Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 15.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2025

ANDALALIN – ANALISA DAMPAK LALU LINTAS – Online & Offline

ANDALALIN

PELATIHAN ANDALALIN – ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS

Available Online & Offline Training

  • 8-9 Desember 2025, Online by Zoom meeting (Almost Running)
  • 29-30 Desember 2025, Online by Zoom meeting (Almost Running)

Tanggal dan Lokasi training  lainnya silakan KLIK DI SINI

 

Deskripsi

Pelatihan ANDALALIN – Analisis Dampak Lalu Lintas ini dirancang untuk memberikan pemahaman teknis dan regulatif terkait proses penyusunan dokument ANDALALIN sebagai syarat perizinan pembangunan infrastruktur dan kawasan. Peserta akan dibekali dengan metode analisis lalu lintas, simulasi kinerja jalan, serta tata cara penyusunan dokumen yang sesuai dengan ketentuan Dinas Perhubungan.

 

Tujuan Pelatihan Andalalin

  1. Memahami dasar hukum, prosedur, dan kriteria kegiatan yang wajib menyusun ANDALALIN.
  2. Mampu melakukan analisis lalu lintas serta merancang mitigasi dampak lalu lintas.
  3. Mampu menyusun dokumen ANDALALIN sesuai format dan standar teknis yang berlaku.

 

Materi Pelatihan Andalalin

  1. Pengantar Analisis Dampak Lalu Lintas dan Kebijakan Transportasi
  2. Regulasi dan Dasar Hukum ANDALALIN di Indonesia
  3. Kriteria dan Jenis Kegiatan yang Wajib ANDALALIN
  4. Metodologi Penyusunan Dokumen ANDALALIN
  5. Pengumpulan dan Analisis Data Lalu Lintas Dasar
  6. Teknik Survei Lalu Lintas dan Proyeksi Pertumbuhan Volume Kendaraan
  7. Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Persimpangan (LOS, V/C Ratio, dll)
  8. Simulasi Pergerakan Lalu Lintas dengan Software (misalnya VISSIM atau Synchro)
  9. Identifikasi Dampak dan Rekomendasi Penanganan Dampak
  10. Penyusunan Dokumen Teknis ANDALALIN
  11. Proses Review dan Persetujuan ANDALALIN oleh Dinas Perhubungan
  12. Studi Kasus

 

Metode Pelatihan Andalalin

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Teknik yang digunakan: presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.
  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.
  3. Ketentuan Online Training :
  1. Persiapan Peserta

    • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
    • Koneksi internet yang stabil.
    • Buku dan alat tulis.
    • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.
  1. Platform yang digunakan

    • Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.
    • Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.
  1. Cara masuk ke video conference

    • Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.
    • Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.
    • Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

 

INSTRUKTUR

Ar.Ir. Arief Heru Swasono, MTP, IAI, IPM.

And team.

 

JADWAL TRAINING 2025

Jadwal training dapat disesuaikan dengan permintaan peserta dan ketersediaan trainer. Berikut opsi jadwal yang tersedia:

Oktober 2025

| 29-30 Oktober 2025
| 31 Oktober – 1 November 2025

November 2025

| 3-4 November 2025
| 5-6 November 2025
| 7-8 November 2025
| 10-11 November 2025
| 12-13 November 2025
| 14-15 November 2025
| 17-18 November 2025
| 19-20 November 2025
| 21-22 November 2025
| 24-25 November 2025
| 26-27 November 2025
| 28-29 November 2025

Desember 2025

| 1-2 Desember 2025
| 3-4 Desember 2025
| 5-6 Desember 2025
| 8-9 Desember 2025
| 10-11 Desember 2025
| 12-13 Desember 2025
| 15-16 Desember 2025
| 17-18 Desember 2025
| 19-20 Desember 2025
| 22-23 Desember 2025
| 26-27 Desember 2025
| 29-30 Desember 2025

  

 INVESTASI DAN FASILITAS

Jenis Program

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Rp 3.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile), sertifikat training (softfile & hardfile), pengiriman sertifikat ke alamat peserta.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Malyabhara, Malioboro, atau

  • Hotel El Royal, Malioboro

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Semarang, Solo

  • Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang, atau

  • Hotel Ibis, Solo

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung, Malang, atau Surabaya

  • Rp 7.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 2 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Asyana Kemayoran Jakarta, atau

  • Hotel Amaris Kemang Jakarta, atau

  • Hotel Panen Bandung, atau

  • Hotel Fave Malang, atau

  • Hotel Midtown Surabaya

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Opsi 5 –

Pelatihan Offline di Luar Pulau Jawa (Bali, Lombok, Balikpapan, Batam, dll)

  • Rp 8.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 3 peserta.

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta Bali, atau

  • Hotel Lombok Raya Mataram, atau

  • Hotel Fave Balikpapan, atau

  • Hotel Beverly Batam, dll

  • Sudah termasuk : modul materi (softfile & hardfile), training kits, meeting room, coffee break, lunch, sertifikat training (softfile & hardfile), dan souvenir.

  • Belum termasuk : penginapan & transportasi peserta, dan PPN 11%.

Penutup

Melalui training ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi peserta menjadi ahli dalam bidang “Penyusunan Dokumen ANDALALIN” untuk peningkatan kinerja. 

PELATIHAN ANDALALIN – ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. Mengisi formulir ini belum mengikat peserta harus ikut training. Kami akan mengirimkan lembar verifikasi pendaftaran, dan hanya pendaftar terverifikasi yang akan terdaftar sebagai peserta training
  2. (required)
  3. KEBUTUHAN TRAINING
  4. (required)
  5. (required)
  6. DATA PRIBADI
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
  10. (valid email required)
  11. (required)
  12. DATA PERUSAHAAN
  13. Wajib diisi jika peserta akan ikut training dari Perusahaan
  1. Pengisian data yang lengkap akan lebih kami apresiasi dan prioritaskan untuk diproses
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.