Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 17.000 topik dan 150.000 event sepanjang tahun 2020

DASAR MANAJEMEN OPERASI

Acara

06 – 08 Januari 2020 | Rp 6.400.000,- di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
13 – 15 Januari 2020 | Rp 6.400.000,- di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
03 – 05 Februari 2020 | Rp 6.400.000,- di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta

Jadwal Training 2020 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI PELATIHAN DASAR MANAJEMEN OPERASI

Dalam menghadapi tantangan persaingan yang sangat ketat di pasar global, manajemen adalah faktor utama yang menentukan kelangsungan hidup dan keberhasilan semua organisasi.  Dalam sistem ekonomi yang didominasi oleh customer, kebutuhan customer harus dipenuhi sebaik mungkin sebagai prasyarat kelangsungan hidup suatu organisasi bisnis.  Organisasi bisnis milik pemerintah atau swasta, manufacturing atau jasa harus mengelola dengan baik kualitas produknya.  Di lihat dari fungsinya, manajemen yang paling terkait dengan produk/jasa adalah manajemen operasi.  Salah satu prasyarat keberhasilan manajemen operasi adalah kemampuan menghasilkan produk atau jasa berkualitas unggul di pasar global untuk bisa memuaskan kebutuhan customer.  Produk berkualitas unggul tidak dapat diperoleh pada sistem nilai operasi tradisional (traditional operations value systems).  Oleh karena itu, sangat diperlukan penggalian atau pembangunan manajemen operasi, yang mempunyai sistem nilai operasi baru yang berbeda dengan sistem nilai operasi tradisional, dengan cara memberikan landasan-landasan yang kuat pada manajemen operasi.

Keputusan strategis di bidang operasi/ produksi melibatkan manajer, tidak hanya dari departemen operasi, tetapi juga dari departemen yang lain.  Dengan demikian, manajamen operasi bukan hanya ilmu yang harus dimiliki oleh mereka yang bekerja di departemen atau bagian operasi saja, tetapi juga mereka yang bekerja di departemen-departemen lain. Koordinasi kerja tim akan sangat baik dengan melibatkan orang-orang dari fungsi atau departemen yang berbeda dan terkait, misalnya departemen pemasaran dan depatemen keuangan..

Sehubungan dengan itu, pelatihan ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada manajer atau supervisor non operasi agar supaya mereka mampu terlibat aktif di dalam kerja tim lintas fungsi tersebut.  Keberhasilan mereka dalam melibatkan diri dalam masalah manajemen operasi sangat ditentukan  oleh seberapa jauh pemahaman mereka terhadap manajemen operasi atau produksi tersebut.  Ketidakpahaman mereka mengenai manajemen operasi membuat ketidakefektifan mereka di dalam melaksanakan kerja tim yang bersifat lintas fungsi tersebut.  Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, mereka yang menjadi manajer atau supervisor non operasi atau produksi akan memahami dengan baik apa itu manajemen operasi dan permasalahannya.  Mereka diharapkan akan lebih bisa terlibat aktif dalam masalah manajemen operasi/produksi, terutama dalam keputusan strategis.  Mereka secara bersama-sama diharapkan akan lebih mampu berkontrbusi tanpa meninggalkan fungsinya masing-masing dalam upaya mencapai tujuan perusahaan yang telah menjadi kesepakatan bersama, meskipun kondisi dan situasi eksternal sedang tidak menentu dan terus berubah seperti sekarang ini.

Pelatihan manajemen operasi adalah pelatihan yang menjelaskan mengenai berbagai konsep tentang manajemen operasi dan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen operasi seperti strategi operasi, learning curve, perencanaan kapasitas, penentuan lokasi dan layout, peramalan bisnis, manajemen bahan baku dan  barang jadi, sistem agregat, dan kebijakan-kebijakan perusahaan untuk perbaikan produk dan sistem.

 

TUJUAN PELATIHAN DASAR MANAJEMEN OPERASI

Setelah mengikuti pelatihan manajemen operasi, perserta diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan berbagai konsep manajemen operasi
  2. Menyusun perencanaan dan pengendalian sistem operasi perusahaan
  3. Memahami berbagai masalah operasi perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan masalah operasi perusahaan.

 

MATERI PELATIHAN DASAR MANAJEMEN OPERASI

1.    Konsep Manajemen Operasi

  • Definisi Manajemen Operasi
  • Sistem Manajemen Operasi
  • Total Quality Management
  • Strategy operasi

2.    Pengelolaan tenaga kerja

  • Time study dan learning curve
  • Perencanaan Kapasitas

3.    Penentuan lokasi dan layout

  • Penentuan lokasi perusahaan
  • Pendesainan process layout
  • Pendesainan product layout

4.    Peramalan dalam bisnis

  • Metode judgment
  • Metode kuantitatif
  • Metode kausal

5.    Perencanaan Agregat dan Sistem Persediaan Bahan Baku

  • Tujuan dan proses perencanaan agregat
  • Material Requirement Planning
  • Input dan Output MRP

 

METODE PELATIHAN DASAR MANAJEMEN OPERASI

  • Presentasi
  • Diskusi dan Sharing Pengalaman
  • Case Study

 

 

Jadwal Training 2020

Hotel Melia Purosani, Yogyakarta

  • 6 – 8 Januari 2020
  • 13 – 15 Januari 2020
  • 20 – 22 Januari 2020
  • 27 – 29 Januari 2020
  • 3- 5 Februari 2020
  • 10 – 12 Februari 2020
  • 17 – 19 Februari 2020
  • 26 – 28 Februari 2020
  • 2 – 4 Maret 2020
  • 9 – 11 Maret 2020
  • 16 – 18 Maret 2020
  • 23 – 24 Maret 2020
  • 30 Maret 2020 – 1 April 2020
  • 6 – 8 April 2020
  • 13 – 15 April 2020
  • 20 – 22 April 2020
  • 27 – 29 April 2020
  • 4 – 6 Mei 2020
  • 11 – 13 Mei 2020
  • 2 – 4 Juni 2020
  • 8 – 10 Juni 2020
  • 15 – 17 Juni 2020
  • 22 – 24 Juni 2020
  • 29 Juni 2020 – 1 Juli 2020
  • 6 – 8 Juli 2020
  • 13 – 15 Juli 2020
  • 20 – 22 Juli 2020
  • 27 – 29 Juli 2020
  • 3 – 5 Agustus 2020
  • 10 – 12 Agustus 2020
  • 18 – 19 Agustus 2020
  • 24 – 26 Agustus 2020
  • 31 Agustus 2020 – 2 September 2020
  • 7 – 9 September 2020
  • 14 – 16 September 2020
  • 21 – 23 September 2020
  • 28 – 30 September 2020
  • 5 – 7 Oktober 2020
  • 12 – 14 Oktober 2020
  • 19 – 21 Oktober 2020
  • 26 – 28 Oktober 2020
  • 2 – 4 November 2020
  • 9 – 11 November 2020
  • 16 – 18 November 2020
  • 23 – 25 November 2020
  • 30 November 2020 – 2 Desember 2020
  • 7 – 9 Desember 2020
  • 14 – 16 Desember 2020
  • 21 – 23 Desember 2020
  • 28 – 30 Desember 2020

 

Investasi dan Fasilitas Training

  • Rp. 6.400.000 (Non Residential)
  • Quota minimum 2 peserta
  • Bagi perusahaan atau instansi yang mengirimkan lebih dari satu peserta dengan judul dan waktu yang sama, maka peserta kedua dan selanjutnya akan dikenakan potongan harga sebesar Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah)
  • Fasilitas: Certificate,Training kits, USB, Lunch, Coffe Break, Souvenir
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)

 

INSTRUKTUR PELATIHAN DASAR MANAJEMEN OPERASI

Dr. Ir. Elisa Kusrini, MT ,CPIM, CSCP  and team

 

MANAJEMEN OPERASI UNTUK PROFESI NON OPERASI

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.