PELAYANAN PELANGGAN (HOSPITALITY) – SERTIFIKASI BNSP

TRAINING PELAYANAN PELANGGAN (HOSPITALITY) SERTIFIKASI BNSP
Available Training Online | Training Offline | Sertifikasi Offline
- 27-28 Agustus 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
- 3-4 September 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta (Pasti Jalan)
Tanggal dan Lokasi training lainnya silakan KLIK DI SINI
DESKRIPSI
Skema Sertifikasi Pekerjaan Pelayanan Pelanggan adalah skema sertifikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sertifikasi kompetensi kerja kepada seorang yang berprofesi sebagai Customer Service di Perhotelan, perkantoran atau umum untuk meningkatkan kemampuan dan sebagai bukti legalitas seorang yang bernar-benar mempunyai keahlian di bidang kepemanduan. Kemasan yang digunakan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2018 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Penyediaan Akomodasi Dan Penyediaan Makan Minum Golongan Pokok Penyediaan Akomodasi Bidang Hotel Dan Restoran.
TUJUAN
Memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja pada jabatan Pelayanan Pelanggan.
MATERI/UNIT KOMPETENSI PELAYANAN PELANGGAN (HOSPITALITY)
- Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
- Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
- Menangani Situasi Konflik
- Menangani Keluhan
- Menangani kualitas Pelayanan pelanggan
PERSYARATAN PEMOHON SERTIFIKASI
- Minimal lulusan dengan Ijazah terakhir SMK Pariwisata yang berpengalaman kerja minimal 12 bulan atau lulusan D3 Jurusan Pariwisata yang berpengalaman kerja minimal 12 bulan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan ATAU
- Memiliki sertifikat pelatihan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan.
DOKUMEN PERSYARATAN SERTIFIKASI
- Melengkapi isian formulir permohonan (FR-APL01) dan formulir asesmen (FRAPL02), akan diinfo setelah pendaftaran atau saat pra assessment.
- Copy KTP
- CV (Curriculum Vitae)
- Pas Foto 3×4 sebanyak 4 (empat) lembar
- Copy Ijazah terakhir SMK Pariwisata dengan surat keterangan pengalaman kerja minimal 12 bulan atau lulusan D3 Jurusan Pariwisata surat keterangan pengalaman kerja minimal 12 bulan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan yang dikeluarkan oleh hotel atau industrinya, ATAU
- Copy sertifikat pelatihan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan.
- Job Desk (uraian pekerjaan yang digeluti)
METODE
Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :
Metode Offline Training (Classroom) yaitu:
- Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.
Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:
- Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
- Ketentuan Online Training :
-
Persiapan Peserta
-
- Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
- Koneksi internet yang stabil.
- Buku dan alat tulis.
- Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
-
Platform yang digunakan
-
- Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
- Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
-
Cara masuk ke video conference
-
- Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
- Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
- Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.
METODE ASSESSMENT
-
Assesssment dilaksanakan secara tatap muka dengan teknik assessment wawancara/ ujian tulis/ praktik/ portfolio, atau gabungan teknik-teknik tersebut.
-
Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan peserta dan Asesor.
INSTRUKTUR
Hasan Basri, S.E., M.Kom., And team.
JADWAL TRAINING 2025
Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:
Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025
November 2025
| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025
Desember 2025
| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025
INVESTASI DAN FASILITAS
|
Metode Pelaksanaan |
Harga & Fasilitas |
|
Opsi 1 – Pelatihan Online |
|
|
Opsi 2 – Pelatihan Offline di Yogyakarta |
|
|
Opsi 3 – Pelatihan Offline di Solo, Semarang |
|
|
Opsi 4 – Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung atau Surabaya |
|
|
Assessment Sertifikasi BNSP |
|
