COMMUNICATION SKILL FOR TELEKOLEKTOR – Pasti Jalan
COMMUNICATION SKILL FOR TELEKOLEKTOR
Available Online & Offline Training
- 16-17 Juni 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
- 20-21 Juni 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
Tanggal dan Lokasi training lainnya silakan scroll ke bawah.
Deskripsi
Pelatihan ini dirancang untuk membekali staf penagihan perusahaan dengan keterampilan komunikasi efektif melalui media telepon (telekoleksi) dalam menghadapi peserta / pelanggan yang menunggak iuran. Fokus pelatihan mencakup teknik membangun komunikasi persuasif, menghadapi penolakan dengan empati dan solusi, serta menjaga citra lembaga dalam interaksi layanan. Pelatihan ini juga mengasah kemampuan peserta dalam mengelola emosi, menyampaikan pesan dengan jelas, dan meningkatkan keberhasilan penagihan tanpa menciptakan resistensi dari peserta.
Tujuan
- Meningkatkan kemampuan komunikasi persuasif dan profesional dalam penagihan melalui telepon.
- Membekali peserta dengan strategi menghadapi penolakan, keluhan, dan situasi sulit secara empatik dan solutif.
- Meningkatkan efektivitas penagihan iuran melalui pendekatan yang membangun kesadaran dan komitmen peserta.
MATERI TRAINING COMMUNICATION SKILL FOR TELEKOLEKTOR
- Peran telekolektor dalam sistem layanan
- Karakteristik peserta yang menunggak: memahami latar belakang dan motivasi
- Prinsip dasar komunikasi persuasif dan empatik
- Bahasa tubuh melalui suara (intonasi, kecepatan, artikulasi)
- Teknik membuka pembicaraan dan membangun trust melalui telepon
- Simulasi: contoh percakapan penagihan yang baik dan buruk
- Mengelola respons negatif: emosi, penolakan, atau keluhan peserta
- Teknik menyampaikan konsekuensi dan ajakan tanpa mengancam
- Etika dan batas komunikasi dalam layanan publik
- Menutup pembicaraan secara positif dan produktif
- Simulasi percakapan penagihan berdasarkan skenario nyata
METODE
Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :
Metode Offline Training (Classroom) yaitu:
- Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.
Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:
- Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
- Ketentuan Online Training :
-
Persiapan Peserta
-
- Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
- Koneksi internet yang stabil.
- Buku dan alat tulis.
- Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
-
Platform yang digunakan
-
- Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
- Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
-
Cara masuk ke video conference
-
- Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
- Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
- Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.
Instruktur
Silvia Agustina S, SH.
and team.
Jadwal Training
Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:
| 9-10 Juni 2025
| 11-12 Juni 2025
| 13-14 Juni 2025
| 16-17 Juni 2025
| 18-19 Juni 2025
| 20-21 Juni 2025
| 23-24 Juni 2025
| 25-26 Juni 2025
|30 Juni – 1 Juli 2025
| 2-3 Juli 2025
| 4-5 Juli 2025
| 7-8 Juli 2025
| 9-10 Juli 2025
| 11-12 Juli 2025
| 14-15 Juli 2025
| 16-17 Juli 2025
| 18-19 Juli 2025
| 21-22 Juli 2025
| 23-24 Juli 2025
| 25-26 Juli 2025
| 28-29 Juli 2025
| 30-31 Juli 2025
| 1-2 Agustus 2025
| 4-5 Agustus 2025
| 6-7 Agustus 2025
| 8-9 Agustus 2025
| 11-12 Agustus 2025
| 13-14 Agustus 2025
| 15-16 Agustus 2025
| 18-19 Agustus 2025
| 20-21 Agustus 2025
| 22-23 Agustus 2025
| 25-26 Agustus 2025
| 27-28 Agustus 2025
| 29-30 Agustus 2025
| 1-2 September 2025
| 3-4 September 2025
| 8-9 September 2025
| 10-11 September 2025
| 12-13 September 2025
| 15-16 September 2025
| 17-18 September 2025
| 19-20 September 2025
| 22-23 September 2025
| 24-25 September 2025
| 26-27 September 2025
| 29-30 September 2025
| 1-2 Oktober 2025
| 3-4 Oktober 2025
| 6-7 Oktober 2025
| 8-9 Oktober 2025
| 10-11 Oktober 2025
| 13-14 Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025
| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025
| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025
Investasi dan Fasilitas
Jenis Program |
Harga & Fasilitas |
Opsi 1 – Pelatihan Online |
|
Opsi 2 – Pelatihan Offline di Yogyakarta |
|
Opsi 3 – Pelatihan Offline di Semarang, Solo |
|
Opsi 4 – Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya |
|
Opsi 5 – Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll) |
|
Penutup
Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Communication Skill for Telecollector” untuk peningkatan kinerja. Semoga PT Expertindo dapat menjadi mitra dalam pencapaian kompetensi ini.