Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

TEKNIK INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

ACARA

04 – 06 Januari 2021 | Rp 6.500.000/ peserta di Jakarta
01 – 03 Februari 2021 | Rp 6.500.000/ peserta di Jakarta
15 – 17 Maret 2021 | Rp 6.500.000/ peserta di Jakarta

Jadwal Training 2021 Selanjutnya …

 

 

DESKRIPSI TRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

FRAUD – menurut Oxford Dictionary: “is criminal deception; the use of false representations to gain an unjust advantage” – adalah ancaman yang sangat serius bagi perusahaan modern. Penyakit termaksud dapat menimpa perusahaan apapun tanpa memperdulikan skala bisnisnya. Berbeda dengan varian pendahulunya, dewasa ini corporate fraud telah bermetamorfosis dalam berbagai bentuk dengan modus yang kian canggih dan halus. Ada dua kata kunci untuk menjelaskan fenomena fraud, yakni sistem dan moral hazard. Dalam pengoperasian seluruh lini manajemennya, sebuah perusahaan pasti bersandar pada sebuah sistem yang terdiri dari:

  1. Organisasi, dimana didalamnya terdapat posisi (jabatan), tugas, kewenangan dan tanggungjawab.
  2. Kebijakan, SOP dan Peraturan, semisal kebijakan keselamatan kerja, SOP Purchasing atau Peraturan lembur.
  3. Alat Kerja, semisal mesin kantor, mesin produksi, formulir-formulir, kendaraan.

Ketiga unsur dalam sistem di atas berinteraksi dinamis dengan manusia sebagai
elemen utamanya. Disini fraud potensial terjadi jika:

  1. Seseorang memiliki posisi, otoritas dan technical knowledge untuk melakukan aksi fraud.
  2. Dalam Kebijakan, SOP atau Peraturan terdapat celah-celah yang memungkinkan terjadinya fraud.
  3. Adanya alat kerja yang dapat disiasati.

Tampak jelas bahwa fraud adalah kecurangan sistematis terhadap system perusahaan. Pertanyaan menarik yang mengikutinya adalah; mengapa ada karyawan yang kendati jabatannya tinggi, kekuasaannya besar dengan sistem yang longgar dan memiliki peluang besar untuk memanipulasi alat-alat kerja – namun tidak melakukan fraud?. Jawabnya ada pada satu kata: moral hazard (bahaya moral). Unsur moral hazard akan muncul apabila kebutuhan finansial karyawan ybs. Jauh lebih tinggi dari penghasilan yang diperolehnya. Ia tidak akan mampu menutup kekurangannya kecuali dengan melakukan kecurangan terhadap perusahaan. Mencegah timbulnya fraud dalam perusahaan bukan perkara mudah. Dibutuhkan sumberdaya manusia yang cakap, tangguh dan sangat memahami bahwa fraud bukanlah sekedar masalah human error atau kealpaan seseorang; namun merupakan tindakan kriminal yang direncanakan dengan seksama oleh pelakunya. Merujuk kepada fakta di atas, salah satu tindakan yang tepat untuk menghadapinya adalah membekali personil terkait dengan kemampuan dan kecakapan khusus; sehingga menimbulkan efek deterrence (penggentar) bagi orang yang berniat mencobanya.

 

TUJUAN TRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

Setelah mengikuti training ini, peserta ditargetkan:

  1. Memahami bahwa fraud merupakan bahaya latent yang mengancam setiap perusahaan tanpa kecuali.
  2. Memahami peran kontrol internal dalam mengelola ancaman fraud.
  3. Memahami anatomi fraud.
  4. Mampu melakukan vulnerability assessment organisasi terhadap ancaman fraud dan mengambil langkah perbaikan.
  5. Mampu merekonstruksi skenario desepsi/kebohongan yang terjadi.
  6. Mampu mendesain wawancara investigasi berbasis NLP
  7. Mampu melakukan wawancara investigasi berbasis NLP
  8. Mampu mengenali berbagai bentuk pola kalimat yang digunakan untuk mengaburkan permasalahan dan mengcounternya.
  9. Mampu mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang bersahabat namun secara bawah sadar, sangat menekan subyek wawancara.
  10. Mampu mengidentifikasi desepsi/kebohongan.

 

MATERI TRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP 

1.    Introduksi: Keamanan Korporat dan Fraud
2.    Pengendalian Internal dan Fraud
3.    Anatomi Fraud
4.    Vulnerability Assessment
5.    Penanganan Dokumen
6.    Teknik Mengidentifikasi Desepsi Fraudster
7.    Persiapan Wawancara Investigasi
8.    Wawancara Investigasi Berbasis NLP

 

KOMPOSISI MATERI TRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

Terdiri dari 60% teori dan 40% praktek.

 

METODE TRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

1.    Paparan materi
2.    Pemutaran film
3.    Diskusi interaktif
4.    Praktek

 

SIAPA SEBAIKNYA MENGHADIRI TRAINING INI?

Security Manager, HR&GA Manager, Legal Manager, Risk Management Manager, Personnel Manager, Internal Auditor, Internal Control dan personil lain yang terkait dengan penanganan fraud dalam perusahaan.

 

INSTRUKTUR TRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

Haryoko R. Wirjosoetomo

 

TEMPAT TTRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

DURASI  TRAINING INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

3 hari

 

JADWAL TRAINING 2021

  1. 04 Jan 2021-06 Jan 2021
  2. 01 Feb 2021-03 Feb 2021
  3. 15 Mar 2021-17 Mar 2021
  4. 05 Apr 2021-07 Apr 2021
  5. 05 Mei 2021-07 Mei 2021
  6. 14 Jun 2021-16 Jun 2021
  7. 05 Jul 2021-07 Jul 2021
  8. 02 Agust 2021-04 Agust 2021
  9. 13 Sep 2021-15 Sep 2021
  10. 04 Okt 2021-06 Okt 2021
  11. 01 Nop 2021-03 Nop 2021
  12. 29 Nop 2021-01 Des 2021

 

INVESTMENT/ PERSON

  1. Rp 6.500.000/person (full fare) or
  2. Rp 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor

 

TEKNIK INVESTIGASI FRAUD BERBASIS NLP

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days