Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

PELAYANAN PELANGGAN (HOSPITALITY) – SERTIFIKASI BNSP

Sertifikasi Pelayanan Pelanggan untuk hospitality, perkantoran, gedung, restoran dan umum

TRAINING PELAYANAN PELANGGAN (HOSPITALITY) SERTIFIKASI BNSP

Available Training Online | Training Offline | Sertifikasi Offline

  • 27-28 Agustus 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
  • 3-4 September 2025,  Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta (Pasti Jalan)

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan KLIK DI SINI

 

DESKRIPSI

Skema Sertifikasi Pekerjaan Pelayanan Pelanggan adalah skema sertifikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sertifikasi kompetensi kerja kepada seorang yang berprofesi sebagai Customer Service di Perhotelan, perkantoran atau umum untuk meningkatkan kemampuan dan sebagai bukti legalitas seorang yang bernar-benar mempunyai keahlian di bidang kepemanduan. Kemasan yang digunakan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2018 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Penyediaan Akomodasi Dan Penyediaan Makan Minum Golongan Pokok Penyediaan Akomodasi Bidang Hotel Dan Restoran.

 

TUJUAN

Memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja pada jabatan Pelayanan Pelanggan.

 

MATERI/UNIT KOMPETENSI PELAYANAN PELANGGAN (HOSPITALITY)

  1. Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
  2. Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
  3. Menangani Situasi Konflik
  4. Menangani Keluhan
  5. Menangani kualitas Pelayanan pelanggan

 

PERSYARATAN PEMOHON SERTIFIKASI

  1. Minimal lulusan dengan Ijazah terakhir SMK Pariwisata yang berpengalaman kerja minimal 12 bulan atau lulusan D3 Jurusan Pariwisata yang berpengalaman kerja minimal 12 bulan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan ATAU
  2. Memiliki sertifikat pelatihan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan.

 

DOKUMEN PERSYARATAN SERTIFIKASI

  1. Melengkapi isian formulir permohonan (FR-APL01) dan formulir asesmen (FRAPL02), akan diinfo setelah pendaftaran atau saat pra assessment.
  2. Copy KTP
  3. CV (Curriculum Vitae)
  4. Pas Foto 3×4 sebanyak 4 (empat) lembar
  5. Copy Ijazah terakhir SMK Pariwisata dengan surat keterangan pengalaman kerja minimal 12 bulan atau lulusan D3 Jurusan Pariwisata surat keterangan pengalaman kerja minimal 12 bulan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan yang dikeluarkan oleh hotel atau industrinya, ATAU
  6. Copy sertifikat pelatihan pada Pekerjaan Pelayanan Pelanggan.
  7. Job Desk (uraian pekerjaan yang digeluti)

 

METODE

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
  3. Ketentuan Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
    • Koneksi internet yang stabil.
    • Buku dan alat tulis.
    • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
  1. Platform yang digunakan

    • Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
    • Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
  1. Cara masuk ke video conference

    • Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
    • Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
    • Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

METODE ASSESSMENT

  • Assesssment dilaksanakan secara tatap muka dengan teknik assessment wawancara/ ujian tulis/ praktik/ portfolio, atau gabungan teknik-teknik tersebut.

  • Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan peserta dan Asesor.

INSTRUKTUR

Hasan Basri, S.E., M.Kom., And team.

 

JADWAL TRAINING 2025

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

Oktober 2025

| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025

November 2025

| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025

Desember 2025

| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025

  

 INVESTASI DAN FASILITAS

Metode Pelaksanaan

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Training Online Rp 3.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari half day (08.00 – 12.00 WIB atau 13.00 – 17.00 WIB).

  • Menggunakan aplikasi Zoom/Google Meet

  • Sudah Termasuk : Sertifikat Training Softfile & Hardfile, Pengiriman Sertifikat ke Alamat Peserta, Softfile Materi.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel El Royale, Yogyakarta ATAU

  • Hotel Malyabhara, Yogyakarta

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Solo, Semarang

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis, Solo

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung atau Surabaya

  • Training Offline Rp 7.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Asyana Kemayoran, Jakarta

  • Hotel Amaris Kemang, Jakarta

  • Hotel Kimaya Braga, Bandung

  • Hotel Midtown, Surabaya

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Assessment Sertifikasi BNSP

  • Biaya Assessment Rp 3.200.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal.

  • Metode assessment dapat dilaksanakan secara offline di Yogyakarta atau TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang disepakati.

  • Pelaksanaan assessment selama 1 hari (08.00 WIB – Selesai).

  • Sertifikat BNSP akan dikirimkan kepada peserta yang dinyatakan Kompeten (K), dalam jangka waktu 1-2 bulan setelah assessment.

  • Belum termasuk :

  • Biaya TUK, transport, serta akomodasi asesor dan peserta, jika assessment dilaksanakan secara offline.

  • PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

TRAINING PELAYANAN PELANGGAN (HOSPITALITY) SERTIFIKASI BNSP

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. Mengisi formulir ini belum mengikat peserta harus ikut training. Kami akan mengirimkan lembar verifikasi pendaftaran, dan hanya pendaftar terverifikasi yang akan terdaftar sebagai peserta training
  2. (required)
  3. KEBUTUHAN TRAINING
  4. (required)
  5. (required)
  6. DATA PRIBADI
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
  10. (valid email required)
  11. (required)
  12. DATA PERUSAHAAN
  13. Wajib diisi jika peserta akan ikut training dari Perusahaan
  1. Pengisian data yang lengkap akan lebih kami apresiasi dan prioritaskan untuk diproses
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.