Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

PROCUREMENT AND CONTRACT MONITORING

ACARA

22 – 24 April 2020 | Rp 6.500.000/ peserta di Yogyakarta
18 – 20 Mei 2020 | Rp 6.500.000/ peserta di Yogyakarta
08 – 10 Juni 2020 | Rp 6.500.000/ peserta di Yogyakarta

Jadwal Training 2020 Selanjutnya …

 

 

OBJECTIVE

Paradigma bisnis modern memandang bagian procurement tidak lagi sebagai kegiatan operasional dan administrative perusahaan , tetapi sudah bergeser sebagai  “strategic business area”. Pada tataran ini procurement tidak hanya dipandang sebagai bagian dari  logistic namun sudah merupakan fungsi strategis bagi bisnis perusahaan.  Bagian pengadaan dituntut  untuk  memberikan kontribusi bagi keberlangsungan perusahaan   dengan target Quality, Cost, Delivery, Safety dan Customer satisfaction yang excellent.

Kesuksesan pengadaaan sangat dipengaruhi oleh strategi yang digunakan dalam pemilihan supplier ,proses pengiriman dan proses administrasinya. strategi procurement  dapat didefinisikan sebagai suatu inisiatif yang direncanakan untuk mengoptimalkan pembelanjaan dengan memilih pemasok yang dapat menciptakan peningkatan pengetahuan dan nilai lebih dalam hubungan pelanggan-pemasok. Sacara teoritis kegiatan ini  mudah,namun dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi dengan supplier dan lainnya.  Dengan adanya beberapa kasus  tersebut, perlu bagi personel procurement  untuk memahami  tentang bagaimana menyusun  , menganalisa dan memonitor kontrak dalam procurement agar pengadaan berjalan efisien dan efektif serta   menghindari terjadinya  kesalahpahaman dan konflik dengan supplier. Training ini akan membahas  procurement   dan  monitoring kontrak  dalam procurement.

 

PROCUREMENT AND CONTRACT MONITORING OUTLINE

1. Introduction to Procurement di oil and gas industry

  • Karakteristik  procurement di pertambangan dan migas
  • Siklus Procurement
  • Peraturan yang terkait

2. Procurement Principles

  • Prinsip dasar pembelian
  • Peran strategis pembelian
  • Struktur organisasi pembelian
  • Administrasi pembelian
  • Procurement plan
  • Purchase requisition

3. Supplier Relationship Management

  • Perbedaan antara SRM dan hubungan tradisional dengan Supplier
  • Jenis-Jenis relationship dengan Supplier
  • Mengelola relationship dengan supplier
  • Proses seleksi dan kualifikasi Supplier
  • Metode evaluasi kinerja Supplier

4. Metode Sourcing in oil and gas  industry

  • Identifikasi supplier
  • Klasifikasi supplier
  • Bid collection
  • Metode survey harga
  • Benchmarking

5. Teknik Menganalisa Penawaran

  • Membaca quotation serta terms and conditions
  • Survey lapangan
  • Sampling produk
  • Survey pasar
  • Bid comparison

6. Tender Management

  • Regulasi dan kebijakan tender
  • Dokumen dan administrasi tender
  • Pra kualifikasi dan pasca kualifikasi
  • HPS/OE
  • Analisa dan evaluasi tender

7. Vendor Managed Inventory

  • Konsep VMI
  • Perbedaan VMI dengan JIT
  • Syarat pelaksanaan VMI
  • Penyusunan terms and conditions VMI

 

WHO SHOULD ATTEND?

Supply Chain/Logistik, Procurement/Purchasing, Komite Pembelian,General Affair, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan,Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses pembelian  dengan pemasok.

 

INSTRUCTOR 

Ir. Setyawan Hardan, M.Sc.  and Team

Ir. Setyawan Hardan, M.Sc. lahir di Yogyakarta, 7 Juli 1953. Beliau lulusan dari Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1977, dan Agricultural Engineering, Central Luzon State University, Philippines, tahun 1987. Selain pendidikan formal tersebut, Beliau juga mengikuti pelatihan-pelatihan/kursus di dalam dan luar negeri seperti di Netherland, Jerman dan Australia. Beliau memiliki pengalaman kerja yang banyak di antaranya Maintenance Engineer , Alat alat berat, PT. Hutama Karya, Dosen/Staf Pengajar Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Kepala Bagian Pengadaan Proyek NES( Nucleus Estate, for Small Holder ( World Bank), Evaluasi Kapasitas Pabrik Gula Gempol Krep, PTPN X. Mojokerto, Jawa Timur, Perencana dan pengawas konstruksi Dust Collector Pabrik Gula Tjukir, PTPN X Jawa Timur, Dosen/Staf Pengajar, Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta, Kepala Bagian Teknik, Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta, Direktur Utama PT. LPP Agro Multi Prima Jasa, Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta, Engineering & Factory Maintenance, Pabrik Gula dan Pabrik Kelapa Sawit, Assisten Direktur Pengembangan merangkap Corporate Secretary, PT. Dapenbun Nusantara Jakarta, dan menjadi trainer dan konsultan. Bapak Setyawan Hardan sudah sering menjadi instruktur untuk judul-judul terkait bidang teknik mesin dan juga Pengembangan Sumberdaya Manusia/Manajemen. Banyak perusahaan yang sudah pernah menjadi peserta training Beliau diantaranya PT. Pertamina, PT. Chevron, PT. Ipmomi, PT. Semen Gresik, PT. Pusri, PT. Petro Kimia Gresik, PT. Pupuk Kujang, PT. PLN, PT. Medco, PT. Adaro, PT. Arutmin, PT. Pupuk Kaltim, PT. Total Indonesie, PT. Perkebunan Nusantara XIII, PT. Perkebunan Nusantara X, PT. Perhutani, Rumah Sakit, DPRD, Partai, Departemen Perindustrian, Pemda, dan lain-lain.



VENUE

Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION 

3 days

 

JADWAL TRAINING

  1. 22 Apr 2020-24 Apr 2020
  2. 18 Mei 2020-20 Mei 2020
  3. 08 Jun 2020-10 Jun 2020
  4. 22 Jul 2020-24 Jul 2020
  5. 10 Agust 2020-12 Agust 2020
  6. 23 Sep 2020-25 Sep 2020
  7. 12 Okt 2020-14 Okt 2020
  8. 09 Nop 2020-11 Nop 2020
  9. 22 Des 2020-24 Des 2020

 

INVESTATION PRICE/ PERSON 

  1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of procurement and contract monitoring training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)

 

PROCUREMENT AND CONTRACT MONITORING

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days