AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

ACARA

18 – 20 Desember 2018 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta

Jadwal Training 2019

22 – 24 Januari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
26 – 28 Februari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

Aktivitas yang dilakukan dalam proses pengadaan barang dan jasa diantaranya adalah pemilihan supplier, menciptakan hubungan yang baik dengan supplier, dan melakukan proses pembelian. Seiring dengan perkembangan perusahaan yang semakin maju maka akan meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dalam segala bidang, baik dengan supplier maupun dengan konsumen. Pada proses pengadaan barang dan jasa, pertukaran yang menggunakan sumber daya keuangan perusahaan untuk dijadikan alat produksi (capital expenditures) ini sangat berpotensi sekali terjadi penyimpangan atau fraud. Bahkan hampir di semua jenis perusahaan sering ditemui adanya penyimpangan yang disebabkan adanya kecurangan pada proses pengadaan barang dan jasa yang menimbulkan kerugian yang cukup signifikan. Fraud yang berkaitan dengan pengelolaan, pembelian dan pengadaan barang dan jasa sering kali menjadi sorotan dalam proses audit baik internal maupun eksternal, sebab di bagian ini sering terjadi capital turn over perusahaan yang cukup besar, sehingga, potensi terjadinya fraud cukup besar.

Auditor yang memahami aspek risiko dengan baik, akan selalu menjadikan kegiatan pengadaan ini sebagai obyek audit yang memerlukan pengujian lebih mendalam. Sehubungan dengan risiko yang sangat besar dalam proses pengadaan barang dan jasa, maka perlu adanya upaya dan strategi yang tepat untuk mencegah, mendeteksi dan mengungkapkan kecurangan yang sangat mungkin sekali terjadi pada pengadaan barang dan jasa. Maka dari itu, perlu dilakukan audit yang tepat dalam proses pengadaan barang dan atau jasa di perusahaan.

 

TUJUAN TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan:

  • Memahami konsep dasar proses pengadaan barang dan jasa dalam proses bisnis
  • Memahami prosedur dan administrasi dalam proses pengadaan barang dan jasa
  • Mengetahui peran auditor intern dan ekstern dalam kaitannya dengan pengadaan barang dan jasa
  • Mempelajari mengenai penyimpangan dan kecurangan dalam hal pengeloalaan, pembelian, dan pengadaan baik barang maupun jasa
  • Mengetahui proses audit dalam dalam mengungkapkan kecurangan/fraud dalam proses pengadaan barang dan jasa

 

MATERI TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

  1. Konsep dan Tujuan Audit Pengadaan Barang dan Jasa
  2. Pengantar Pengadaan Barang dan Jasa
    • SOP Procurement
    • Administrasi dalam Procurement
    • Negosiasi dan Kontrak
    • Dasar Hukum Pengadaan
  3. Bentuk Kecurangan dalam Pengadaan Barang dan Jasa
  4. Regulasi Berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa
  5. Proses Audit Investigasi Pengadaan Barang dan Jasa
  6. Red Flags adanya Kecurangan dalam Pengadaan Barang dan Jasa
    • Indikasi kecurangan dalam Perencanaan Kebutuhan Barang dan Jasa
    • Indikasi Kecurangan dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa
    • Indikasi adanya Kecurangan dalam Pertanggungjawaban Pengadaan Barang dan Jasa
  7. Identifikasi Penyimpangan dan Kecurangan/Fraud
  8. Kerugian yang ditimbulkan
  9. Bukti dan Pembuktian Kecurangan atas Pengadaan Barang dan Jasa
    • Jenis dan Tingkat Keandalan Bukti
    • Teknik Audit Investigatif untuk mendapatkan Bukti Kecurangan: Observasi, Pengujian Dokumen, Pengujian Fisik, Wawancara
    • Merangkai Bukti Audit Investigatif terkait dengan Pelanggaran Hukum
  10. Pelaporan Kecurangan hasil Audit Investigatif
  11. Studi kasus

 

PESERTA TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh karyawan bagian Procurement, Administrasi, para Auditor pada satuan kerja audit intern, serta dari departmen lain yang berhubungan dalam proses pembelian dan pengadaan barang maupun jasa.

 

INSTRUKTUR TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

  • Arya Wirabhuana, ST., M.Sc., CMPM.
  • Trio Yonathan Teja Kusuma, ST., MT., Phd (Cand)

Pakar di bidang Industrial Management, sering memberikan materi dalam training, seminar, workshop, terutama yang berkaitan dengan topik Audit Proses Pengadaan Barang dan Jasa.

 

METODE TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

  • Presentasi
  • Diskusi Interaktif
  • Studi Kasus
  • Simulasi
  • Evaluasi

 

JADWAL TRAINING 2019

  • Batch 1: 22 – 24 Januari 2019
  • Batch 2: 26 – 28 Februari 2019
  • Batch 3: 12 – 14 Maret 2019
  • Batch 4: 09 – 11 April 2019
  • Batch 5: 02 – 04 Mei 2019
  • Batch 6: 18 – 20 Juni 2019
  • Batch 7: 23 – 25 Juli 2019
  • Batch 8: 20 – 22 Agustus 2019
  • Batch 9: 03 – 05 September 2019
  • Batch 10: 29 – 31 Oktober 2019
  • Batch 11: 05 – 07 November 2019
  • Batch 12: 10 – 12 Desember 2019
  • 08.00 – 16.00 WIB

Yogyakarta: Cavinton Hotel Yogyakarta ; Neo Malioboro Hotel Yogyakarta Ibis Styles Hotel Yogyakarta
Surabaya: Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Malang: Best Western OJ Hotel Malang ; Harris Hotel & Convention Malang
Jakarta: Dreamtel Jakarta Hotel ; Ibis Jakarta Tamarin Hotel
Bandung: Golden Flower Hotel Bandung ; Serela Merdeka Hotel Bandung
Bali: Ibis Bali Kuta Hotel ; Harris Kuta Raya Hotel Bali

In House Training : Depend on request.

 

BIAYA TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

2018
  • 5.800.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • 6.500.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

2019

  • 5.900.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta)  -> minimum quota of 2 participants
  • 6.800.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya)  ->  minimum quota of 3 participants
  • 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali)  -> minimum quota of 3 participants

 

FASILITAS TRAINING AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

INCLUDE:

  • Meeting Room at hotel, Coffe Break, Lunch
  • Module (hard & soft copy/flashdish)
  • Training Kit, Souvenir, Sertifikat
  • Airport pick up services
  • Transportation during training

EXCLUDE:

  • Penginapan peserta training
  • Pajak (Ppn 10 %)

 

AUDIT PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.