Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

Certified Life Cycle Assessment Operator – BNSP

Certified Life Cycle Assessment Operator

Certified Life Cycle Assessment Operator

TRAINING OPERATOR PENGAMBILAN DATA PENILAIAN DAUR HIDUP –  SERTIFIKASI BNSP

Training Online | Training Offline | Sertifikasi Offline

  • 20-21 November 2025, Online by Zoom meeting (Confirmed Running)
  • 22-23 Desember 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta (Almost Running)

*Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan KLIK DI SINI

 

🔍 Tingkatkan Kompetensi Anda sebagai Certified Life Cycle Assessment (LCA) Operator Bersertifikat BNSP

Ingin menjadi ahli dalam penilaian daur hidup produk dan proses industri? Pelatihan Certified Life Cycle Assessment (LCA) Operator ini dirancang khusus untuk membekali Anda dengan pemahaman mendalam dan keterampilan teknis dalam melakukan analisis LCA sesuai standar internasional. Peserta akan mempelajari cara menetapkan tujuan dan ruang lingkup studi LCA, melakukan inventarisasi data lingkungan, serta mengoperasikan perangkat lunak LCA untuk mengukur dan mengevaluasi dampak lingkungan dari suatu produk atau layanan secara menyeluruh.

🎓 Siap Hadapi Sertifikasi BNSP dan Buka Peluang Karier di Bidang Keberlanjutan

Selain penguasaan teknis, pelatihan ini juga mempersiapkan peserta untuk mengikuti uji kompetensi dan meraih sertifikasi resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi ini menjadi bukti pengakuan profesional atas keahlian Anda dalam bidang Life Cycle Assessment, yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri yang berkomitmen terhadap praktik berkelanjutan. Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda tidak hanya meningkatkan daya saing di dunia kerja, tetapi juga berkontribusi langsung dalam pengembangan industri yang ramah lingkungan.

 

TUJUAN

  1. Memahami dasar-dasar penilaian daur hidup (LCA) dan pentingnya dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
  2. Mampu menentukan tujuan, batasan, dan ruang lingkup penilaian LCA secara sistematis.
  3. Menguasai penggunaan perangkat lunak untuk melaksanakan inventori dan analisis dalam penilaian daur hidup.
  4. Memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja atau profesional di bidang LCA.

 

MATERI/UNIT KOMPETENSI LIFE CYCLE ASSESSMENT OPERATOR

  1. Mengidentifikasi Pengetahuan Dasar Terhadap Penilaian Daur Hidup (LCA)
  2. Menentukan Batasan, Tujuan Penilaian, dan Ruang Lingkup Penilaian Daur Hidup (LCA)
  3. Melaksanakan Inventori Penilaian Daur Hidup
  4. Melaksanakan Penilaian Daur Hidup Menggunakan Piranti Lunak

 

PERSYARATAN PEMOHON SERTIFIKASI

  1. S1 rumpun ilmu sains atau teknik dengan pengalaman kerja 1 tahun pada sector yang sama, atau
  2. S1 selain rumpun ilmu sains atau teknik dengan pengalaman kerja 2 tahun pada sektor yang sama, atau
  3. D3 rumpun ilmu sains atau Teknik dengan Pengalaman kerja 5 tahun pada sektor yang sama, atau
  4. SMK dan sederajat dengan pengalaman 7 tahun pada sektor yang sama, dan
  5. Memiliki Sertifikat pelatihan sesuai skema Penilaian Daur Hidup.

 

DOKUMEN PERSYARATAN SERTIFIKASI

  1. Pas foto 3×4 (3 lembar).
  2. Copy/scan KTP.
  3. Copy/scan ijazah terakhir.
  4. Copy/scan sertifikat yang relevan.
  5. CV
  6. Jobdesk
  7. Surat pengalaman kerja/surat keterangan kerja/surat rekomendasi dari perusahaan.
  8. Contoh laporan kerja.

 

METODE TRAINING

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
  3. Ketentuan Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
    • Koneksi internet yang stabil.
    • Buku dan alat tulis.
    • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
  1. Platform yang digunakan

    • Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
    • Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
  1. Cara masuk ke video conference

    • Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
    • Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
    • Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

METODE ASSESSMENT

  • Assesssment dilaksanakan secara tatap muka dengan teknik assessment wawancara/ ujian tulis/ praktik/ portfolio, atau gabungan teknik-teknik tersebut.
  • Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan peserta dan Asesor.
  • Waktu pelaksanaan assessment berkisar 1-2 jam.
  • *Proses bisa berubah sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh asesor kompetensi.

 

INSTRUKTUR

Sri Rahayu Gusmarwani, ST, MT.

M. Sri Prasetyo Budi, ST., MT.

And team.

 

JADWAL TRAINING 2025

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

 

November 2025

| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025

Desember 2025

| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025

  

INVESTASI DAN FASILITAS

Metode Pelaksanaan

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Training Online Rp 3.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari half day (08.00 – 12.00 WIB atau 13.00 – 17.00 WIB).

  • Menggunakan aplikasi Zoom/Google Meet

  • Sudah Termasuk : Sertifikat Training Softfile & Hardfile, Pengiriman Sertifikat ke Alamat Peserta, Softfile Materi.

  • Belum termasuk : PPN 11% (mulai 2025 PPN 12%).

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel El Royale, Yogyakarta ATAU

  • Hotel Malyabhara, Yogyakarta

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11% (mulai 2025 PPN 12%).

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Solo, Semarang

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis, Solo

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11% (mulai 2025 PPN 12%).

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung atau Surabaya

  • Training Offline Rp 7.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Asyana Kemayoran, Jakarta

  • Hotel Amaris Kemang, Jakarta

  • Hotel Panen, Bandung

  • Hotel Midtown, Surabaya

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11% (mulai 2025 PPN 12%).

Opsi 5 –

Pelatihan Offline Luar Pulau Jawa (Lombok, Bali, Balikpapan, dll)

  • Training Offline Rp 8.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 3 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta, Bali

  • Hotel Beverly, Batam

  • Hotel Fave, Balikpapan

  • Hotel Aston, Manado

  • Hotel Lombok Raya, Mataram

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11% (mulai 2025 PPN 12%).

Assessment Sertifikasi BNSP

  • Biaya Assessment Rp 6.100.000 per peserta.

  • Minimal kuota 3 peserta dan bisa request tanggal.

  • Metode assessment dilaksanakan secara offline di TUK (Tempat Uji Kompetensi) LSP di Bogor, atau TUK lain yang disepakati.

  • Pelaksanaan assessment sekitar 1-2 jam, waktu akan diinformasikan kembali.

  • Sertifikat BNSP akan dikirimkan kepada peserta yang dinyatakan Kompeten (K), dalam jangka waktu 1-2 bulan setelah assessment.

  • Belum termasuk :

  • Biaya TUK, transport, serta akomodasi asesor dan peserta, jika assessment dilaksanakan secara offline di luar TUK LSP Bogor.

  • PPN 11% (mulai 2025 PPN 12%).

Notes :

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.
  • Jika tidak berkenan dikenakan PPN, silahkan diskusikan dengan tim marketing kami.

 

Certified Life Cycle Assessment Operator

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. Mengisi formulir ini belum mengikat peserta harus ikut training. Kami akan mengirimkan lembar verifikasi pendaftaran, dan hanya pendaftar terverifikasi yang akan terdaftar sebagai peserta training
  2. (required)
  3. KEBUTUHAN TRAINING
  4. (required)
  5. (required)
  6. DATA PRIBADI
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
  10. (valid email required)
  11. (required)
  12. DATA PERUSAHAAN
  13. Wajib diisi jika peserta akan ikut training dari Perusahaan
  1. Pengisian data yang lengkap akan lebih kami apresiasi dan prioritaskan untuk diproses
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.