CERTIFIED GRC EXECUTIVE OFFICER (CGRCEO) – BNSP
CERTIFIED GRC EXECUTIVE OFFICER (CGRCEO) – TRAINING & SERTIFIKASI BNSP
Sertifikasi Tatakelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan (Governance-Risk Management-Compliance/GRC) level Direksi / Executive Officer
Available Online & Offline Training
- 23-24 Juni 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
- 25-26 Juni 2025, Hotel Malyabhara, Malioboro, Yogyakarta
Tanggal dan Lokasi training lainnya silakan scroll ke bawah.
Deskripsi
Pelatihan Certified GRC Executive Officer (CGRCEO) dirancang untuk membekali para eksekutif dan pimpinan organisasi dengan kemampuan strategis dalam menerapkan tata kelola yang baik, manajemen risiko, dan kepatuhan (GRC) secara terintegrasi. Mengacu pada pedoman nasional GCG dan GPG, serta standar internasional seperti ISO 31000 dan ISO 19600, pelatihan ini memfokuskan pada kepemimpinan yang bertanggung jawab dalam membangun budaya etis, transparan, dan akuntabel yang berorientasi pada keberlanjutan dan integritas organisasi.
Tujuan
- Meningkatkan kapasitas peserta dalam merancang dan menerapkan prinsip-prinsip GCG dan GPG secara menyeluruh sesuai dengan pedoman nasional.
- Membekali eksekutif dengan kompetensi untuk memimpin integrasi manajemen risiko dan sistem kepatuhan berbasis ISO dalam kerangka GRC.
- Mendorong penguatan budaya etis dan kepatuhan yang mendukung efektivitas tata kelola dan kinerja organisasi secara berkelanjutan.
MATERI TRAINING CERTIFIED GRC EXECUTIVE OFFICER
- Menerapkan lima asas tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) yang sesuai dengan pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, tahun 2006.
- Merencanakan pedoman perilaku tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) yang sesuai dengan pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2006
- Menerapkan peran tiga pilar pendukung (negara, dunia usaha, masyarakat) yang sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola sektor publik yang baik (good public governance) didalam pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Public Governance Indonesia, Ko
- Menerapkan lima asas dasar (demokrasi, akuntabilitas, transparansi, budaya hukum, dan kewajaran) yang sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola sektor publik yang baik (good public governance) didalam pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Public
- Merencanakan penerapan nilai, etika, dan pedoman perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola sektor publik yang baik (good public governance) sesuai dengan pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Public Governance Indonesia, Komite Nas
- Menerapkan peran tiga pilar pendukung tata kelola kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai pedoman pelaksanaan Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, 2006
- Mengembangkan penerapan prinsip-prinsip manajemen risiko sesuai SNI ISO 31000
- Mengembangkan penerapan kerangka kerja manajemen risiko
- Mengembangkan praktik penerapan proses manajemen risiko sesuai SNI ISO 31000
- Mengembangkan struktur tata kelola risiko dan model pertahanan 3 lapis yang mendukung penerapan SNI ISO 31000
- Mengembangkan peran dan akuntabilitas direksi dan dewan komisaris dalam memperkuat kepemimpinan manajemen risiko dengan penerapan SNI ISO 31000
- Merancang Sistem Manajemen Kepatuhan Organisasi sesuai ISO 19600
- Merencanakan Penerapan Sistem Manajemen Kepatuhan sesuai ISO 19600
- Mengembangkan Penerapan Sistem Manajemen Kepatuhan sesuai ISO 19600
- Merencanakan Integrasi Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 19600 dalam Penerapan GRC (Governance-Risk Management-Compliance) Organisasi
- Menerapkan Integrasi Sistem Manajemen Kepatuhan berbasis ISO 19600 dalam Penerapan GRC (Governance-Risk Management-Compliance) Organisasi
- Merencanakan Budaya Kepatuhan dan Etis dalam Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 19600
- Membangun Budaya Kepatuhan dan Etis dalam Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 19600
- Mengembangkan Budaya Kepatuhan dan Etis dalam Sistem Manajemen Kepatuhan Berbasis ISO 1960
Peruntukan
Sertifikasi pada skema inidiperuntukan bagi para personil yang menjalankan fungsi manajerial dan pelaksanaan dalam bidang GRK organisasi, diantaranya:
- Direksi/anggota C-Suite/Executive Committee atau sederajat.
- Pejabat Tinggi Pratama/Eselon 2/Direktur/Kepala Biro/Kepala Pusat/Sekretaris DirJen, Kepala Dinas/Ahli Madya atau sederajat.
Persyaratan Pemohon Sertifikasi
- Ijazah S1.
- Memiliki sertifikat pelatihan dalam bidang Tata Kelola organisasi pedoman KNKG, Manajemen Risiko berbasis ISO 31000, Kepatuhan organisasi berbasis ISO 19600, atau,
- Daftar riwayat hidup dengan pengalaman kerja minimal 1 (satu) tahun sebagai manajerial Bidang Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan.
Dokumen Persyaratan Sertifikasi
- Form APL (akan dikirimkan setelah pendaftaran)
- Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup terbaru
- Salinan Ijazah
- Salinan KTP
- Salinan Paspoto latar merah
- Salinan Sertifikat Pendukung terkait GRC (jika ada)
- Salinan Sertifikat Pelatihan terkait GRC
- Surat Keterangan Kerja/Surat Pengalaman Kerja
- Portfolio lain yang mendukung sesuai skema GRC
METODE
Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :
Metode Offline Training (Classroom) yaitu:
- Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.
Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:
- Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
- Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
- Ketentuan Online Training :
-
Persiapan Peserta
-
- Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
- Koneksi internet yang stabil.
- Buku dan alat tulis.
- Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
-
Platform yang digunakan
-
- Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
- Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
-
Cara masuk ke video conference
-
- Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
- Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
- Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.
Metode Assessment
- Assesssment dilaksanakan secara tatap muka, dengan durasi sekitar 1-2 jam.
- Jadwal dan waktu assessment dapat disepakati setelah kuota terpnuhi 5 peserta.
- Tempat Uji Kompetensi (TUK) bisa di kantor LSP di Jakarta, atau di TUK lain yang disepakati dengan mempertimbangkan biaya TUK, transport dan akomodasi tim asesor.
- Teknik assessment yang digunakan: verifikasi portfolio dan wawancara.
Instruktur
Ahmad Ridwan, S.E. ,M.Si., M.Prof, Acc., Ph.D (cand.), CA,CPA., BKP., CFE., CFrA., CISA.
and team.
Jadwal Training
Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:
| 23-24 Juni 2025
| 25-26 Juni 2025
|30 Juni – 1 Juli 2025
| 2-3 Juli 2025
| 4-5 Juli 2025
| 7-8 Juli 2025
| 9-10 Juli 2025
| 11-12 Juli 2025
| 14-15 Juli 2025
| 16-17 Juli 2025
| 18-19 Juli 2025
| 21-22 Juli 2025
| 23-24 Juli 2025
| 25-26 Juli 2025
| 28-29 Juli 2025
| 30-31 Juli 2025
| 1-2 Agustus 2025
| 4-5 Agustus 2025
| 6-7 Agustus 2025
| 8-9 Agustus 2025
| 11-12 Agustus 2025
| 13-14 Agustus 2025
| 15-16 Agustus 2025
| 18-19 Agustus 2025
| 20-21 Agustus 2025
| 22-23 Agustus 2025
| 25-26 Agustus 2025
| 27-28 Agustus 2025
| 29-30 Agustus 2025
| 1-2 September 2025
| 3-4 September 2025
| 8-9 September 2025
| 10-11 September 2025
| 12-13 September 2025
| 15-16 September 2025
| 17-18 September 2025
| 19-20 September 2025
| 22-23 September 2025
| 24-25 September 2025
| 26-27 September 2025
| 29-30 September 2025
| 1-2 Oktober 2025
| 3-4 Oktober 2025
| 6-7 Oktober 2025
| 8-9 Oktober 2025
| 10-11 Oktober 2025
| 13-14 Oktober 2025
| 15-16 Oktober 2025
| 17-18 Oktober 2025
| 20-21 Oktober 2025
|22-23 Oktober 2025
| 24-25 Oktober 2025
| 27-28 Oktober 2025
| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025
| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025
| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025
Investasi dan Fasilitas
Jenis Program |
Harga & Fasilitas |
Opsi 1 – Pelatihan Online |
|
Opsi 2 – Pelatihan Offline di Yogyakarta |
|
Opsi 3 – Pelatihan Offline di Semarang, Solo |
|
Opsi 4 – Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya |
|
Opsi 5 – Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll) |
|
Offline Assessment |
|
Penutup
Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Sertifikasi Governance, Risk Management, and Compliance (GRC)” untuk peningkatan kinerja. Semoga Kami dapat menjadi mitra dalam pencapaian kompetensi ini.