CERTIFIED GRC OVERSIGHT PROFESSIONAL (CGRCOP) – BNSP
CERTIFIED GRC OVERSIGHT PROFESSIONAL (CGRCOP) – TRAINING & SERTIFIKASI BNSP
Sertifikasi Tatakelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan (Governance-Risk Management-Compliance/GRC) – Level Komisaris / Pengawas
Available Online & Offline Training
- 23-24 Juni 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
- 25-26 Juni 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
Tanggal dan Lokasi training lainnya silakan scroll ke bawah.
Deskripsi
Pelatihan Certified GRC Oversight Professional (CGRCOP) dirancang untuk menyiapkan profesional yang kompeten dalam pengawasan dan integrasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan (GRC) di sektor publik maupun privat. Mengacu pada pedoman resmi Komite Nasional Kebijakan Governance serta standar internasional seperti ISO 31000 dan ISO 19600, pelatihan ini menekankan pemahaman menyeluruh terhadap struktur, asas, dan peran kunci dalam penguatan GRC organisasi secara sistematis dan berkelanjutan.
Tujuan
-
Meningkatkan kompetensi peserta dalam memahami dan mengembangkan penerapan prinsip tata kelola yang baik di sektor publik maupun swasta.
-
Membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam perancangan dan integrasi sistem manajemen risiko dan kepatuhan berbasis standar internasional.
-
Mendorong terciptanya budaya organisasi yang etis, transparan, dan akuntabel melalui penerapan GRC secara terintegrasi.
MATERI TRAINING CERTIFIED GRC OVERSIGHT PROFESSIONAL
- Mengembangkan peran tiga pilar pendukung tata kelola kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2006
- Mengembangkan peran lima asas tata kelola kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2006
- Mengembangkan organ perusahaan sesuai pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2006
- Mengembangkan peran tiga pilar pendukung tata kelola sektor publik yang baik (good public governance) sesuai pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Public Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2010
- Mengembangkan lima asas dasar tata kelola sektor publik yang baik (good public governance) sesuai pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Public Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2010
- Mengembangkan struktur dan fungsi organisasi sesuai pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Public Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2010
- Mengembangkan penerapan prinsip-prinsip manajemen risiko sesuai SNI ISO 31000
- Mengembangkan penerapan kerangka kerja manajemen risiko
- Mengembangkan praktik penerapan proses manajemen risiko sesuai SNI ISO 31000
- Mengembangkan struktur tata kelola risiko dan model pertahanan 3 lapis yang mendukung penerapan SNI ISO 31000
- Mengembangkan peran dan akuntabilitas direksi dan dewan komisaris dalam memperkuat kepemimpinan manajemen risiko dengan penerapan SNI ISO 31000
- Merancang Sistem Manajemen Kepatuhan Organisasi sesuai ISO 19600
- Mengembangkan Penerapan Sistem Manajemen Kepatuhan sesuai ISO 19600
- Merencanakan Integrasi Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 19600 dalam Penerapan GRC (Governance-Risk Management-Compliance) Organisasi
- Mengembangkan Integrasi Sistem Manajemen Kepatuhan berbasis ISO 19600 dalam Penerapan GRC (Governance-Risk Management-Compliance) Organisasi
- Merencanakan Budaya Kepatuhan dan Etis dalam Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 19600
- Mengembangkan Budaya Kepatuhan dan Etis dalam Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 19600
Peruntukan
Sertifikasi pada skema ini mencakup Industri Keuangan, Industri Non Keuangan, Perusahaan BUMN dan Swasta, dan Lembaga Pemerintahan:
- Dewan Komisaris/Pengawas, Komite di bawah Dewan Komisaris/ Pengawas atau sederajat.
- Pejabat Tinggi Pratama/Eselon 2/Direktur/Kepala Biro/Kepala Pusat/Sekretaris DirJen, Kepala Dinas/Ahli Madya atau sederajat.
Persyaratan Pemohon Sertifikasi
- Ijazah S1
- Memiliki sertifikat pelatihan dalam bidang Tata Kelola organisasi pedoman KNKG, Manajemen Risiko berbasis ISO 31000, Kepatuhan organisasi berbasis ISO 19600, atau,
- Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun sebagai manajerial Bidang Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan.
Dokumen Persyaratan Sertifikasi
- Form APL (akan dikirimkan setelah pendaftaran)
- Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup terbaru
- Salinan Ijazah
- Salinan KTP
- Salinan Paspoto latar merah
- Salinan Sertifikat Pendukung terkait GRC (jika ada)
- Salinan Sertifikat Pelatihan terkait GRC
- Surat Keterangan Kerja/Surat Pengalaman Kerja
- Portfolio lain yang mendukung sesuai skema GRC
METODE
Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :
Metode Offline Training (Classroom) yaitu:
- Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.
Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:
- Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
- Ketentuan Online Training :
-
Persiapan Peserta
-
- Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
- Koneksi internet yang stabil.
- Buku dan alat tulis.
- Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
-
Platform yang digunakan
-
- Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
- Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
-
Cara masuk ke video conference
-
- Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
- Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
- Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.
Metode Assessment
-
Assesssment dilaksanakan secara tatap muka, dengan durasi sekitar 1-2 jam.
-
Jadwal dan waktu assessment dapat disepakati setelah kuota terpnuhi 5 peserta.
-
Tempat Uji Kompetensi (TUK) bisa di kantor LSP di Jakarta, atau di TUK lain yang disepakati dengan mempertimbangkan biaya TUK, transport dan akomodasi tim asesor.
-
Teknik assessment yang digunakan: verifikasi portfolio dan wawancara.
Instruktur
Ahmad Ridwan, S.E. ,M.Si., M.Prof, Acc., Ph.D (cand.), CA,CPA., BKP., CFE., CFrA., CISA.
and team.
Jadwal Training
Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:
| 23-24 Juni 2025
| 25-26 Juni 2025
|30 Juni – 1 Juli 2025
| 2-3 Juli 2025
| 4-5 Juli 2025
| 7-8 Juli 2025
| 9-10 Juli 2025
| 11-12 Juli 2025
| 14-15 Juli 2025
| 16-17 Juli 2025
| 18-19 Juli 2025
| 21-22 Juli 2025
| 23-24 Juli 2025
| 25-26 Juli 2025
| 28-29 Juli 2025
| 30-31 Juli 2025
| 1-2 Agustus 2025
| 4-5 Agustus 2025
| 6-7 Agustus 2025
| 8-9 Agustus 2025
| 11-12 Agustus 2025
| 13-14 Agustus 2025
| 15-16 Agustus 2025
| 18-19 Agustus 2025
| 20-21 Agustus 2025
| 22-23 Agustus 2025
| 25-26 Agustus 2025
| 27-28 Agustus 2025
| 29-30 Agustus 2025
| 1-2 September 2025
| 3-4 September 2025
| 8-9 September 2025
| 10-11 September 2025
| 12-13 September 2025
| 15-16 September 2025
| 17-18 September 2025
| 19-20 September 2025
| 22-23 September 2025
| 24-25 September 2025
| 26-27 September 2025
| 29-30 September 2025
| 1-2 Oktober 2025
| 3-4 Oktober 2025
| 6-7 Oktober 2025
| 8-9 Oktober 2025
| 10-11 Oktober 2025
| 13-14 Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025
| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025
| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025
Investasi dan Fasilitas
Jenis Program |
Harga & Fasilitas |
Opsi 1 – Pelatihan Online |
|
Opsi 2 – Pelatihan Offline di Yogyakarta |
|
Opsi 3 – Pelatihan Offline di Semarang, Solo |
|
Opsi 4 – Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya |
|
Opsi 5 – Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll) |
|
Offline Assessment |
|
Penutup
Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Governance, Risk Management, and Compliance (GRC)” untuk peningkatan kinerja. Semoga Kami dapat menjadi mitra dalam pencapaian kompetensi ini.