Anda butuhkan
Isi tanggal training di materi promosi / tanggal training yang diinginkan
Bisa diisi dengan perkiraan peserta yang akan ikut
Harus email yang paling sering digunakan, sebaiknya email kantor
Alamat Perusahaan atau alamat pribadi, jika sedang tidak terikat institusi tertentu
Wajib diisi, jika Anda akan ikut training dari perusahaan