Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 17.000 topik dan 150.000 event sepanjang tahun 2020

CSR/ComDev Program: Membangun Kemitraan dengan Stakeholders dan Mengelola Konflik Lokal

Acara

07 – 09 April 2020 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
15 – 17 April 2020 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
04 – 06 Mei 2020 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta

Jadwal Training 2020 Selanjutnya …

 

DESKRIPSI TRAINING CSR/ ComDev PROGRAM

Salah satu tujuan utama dari perusahaan adalah membangun kemitraan dengan semua stakeholder-nya dalam rangka pencapaian tujuan strategis perusahaan. Seyogyanya, perusahaan mampu membangun inisiatif-inisiatif kreatif dalam rangka membangun kemitraan dengan masyarakat di sekitarnya yang terdiri dari beragam organisasi, lembaga, warga, dan tokoh masyarakat sehingga tercapai adanya saling kesepahaman dan rasa hormat diantara berbagai pihak yang pada ujungnya akan mempermudah proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.  Banyak sudah perusahaan yang telah melakukan program CSR/CD dan mengklaim keberhasilan CSR/CD yang dilakukannya. Namun pada kenyataannya, konflik antara perusahaan dan masyarakat dan stakeholders lokal tetap saja terjadi. Konflik yang terjadi tentu saja memberikan dampak yang merugikan bagi operasional perusahaan dan masyarakat sekitar.

Konflik dalam konteks ini didefinisikan sebagai suatu hubungan antara dua pihak atau lebih (individu atau kelompok) yang memiliki atau yang merasa memiliki sasaran yang tidak sejalan. Banyak isu yang menjadi potensi konflik antara perusahaan dan masyarakat serta stakeholders lokal seperti permasalahan tanah, pekerjaan, isu politik, kebijakan otonomi dan sebagainya. Untuk mengatasi dan mengantisipasi konflik, perusahaan perlu kiranya mempunyai sistem early warning system yang mampu mendeteksi konflik sejak dini serta secara efektif mampu mentransformasi konflik menjadi situasi relasional yang win-win.

Dalam konteks ini program CSR dan Comdev adalah berfungsi sebagai suatu program yang semestinya dapat menjadi progam resolusi konflik antar stakeholder. Adalah sangat penting bagi perusahaan untuk dapat menerapkan program CSR dan Comdev dengan tepat dan sesuai dengan potensi konflik yang ada ditingkat masyarakat sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan baik. Hasil akhir yang diharapkan adalah kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu dan perusahaan dapat hidup berdampingan secara damai dan produktif dengan semua stakeholder-nya.

Berangkat dari pemikiran tersebut dan berefleksi dari pengalaman yang menunjukkan besarnya kebutuhan perusahaan terhadap pendekatan efektif mengelola konflik serta membangun kemitraan dengan stakeholder-nya, maka kami berinisiatif menjawab kebutuhan tersebut. Melalui training ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kesepahaman diantara stakeholders yang berwujud pada komitmen bersama memberdayakan masyarakat.

 

TUJUAN TRAINING CSR/ ComDev PROGRAM

  1. Peserta pelatihan mendapatkan pemahaman dan kerangka kerja manajemen kemitraan dan manajemen konflik yang sesuai dengan karakter masyarakat.
  2. Peserta pelatihan dapat mengelola dan mentransformasi konflik yang terjadi di wilayah perusahaannya
  3. Peserta pelatihan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dalam mendeteksi konflik sejak awal serta dapat membangun komunikasi strategis antar pihak yang terlibat.
  4. Peserta pelatihan mampu mendesain dan mengembangkan program-program kemasyarakatan yang konstruktif dan berkelanjutan serta memampukan tercapainya situasi yang damai dan harmoni dengan masyarakat dan stakeholders lokal lainnya.
  5. Peserta pelatihan mampu memelihara dan memperkuat hubungan baik dengan semua stakeholders, khususnya LSM dan Birokrasi.
  6. Peserta pelatihan mampu menjadi wakil perusahaan yang efektif  ketika berhubungan dengan semua stakeholders lokal dalam rangka memelihara hubungan dengan semua stakeholders.
  1. Peserta pelatihan mampu meng-update informasi terkini dan valid menyangkut situasi politik dan sosial dari semua stakeholders lokal.

 

MATERI TRAINING CSR/ COMDEV PROGRAM

  1. Kebijakan dan Ruang Lingkup Praktik CSR/CD di Industri Ekstraktif dan Migas
  2. CSR/CD dan Isu Dinamika Lokal: Kerusakan Lingkungan, Hak Ulayat, Ekonomi Lokal, Ketenagakerjaan, Otonomi Daerah
  3. Membangun Kemitraan dalam Program CSR/CD melalui Transformasi Konflik di Industri Ekstraktif dan Migas
  4. Pendekatan Conflict Sensitivity Tool for Business Operasional yang dikembangkan oleh International Alert
  5. Pemetaan Isyu/Masalah dan Stakeholders/Jejaring Kepentingan
  6. Lesson Learned: Praktek CSR/CD di Industri Ekstraktif dan Migas melalui Kemitraan Strategis antar Stakeholders

 

INSTRUKTUR TRAINING CSR/ ComDev PROGRAM

Drs. Amien Wibowo MBA.

 

PESERTA TRAINING CSR/ ComDev PROGRAM

Staf Humas, Staf External Relations, Staf Government Relations, Staf Legal, Staf Community Development/Relations, Staf PR, Field Manager, Project Manager dan berbagai pihak yang terkait.

 

JADWAL TRAINING 2020

  • 7 – 9 April 2020
  • 15 – 17 April 2020
  • 22 – 24 April 2020
  • 4 – 6 Mei 2020
  • 12 – 14 Mei 2020
  • 18 – 20 Mei 2020
  • 9 – 11 Juni 2020
  • 16 – 18 Juni 2020
  • 30 Juni – 2 Juli 2020
  • 8 – 10 Juli 2020
  • 14 – 16 Juli 2020
  • 28 – 30 Juli 2020
  • 5 – 7 Agustus 2020
  • 12 – 14 Agustus 2020
  • 25 – 27 Agustus 2020
  • 8 – 10 September 2020
  • 16 – 18 September 2020
  • 22 – 24 September 2020
  • 6 – 8 Oktober 2020
  • 14 – 16 Oktober 2020
  • 21 – 23 Oktober 2020
  • 4 – 6 November 2020
  • 10 – 12 November 2020
  • 17 – 19 November 2020
  • 1 – 3 Desember 2020
  • 8 – 10 Desember 2020
  • 15 – 17 Desember 2020

Hotel Horison Yogyakarta | Yogyakarta
Hotel the 101 Tugu| Yogyakarta
Hotel Phoenix| Yogyakarta

 

FEE TRAINING

  • Yogyakarta : Cavinton Hotel, Ibis Styles Hotel, Ibis Malioboro Hotel, the 101 Tugu Hotel, Ayaartta, Horison Yogyakarta Hotel, Neo Awana Hotel | Rp. 6.750.000 per peserta | Kuota min. peserta: 2 orang
  • Bali : Ibis Bali Kuta Hotel, Ibis Legian Hotel, Ibis Petitenget Hotel, The Rani Hotel | Rp. 8.000.000 Per Peserta | Kuota min. peserta : 3 orang
  • Bandung : Grand Tebu Hotel, Serela Cihampelas Hotel, Noor Hotel, Golden Flower Hotel | Rp. 7.300.000 per peserta | Kuota min. peserta: 3 orang
  • Malang : Maxone Ascent Hotel, Atria Hotel | Rp. 7.800.000 per peserta | Kuota min. Peserta : 3 orang

 

FASILITAS TRAINING CSR/ ComDev PROGRAM

  1. Modul training
  2. Training kits
  3. Sertifikat
  4. USB flashdisk berisi materi training
  5. Foto training
  6. Souvenir
  7. 2x coffee break dan lunch
  8. Fasilitas penjemputan dari bandara ke hotel tempat pelatihan – (untuk minimal  3 orang peserta dari perusahaan yg sama)

 

MEMBANGUN KEMITRAAN DENGAN STAKEHOLDER DAN MENGELOLA KONFLIK LOKAL BERBASIS COMDEV/CSR

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.