Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

PUBLIC RELATIONS COORDINATOR – TRAINING & SERTIFIKASI BNSP

PUBLIC RELATIONS COORDINATOR

TRAINING PUBLIC RELATIONS COORDINATOR – SERTIFIKASI BNSP

Available Online & Offline Training

  • 12-13 November  2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta (Confirmed Running)
  • 27-28 November 2025,  Hotel Asyana, Kemayoran, Jakarta  (Almost Running)
  • 8-9 Desember 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta (Confirmed Running)

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan KLIK DI SINI

 

Deskripsi

Pelatihan ini dirancang untuk mempersiapkan peserta mengikuti uji kompetensi BNSP pada skema Public Relations Coordinator, dengan fokus pada penguasaan keterampilan strategis dan operasional di bidang kehumasan. Peserta akan mempelajari pelaksanaan riset PR, perencanaan identitas organisasi, pengelolaan hubungan dengan media, serta koordinasi pelaksanaan event khusus, konferensi, dan kegiatan komunikasi institusi lainnya. Selain itu, pelatihan juga membekali peserta dengan kemampuan menyusun materi komunikasi seperti pidato, briefing, company profile, laporan kehumasan, serta dokumentasi kegiatan secara profesional.

 

Tujuan

  1. Membekali peserta dengan kemampuan koordinatif dan komunikatif dalam merancang dan menjalankan program kehumasan lintas fungsi di organisasi.
  2. Meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat berbagai materi komunikasi institusi dan menjalin hubungan strategis dengan media.
  3. Mempersiapkan peserta untuk mengikuti uji kompetensi BNSP sebagai Public Relations Coordinator dengan standar profesional di bidang komunikasi korporat dan kelembagaan.

Materi Training Public Relations Coordinator

  1. Melaksanakan Riset Public Relations
  2. Melaksanakan Koordinasi Lintas Fungsi dalam Organisasi
  3. Merancang Indentitas Organisasi/ Institusi
  4. Menjalin Hubungan dengan Media
  5. Melaksanakan Special Event (ajang khusus) Kehumasan
  6. Melaksanakan Master of Ceremony
  7. Melaksanakan Kegiatan Seminar, Konferensi, Lokakarya dan Rapat
  8. Membuat Materi Ringkasan (Briefing Material)
  9. Membuat Pidato
  10. Membuat Company Profile dan Laporan Tahunan
  11. Membuat Laporan Program Kehumasan
  12. Membuat Dokumentasi Kegiatan

 

Dokumen Persyaratan Sertifikasi

  1. Pendidikan minimal S1
  2. Fotocopy KTP
  3. Pas Foto 3×4 (2 lembar)
  4. Fotocopy Ijazah terakhir
  5. Sertifikat pelatihan terkait skema yang diambil (Bila Ada)
  6. Surat pengalaman kerja sesuai bidang keahlian (Bila Ada)
  7. Showreel (Bila Ada)

ATAU

  1. Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat
  2. Pengalaman mminimal 3 tahun
  3. Fotocopy KTP
  4. Pas Foto 3×4 (2 lembar)
  5. Fotocopy Ijazah terakhir
  6. Ciruculum Vitae (CV)
  7. Sertifikat Pelatihan atau Penghargaan terkait skema yg diambil, atau
  8. Surat pengalaman kerja (Asli dan Fotocopy) minimal 3 tahun terkait bidang.
  9. Link Showreel (Bila Ada)

*Dokumen diserahkan dalam bentuk Hardcopy (saat Hari H kepada panitia) dan softcopy melalui google form.

 

METODE

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
  3. Ketentuan Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
    • Koneksi internet yang stabil.
    • Buku dan alat tulis.
    • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
  1. Platform yang digunakan

    • Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
    • Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
  1. Cara masuk ke video conference

    • Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
    • Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
    • Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

INSTRUKTUR

Nararya Rahadyan Budiyono, S.Pd., M.Pd.

and team.

 

JADWAL TRAINING 2025

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

Oktober 2025

| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025

November 2025

| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025

Desember 2025

| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025

  

 INVESTASI DAN FASILITAS

Jenis Program

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Rp 3.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile), sertifikat training (softfile & hardfile), pengiriman sertifikat ke alamat peserta.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Malyabhara, Malioboro, atau

  • Hotel El Royal, Malioboro

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Semarang, Solo

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang, atau

  • Hotel Ibis, Solo

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya

  • Rp 7.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Asyana Kemayoran Jakarta, atau

  • Hotel Amaris Kemang Jakarta, atau

  • Hotel Panen Bandung, atau

  • Hotel Fave Malang, atau

  • Hotel Midtown Surabaya

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 5 –

Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll)

  • Rp 8.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 3 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta Bali, atau

  • Hotel Lombok Raya Mataram, atau

  • Hotel Fave Balikpapan, atau

  • Hotel Beverly Batam, dll

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Offline Assessment

  • Rp 4.600.000 per peserta

  • Minimal kuota menyesuaikan lokasi TUK.

  • Sertifikat BNSP (jika lulus) akan dikirimkan dalam waktu 1-3 bulan setelah assessment.

  • Belum termasuk : PPN 11%, dan belum termasuk transport & akomodasi tim asesor, meeting room, dan konsumsi jika pelaksanaan diluar kantor LSP.

Penutup

Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Public Relations Coordinator” untuk peningkatan kinerja. 

TRAINING PUBLIC RELATIONS COORDINATOR – SERTIFIKASI BNSP

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. Mengisi formulir ini belum mengikat peserta harus ikut training. Kami akan mengirimkan lembar verifikasi pendaftaran, dan hanya pendaftar terverifikasi yang akan terdaftar sebagai peserta training
  2. (required)
  3. KEBUTUHAN TRAINING
  4. (required)
  5. (required)
  6. DATA PRIBADI
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
  10. (valid email required)
  11. (required)
  12. DATA PERUSAHAAN
  13. Wajib diisi jika peserta akan ikut training dari Perusahaan
  1. Pengisian data yang lengkap akan lebih kami apresiasi dan prioritaskan untuk diproses
 

Public Relations Coordinator - Sertifikasi BNSP

Public Relations Coordinator – Sertifikasi BNSP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.