Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

PENYELIA LABORATORIUM – TRAINING DAN SERTIFIKASI BNSP

PENYELIA LABORATORIUM – TRAINING DAN SERTIFIKASI BNSP

Available Online & Offline Training

  • 7-8 Juli 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
  • 14-15 Juli 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
  • 27-28 Agustus 2025,  Hotel Isyana, Kemayoran, Jakarta (Almost Running)

*Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan KLIK DI SINI

 

DESKRIPSI

Pelatihan ini ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dalam mengelola operasional laboratorium, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, serta menjaga sistem mutu dan efisiensi kerja. Peserta akan mempelajari tata kelola dokumen, pengawasan tim, pemeliharaan sistem mutu, audit internal, hingga pemantauan kualitas hasil pengujian. Dengan kombinasi teori dan praktik, pelatihan ini memastikan peserta mampu menjadi penyelia laboratorium yang profesional dan kompeten sesuai standar BNSP.

TUJUAN

  1. Meningkatkan kemampuan dalam mengelola operasional laboratorium secara efektif, termasuk pengawasan tim, pemantauan hasil kerja, dan penerapan sistem manajemen mutu.
  2. Mampu melaksanakan audit internal, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, serta menjaga standar lingkungan dan keselamatan kerja (K3).
  3. Mengembangkan prosedur pengujian dan pemantauan mutu hasil laboratorium, serta menerapkan perbaikan berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi laboratorium.

 

MATERI/UNIT KOMPETENSI PENYELIA LABORATORIUM

  1. Menerapkan dan Memantau Praktek Kerja Ramah Lingkungan
  2. Mengembangkan dan Memelihara Dokumen Laboratorium
  3. Mengelola dan Mengembangkan Tim
  4. Mengawasi Operasional Laboratorium dalam Area Kerja/Fungsional
  5. Menjaga Registrasi dan Undang-Undang atau Hukum Kepatuhan di Area Kerja Fungsional
  6. Memelihara Sistem Mutu dan Proses Peningkatan Secara Berkelanjutan di dalam Lingkungan Kerja
  7. Melaksanakan dan memantau Sistem Manajemen K3 dan Lingkungan
  8. Melaksanakan Audit Internal Terhadap Sistem Mutu
  9. Mengevaluasi dan Memilih Metode dan/ Atau Prosedur Pengujian yang Sesuai
  10. Mengembangkan atau Mengadaptasi Analisis Prosedur
  11. Integrasi Akuisisi Data dan Sistem Antarmuka
  12. Memantau Mutu Hasil dan Data Pengujian
  13. Melakukan Pemeliharaan Bahan Acuan

 

 

PERSYARATAN PEMOHON SERTIFIKASI PENYELIA LABORATORIUM

  1. D3 Analis Kimia/ Kimia Industri / Farmasi / Lingkungan
  2. Sertifikat Pelatihan Penyelia Laboratorium
  3. Pengalaman 2 Th Sbg Penyelia Laboratorium

 

 

DOKUMEN PERSYARATAN SERTIFIKASI

  1. Pas foto 3×4 (3 lembar).
  2. Copy/scan KTP.
  3. Copy/scan ijazah terakhir.
  4. Copy/scan sertifikat yang relevan.
  5. Curriculum vitae
  6. CV pengalaman kerja/surat keterangan yang relevan.
  7. Portofolio yang relevan.

 

METODE

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
  3. Ketentuan Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
    • Koneksi internet yang stabil.
    • Buku dan alat tulis.
    • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
  1. Platform yang digunakan

    • Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
    • Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
  1. Cara masuk ke video conference

    • Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
    • Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
    • Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

METODE ASSESSMENT

  • Assesssment dilaksanakan tatap muka dengan teknik assessment wawancara/ ujian tulis/ praktik/ portfolio, atau gabungan teknik-teknik tersebut.
  • Jadwal Assessment tersedia tiap Kamis – Sabtu.
  • Tempat assessment bisa di kantor LSP di Jakarta.
  • Jika ingin jadwal atau tempat lain, silahkan diskusikan dengan tim kami.

 

INSTRUKTUR

Trio Yonathan Teja Kusuma, ST, MT.

And team.

Jadwal Training 2025

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

| 2-3 Juli 2025
| 4-5 Juli 2025
| 7-8 Juli 2025
| 9-10 Juli 2025
| 11-12 Juli 2025
| 14-15 Juli 2025
| 16-17 Juli 2025
| 18-19 Juli 2025
| 21-22 Juli 2025
| 23-24 Juli 2025
| 25-26 Juli 2025
| 28-29 Juli 2025
| 30-31 Juli 2025

| 1-2 Agustus 2025
| 4-5 Agustus 2025
| 6-7 Agustus 2025
| 8-9 Agustus 2025
| 11-12 Agustus 2025
| 13-14 Agustus 2025
| 15-16 Agustus 2025
| 18-19 Agustus 2025
| 20-21 Agustus 2025
| 22-23 Agustus 2025
| 25-26 Agustus 2025
| 27-28 Agustus 2025
| 29-30 Agustus 2025

| 1-2 September 2025
| 3-4 September 2025
| 8-9 September 2025
| 10-11 September 2025
| 12-13 September 2025
| 15-16 September 2025
| 17-18 September 2025
| 19-20 September 2025
| 22-23 September 2025
| 24-25 September 2025
| 26-27 September 2025
| 29-30 September 2025

| 1-2 Oktober 2025
| 3-4 Oktober 2025
| 6-7 Oktober 2025
| 8-9 Oktober 2025
| 10-11 Oktober 2025
| 13-14 Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025

| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025

| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025

 

INVESTASI DAN FASILITAS

Metode Pelaksanaan

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Training Online Rp 4.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Menggunakan aplikasi Zoom/Google Meet

  • Sudah Termasuk : Sertifikat Training Softfile & Hardfile, Pengiriman Sertifikat ke Alamat Peserta, Softfile Materi.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel El Royale, Yogyakarta ATAU

  • Hotel Malyabhara, Yogyakarta

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Solo, atau Semarang

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis, Solo

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung atau Surabaya

  • Training Offline Rp 7.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Kimaya Braga, Bandung

  • Hotel Midtown, Surabaya

  • Hotel Asyana Kemayoran, Jakarta

  • Hotel Amaris Kemang, Jakarta

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 5 –

Pelatihan Offline Luar Pulau Jawa (Lombok, Bali, Balikpapan, dll)

  • Training Offline Rp 8.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 3 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta, Bali

  • Hotel Beverly, Batam

  • Hotel Fave, Balikpapan

  • Hotel Aston, Manado

  • Hotel Lombok Raya, Mataram

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Assessment Sertifikasi BNSP

  • Biaya Assessment Rp 4.000.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Metode assessment dilaksanakan secara offline di TUK LSP Jakarta.

  • Pelaksanaan assessment selama 1 hari.

  • Jadwal tersedia tiap Kamis-Sabtu.

  • Sertifikat BNSP akan dikirimkan kepada peserta yang dinyatakan Kompeten (K), dalam jangka waktu 1-2 bulan setelah assessment.

  • Belum termasuk :

  • Biaya TUK, transport, serta akomodasi asesor dan peserta, jika assessment dilaksanakan secara offline diluar kantor LSP Jakarta.

  • PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Notes : jika tidak berkenan dikenakan PPN, silahkan diskusikan dengan tim marketing kami.

SERTIFIKASI PENYELIA LABORATORIUM BNSP

 

Formulir Pre-Registrasi

Silakan diisikan Formulir ini jika Anda ingin mendapatkan tambahan info dan penawaran resmi dari kami. Staf kami akan segera menghubungi Anda pada hari dan jam kerja resmi

Silakan di copy paste Judul training yang Anda butuhkan
Isi tanggal training di materi promosi / tanggal training yang diinginkan
Bisa diisi dengan perkiraan peserta yang akan ikut
Harus email yang paling sering digunakan, sebaiknya email kantor
Alamat Perusahaan atau alamat pribadi, jika sedang tidak terikat institusi tertentu
Wajib diisi, jika Anda akan ikut training dari perusahaan

Tags:  , , , , , , ,