Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

Tips dan Trik Menghadapi Wawancara Kerja

ACARA

11 Nopember 2019 | Rp 1.600.000 di Hotel Amaris/ Ibis/ Pop, Jakarta

 

Wawancara kerja merupakan metode penting dalam proses rekrutmen dan seleksi calon karyawan.

Saat wawancara kerja, pelamar  telah memiliki kesempatan untuk lebih mengenal institusi/ perusahaan dan sebaliknya perusahaan dapat mengenal potensi/ kompetensi  pelamar dengan lebih detail

Bagi Perusahaan, tujuan wawancara kerja adalah:

  • Cara menemukan dan  menentukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan persyaratan jabatan.
  • Untuk mengetahui kepribadian pelamar
  • Mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan
  • Mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan
  • Membantu perusahaan mengidentifikasi pelamar yang layak untuk diberikan penawaran kerja.

Sedangkan bagi pelamar, tujuan wawancara kerja adalah:

Merupakan kesempatan menjelaskan secara langsung tentang pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, strategi kerja dan sikap/ cara mengatasi masalah situasi kerja

Proses wawancara secara umum berisi tanya jawab. Tanya dari pihak HR dan jawab dari sang pelamar kerja. Tujuannya tidak lain adalah mengorek informasi pelamar. Yang pada akhirnya digunakan untuk menentukan apakah si pelamar tersebut layak untuk diterima sebagai karyawan atau tidak.

Hal yang perlu dipersiapkan sebagai perlamar kerja, khususnya yang fresh graduate adalah mencari tahu pertanyaan yang sering muncul dalam proses wawancara. Karena sejatinya setiap pertanyaan dalam wawancara kerja itu telah disusun/ disetting sebelumnya oleh pihak HR. Artinya mereka telah menyiapkan terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada si pelamar kerja.

Dan sebagai pelamar yang baik, kita juga harus menyiapkan alternatif jawaban-jawaban dari pertanyaan yang nanti sekiranya akan muncul. Istilahnya ‘persiapan dihadapi dengan persiapan’. Logikanya, jika HR saja menyiapkan pertanyaan untuk wawancara, mengapa pelamar tidak menghadapinya dengan juga menyiapkan alternatif jawabannya.

Jadi saat hendak menuju tempat wawancara kita sudah siap dan yakin dengan segala kemungkinan pertanyaan yang muncul. Bukannya hanya bermodal yakin dan percaya diri namun tanpa persiapan.

 

MANFAAT PELATIHAN WAWANCARA KERJA

  1. Memperoleh wawasan/ pengetahuan tentang wawancara kerja
  2. Memperoleh ketrampilan tentang wawancara kerja
  3. Dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam wawancara kerja

 

MATERI PELATIHAN WAWANCARA KERJA

  1. Apa saja yang harus disiapkan awal sebelum wawancara kerja?
  2. Persiapan teknis dan non teknis
  3. Menghadapi berbagai jenis wawancara kerja
  4. Mempersiapkan beberapa alternative jawaban dalam menghadapi pertanyaan
  5. Bahasa tubuh dalam wawancara kerja
  6. Hal-hal yang harus dihindari dalam wawancara kerja

 

PESERTA PELATIHAN WAWANCARA KERJA

Pelamar Kerja (fresh graduate atau yang sudah berpengalaman kerja)

 

METODE PELATIHAN WAWANCARA KERJA

  1. Pemaparan materi menggunakan modul yang disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
  2. Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman, sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
  3. Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta.
  4. Penyampaian materi selalu dibawakan dengan pendekatan Spiritual dan Emotional.
  5. Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang dapat merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.

 

FASILITATOR PELATIHAN WAWANCARA KERJA

BUDHI WIRAWAN, SE, M.Psi. 

Berpengalaman dalam menangani berbagai fungsi Manajemen SDM  (rekruitmen, training,  development, compensation , industrial relations , corporate culture , employee engagement )  di  beberapa perusahaan di berbagai jenis industri (manufaktur , farmasi dan keuangan)

  • Faculty of Economics , Management, UNPAD
  • Faculty of Psychology, Human Resources Applieed  Study,
  • University of Indonesia (UI)
  • 2006 – 2017 : Head of Human Resource Relations / Assisstant Vice President HR Division PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk (Adira Finance)
  • Competency Design Standard Certification – BNSP
  • Assessor Competency Certification – PPM Management
  • Executive HR & IR Management – HIDA AOTS JAPAN
  • HRMDP & Man Management – ASTRA Management Dev.
  • Employee Engagement – Gallup University

 

DURASI PELATIHAN WAWANCARA KERJA

1 hari Pelatihan @ 7 Jam

 

Workshop akan diadakan pada 

Tanggal:

  • 11 Nopember 2019

Tempat            : Hotel Amaris/ Ibis/ Pop.

Waktu              : 08.30 – 17.00

Fasilitas           : Materi Training, Sertifikat, Photo, Makan siang dan snack

 

INVESTMENT PELATIHAN WAWANCARA KERJA

Hanya Rp.1.600.000 per peserta

 

CARA MENGHADAPI WAWANCARA KERJA (BAGI PELAMAR KERJA)

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days