Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

Sertifikasi POPU – BNSP

POPU – PENANGGUNG JAWAB OPERASIONAL INSTALASI PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA – TRAINING & SERTIFIKASI BNSP

Available Online & Offline Training

  • 21-22 Juni 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
  • 23-24 Juni 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan scroll ke bawah.

DESKRIPSI

Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (POPU) adalah personil yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap penyusunan rencana, pengoperasian dan pengoptimasian pengoperasian peralatan pengendalian pencemaran udara, perawatan peralatan pengendalian pencemaran udara, serta melaksanakan tanggap darurat dalam pengendalian pencemaran udara. Sesuai Landasan Hukum P.6/MENLHK/SETJEN /KUM.1/2/2018 bahwa Petugas POPU dalam melaksanakan tugasnya wajib memiliki kompetensi sebagaimana yang dimaksud adalah sertifikat kompetensi.

TUJUAN

Memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja pada jabatan Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (POPU).

KLASIFIKASI LEVEL SKEMA

Penanggung Jawab/ Operator

STANDAR ACUAN

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 187 Tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kerja Nasional Indonesia Kategori Pengadaan Udara, Pengelolaan Sampah dan Daur Ulang, Pembuangan dan Pembersihan Limbah dan Sampah Golongan Pokok Pengelolaan Limbah Bidang Pengelolaan Limbah Industri

MATERI/UNIT KOMPETENSI SERTIKASI POPU

  1. Mengoperasikan Alat Pengendali Pencemaran Udara dari emisi
  2. Melakukan Perawatan Peralatan Pengendali Pencemaran Udara
  3. Menilai Tingkat Pencemaran Udara dari emisi
  4. Mengidentifikasi Bahaya Dalam Pengendalian Pencemaran Udara dari emisi
  5. Melakukan Tindakan K3 Terhadap Bahaya dalam Pengendalian Pencemaran Udara dari emisi

 

SASARAN PESERTA

  1. Pekerja berpengalaman dalam bidang Pengendalian Pencemaran Udara, Operator dan setingkatnya
  2. Para praktisi bidang Lingkungan.

 

PERSYARATAN PEMOHON SERTIFIKASI

  1. Fotokopi ijazah D-3 (Diploma-Tiga) Rumpun Ilmu Lingkungan, dan fotokopi surat keterangan bukti pengalaman kerja paling sedikit 1 (satu) tahun di bidang operasional pengendalian pencemaran udara, atau
  2. Fotokopi ijazah D-3 (Diploma-Tiga) Selain Rumpun Ilmu Lingkungan, dan fotokopi surat keterangan bukti pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun di bidang operasional pengendalian pencemaran udara, atau
  3. Fotokopi ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan fotokopi surat keterangan bukti dengan bukti pengalaman kerja paling sedikit 4 (empat) tahun di bidang operasional pengendalian pencemaran udara,
  4. Surat rekomendasi dari pimpinan usaha dan /atau kegiatan
  5. Fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi di bidang operasional pengendalian pencemaran udara,

 

DOKUMEN PERSYARATAN PESERTA

Pemohon mengisi formulir Permohonan Sertifikasi yang dilengkapi dengan bukti :

  1. Copy Identitas (KTP)
  2. Pas Foto 3×4 background merah sebanyak 2 lembar
  3. Bukti yang mendukung (Portofolio):
    1. Copy ijazah terakhir
    2. Copy sertifikat pelatihan
    3. Daftar riwayat hidup
    4. Jobsdesk (uraian pekerjaan)
    5. Surat rekomendasi dari pimpinan Perusahaan /Surat keterangan kerja
    6. Laporan kerja berupa :
      • Hasil identifikasi sumber dan karakteristik emisi
      • Fotokopi Persetujuan Teknik/SLO Pembuangan Emisi
      • Fotokopi hasil uji udara emisi terakhir dan analisis data
      • Laporan UKL/UPL/ RKL/RPL
      • Fotokopi Tanda Terima Elektronik (TTE) SIMPEL Pengendalian Pencemaran Udara.
      • Tabel daftar alat pengendali udara emisi.
      • Fotokopi logbook operasional alat pengendali.
      • Foto cerobong dan kelengkapan sarana prasarana sampling pada cerobong.
      • Dokumentasi penggunaan APD di area pengendalian pencemaran udara/saat sampling udara emisi.
      • SOP yang berkaitan dengan K3 dan tanggap darurat pengendalian pencemaran udara. Contoh : SOP Tanggap Darurat.

 

METODE

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
  3. Ketentuan Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
    • Koneksi internet yang stabil.
    • Buku dan alat tulis.
    • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
  1. Platform yang digunakan

    • Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
    • Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
  1. Cara masuk ke video conference

    • Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
    • Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
    • Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

METODE ASSESSMENT

  1. Teknik assesment yang digunakan yaitu dengan verifikasi portofolio (Ujian Tertulis dan Wawancara) atau Demonstrasi /Observasi Praktik (Pertanyaan Lisan- Pertanyaan pendukung)
  2. Assesssment dilaksanakan secara online dengan durasi sekitar 1-2 jam.
  3. Jadwal dan waktu assessment dapat disepakati.
  4. Media yang digunakan adalah Zoom/Google Meet.

 

 

INSTRUKTUR

Tim Expertindo

Jadwal Training

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

| 16-17 Juni 2025
| 18-19 Juni 2025
| 20-21 Juni 2025
| 23-24 Juni 2025
| 25-26 Juni 2025
|30 Juni – 1 Juli 2025

| 2-3 Juli 2025
| 4-5 Juli 2025
| 7-8 Juli 2025
| 9-10 Juli 2025
| 11-12 Juli 2025
| 14-15 Juli 2025
| 16-17 Juli 2025
| 18-19 Juli 2025
| 21-22 Juli 2025
| 23-24 Juli 2025
| 25-26 Juli 2025
| 28-29 Juli 2025
| 30-31 Juli 2025

| 1-2 Agustus 2025
| 4-5 Agustus 2025
| 6-7 Agustus 2025
| 8-9 Agustus 2025
| 11-12 Agustus 2025
| 13-14 Agustus 2025
| 15-16 Agustus 2025
| 18-19 Agustus 2025
| 20-21 Agustus 2025
| 22-23 Agustus 2025
| 25-26 Agustus 2025
| 27-28 Agustus 2025
| 29-30 Agustus 2025

| 1-2 September 2025
| 3-4 September 2025
| 8-9 September 2025
| 10-11 September 2025
| 12-13 September 2025
| 15-16 September 2025
| 17-18 September 2025
| 19-20 September 2025
| 22-23 September 2025
| 24-25 September 2025
| 26-27 September 2025
| 29-30 September 2025

| 1-2 Oktober 2025
| 3-4 Oktober 2025
| 6-7 Oktober 2025
| 8-9 Oktober 2025
| 10-11 Oktober 2025
| 13-14 Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025

| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025

| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025

 

INVESTASI DAN FASILITAS

Jenis Program

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Rp 3.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile), sertifikat training (softfile & hardfile), pengiriman sertifikat ke alamat peserta.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Malyabhara, Malioboro, atau

  • Hotel El Royal, Malioboro

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Semarang, Solo

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang, atau

  • Hotel Ibis, Solo

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya

  • Rp 7.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Asyana Kemayoran Jakarta, atau

  • Hotel Amaris Kemang Jakarta, atau

  • Hotel Panen Bandung, atau

  • Hotel Fave Malang, atau

  • Hotel Midtown Surabaya

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 5 –

Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll)

  • Rp 8.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 3 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta Bali, atau

  • Hotel Lombok Raya Mataram, atau

  • Hotel Fave Balikpapan, atau

  • Hotel Beverly Batam, dll

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Online Assessment

  • Rp 5.600.000 per peserta

  • Minimal kuota 3 peserta.

  • Pelaksanaan assessment secara online

  • Sertifikat BNSP (jika lulus) akan dikirimkan dalam waktu 1-3 bulan setelah assessment.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

PENUTUP

Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (POPU)” untuk peningkatan kinerja. Semoga Kami dapat menjadi mitra dalam pencapaian kompetensi ini.

Formulir Pre-Registrasi

Silakan diisikan Formulir ini jika Anda ingin mendapatkan tambahan info dan penawaran resmi dari kami. Staf kami akan segera menghubungi Anda pada hari dan jam kerja resmi

Silakan di copy paste Judul training yang Anda butuhkan
Isi tanggal training di materi promosi / tanggal training yang diinginkan
Bisa diisi dengan perkiraan peserta yang akan ikut
Harus email yang paling sering digunakan, sebaiknya email kantor
Alamat Perusahaan atau alamat pribadi, jika sedang tidak terikat institusi tertentu
Wajib diisi, jika Anda akan ikut training dari perusahaan

Tags:  , , ,