PUBLIC RELATIONS COORDINATOR – TRAINING & SERTIFIKASI BNSP

TRAINING PUBLIC RELATIONS COORDINATOR – SERTIFIKASI BNSP
Available Online & Offline Training
- 12-13 November 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta (Confirmed Running)
- 27-28 November 2025, Hotel Asyana, Kemayoran, Jakarta (Almost Running)
- 8-9 Desember 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta (Confirmed Running)
Tanggal dan Lokasi training lainnya silakan KLIK DI SINI
Deskripsi
Pelatihan ini dirancang untuk mempersiapkan peserta mengikuti uji kompetensi BNSP pada skema Public Relations Coordinator, dengan fokus pada penguasaan keterampilan strategis dan operasional di bidang kehumasan. Peserta akan mempelajari pelaksanaan riset PR, perencanaan identitas organisasi, pengelolaan hubungan dengan media, serta koordinasi pelaksanaan event khusus, konferensi, dan kegiatan komunikasi institusi lainnya. Selain itu, pelatihan juga membekali peserta dengan kemampuan menyusun materi komunikasi seperti pidato, briefing, company profile, laporan kehumasan, serta dokumentasi kegiatan secara profesional.
Tujuan
- Membekali peserta dengan kemampuan koordinatif dan komunikatif dalam merancang dan menjalankan program kehumasan lintas fungsi di organisasi.
- Meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat berbagai materi komunikasi institusi dan menjalin hubungan strategis dengan media.
- Mempersiapkan peserta untuk mengikuti uji kompetensi BNSP sebagai Public Relations Coordinator dengan standar profesional di bidang komunikasi korporat dan kelembagaan.
Materi Training Public Relations Coordinator
- Melaksanakan Riset Public Relations
- Melaksanakan Koordinasi Lintas Fungsi dalam Organisasi
- Merancang Indentitas Organisasi/ Institusi
- Menjalin Hubungan dengan Media
- Melaksanakan Special Event (ajang khusus) Kehumasan
- Melaksanakan Master of Ceremony
- Melaksanakan Kegiatan Seminar, Konferensi, Lokakarya dan Rapat
- Membuat Materi Ringkasan (Briefing Material)
- Membuat Pidato
- Membuat Company Profile dan Laporan Tahunan
- Membuat Laporan Program Kehumasan
- Membuat Dokumentasi Kegiatan
Dokumen Persyaratan Sertifikasi
- Pendidikan minimal S1
- Fotocopy KTP
- Pas Foto 3×4 (2 lembar)
- Fotocopy Ijazah terakhir
- Sertifikat pelatihan terkait skema yang diambil (Bila Ada)
- Surat pengalaman kerja sesuai bidang keahlian (Bila Ada)
- Showreel (Bila Ada)
ATAU
- Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat
- Pengalaman mminimal 3 tahun
- Fotocopy KTP
- Pas Foto 3×4 (2 lembar)
- Fotocopy Ijazah terakhir
- Ciruculum Vitae (CV)
- Sertifikat Pelatihan atau Penghargaan terkait skema yg diambil, atau
- Surat pengalaman kerja (Asli dan Fotocopy) minimal 3 tahun terkait bidang.
- Link Showreel (Bila Ada)
*Dokumen diserahkan dalam bentuk Hardcopy (saat Hari H kepada panitia) dan softcopy melalui google form.
METODE
Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :
Metode Offline Training (Classroom) yaitu:
- Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.
Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:
- Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
- Ketentuan Online Training :
-
Persiapan Peserta
-
- Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
- Koneksi internet yang stabil.
- Buku dan alat tulis.
- Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
-
Platform yang digunakan
-
- Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
- Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
-
Cara masuk ke video conference
-
- Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
- Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
- Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.
INSTRUKTUR
Nararya Rahadyan Budiyono, S.Pd., M.Pd.
and team.
JADWAL TRAINING 2025
Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:
Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025
November 2025
| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025
Desember 2025
| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025
INVESTASI DAN FASILITAS
|
Jenis Program |
Harga & Fasilitas |
|
Opsi 1 – Pelatihan Online |
|
|
Opsi 2 – Pelatihan Offline di Yogyakarta |
|
|
Opsi 3 – Pelatihan Offline di Semarang, Solo |
|
|
Opsi 4 – Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya |
|
|
Opsi 5 – Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll) |
|
|
Offline Assessment |
|
Penutup
Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Public Relations Coordinator” untuk peningkatan kinerja.
TRAINING PUBLIC RELATIONS COORDINATOR – SERTIFIKASI BNSP

