Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

Purchasing, Inventory Control & Warehouse Management

ACARA

20 – 24 September 2013 | Rp. 5.500.000,- / participant di Ibis Hotel, Yogyakarta

 

DESKRIPSI Training Purchasing, Inventory Control & Warehouse Management

Pengadaan barang dan jasa merupakan proses  vital dalam aktivitas perusahaan karena secara rata rata menyerap dana  lebih dari  50%  anggaran total perusahaan. Kesuksesan pengadaaan  dan pembelian sangat dipengaruhi oleh strategi yang digunakan dalam pemilihan supplier ,proses pengiriman dan proses administrasinya. strategi pengadaan  dapat didefinisikan sebagai suatu inisiatif yang direncanakan untuk mengoptimalkan pembelanjaan dengan memilih pemasok yang dapat menciptakan peningkatan pengetahuan dan nilai lebih dalam hubungan pelanggan-pemasok. Secara teoritis kegiatan ini  mudah,namun dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi dengan supplier dan lainnya.

Training ini akan membahas tentang proses pengadaan dan pembelian dan strategi juga membantu peserta dalam memahami fungsi dari gudang dan distribusi sampai dengan pelayanan pelanggan serta pengaruhnya dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

TRAINING OBJECTIVES Purchasing, Inventory Control & Warehouse Management

Pelatihan ini dimaksudkan untuk membantu para peserta agar:

  • Memahami kode etik dan prosedur baku procurement
  • Memahami tahapan administrasi dan dokumentasi procurement mulai dari prakualifikasi supplier/vendor, analisa penawaran, kontrak, hingga proses tender
  • Memahami metode sourcing, teknik analisa penawaran, dan strategi negosiasi
  • Memahami regulasi dan konsep hukum bisnis
  •  Memahami bagaimana proses menyeleksi, memilih, dan mengevaluasi kinerja pemasok
  • Memahami pentingnya fungsi pergudangan di perusahaan
  • Memahami kegiatan-kegiatan utama dalam Manajemen Pergudangan
  • Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kegiatan pergudangan
  • Membekali pengetahuan bagaimana mengoptimalkan fungsi pergudangan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Tingkat persediaan yang lebih efisien
  • Meningkatkan produktifitas & mutu kerja
  • Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan persediaan
  • Meningkatkan kinerja perusahaan

TRAINING OUTLINE Purchasing, Inventory Control & Warehouse Management

  • Introduction
  • Warehouse
  • Procurement
  • Inventory Control
  • Procurement review
  • Prinsip dasar procurement
  • Peran strategis pembelian
  • Procurement plan
  • Procurement budget
  • SOP Procurement
  • Form and check list
  • Administrasi Procurement
  • Proses administrasi
  • Struktur organisasi pembelian
  • Procurement Committee
  • Approval limit
  • Sampling quality report
  • Handover note
  • Supplier Relationship Management
  • Perbedaan SRM dan konvensional relationship
  • Jenis-Jenis relationship dengan Supplier
  • Mengelola relationship dengan supplier
  • Category Management Process
  • Arsitektur System e-Procurement
  • Koneksitas SRM dan e-Procurement
  • Evaluasi current system
  • Jenis Kontrak, Resiko Bisnis, dan Mediasi
  • Tugas, fungsi, dan koordinasi dalam organisasi perusahaan terkait proses legal dan manajemen kontrak
  • Terms and conditions, purchase agreement, sub kontrak, aliansi bisnis dan KSO antar pelaku bisnis
  • Kontrak bisnis internasional yang melibatkan pelaku bisnis dari 2 negara yang berbeda
  • Property Leasing agreement, rental sales agreement, outsourcing agreement, services level agreement
  • Proses sengketa hukum nasional, dan internasional melalui Abritase
  • Teknik beracara dan menyelesaikan perselisihan hukum bisnis
  • Drafting dan Evaluasi Kontrak Bisnis
  • Cara membaca dan mempelajari kontrak
  • Perubahan kontrak
  • Pembatalan kontrak
  • Pengesahan kontrak
  • Contract timeline
  • Latihan membuat kontrak
  • Specialized Purchasing Tools
  • Pareto Analysis
  • Aplikasi JIT dalam purchasing
  • Global Purchasing Strategy
  • Basic MRP dan kaitan dengan purchasing
  • RFP – Request For Proposal
  • Konsep dan Prinsip-prinsip dasar SLA – Service Level Agreement
  • ABC Analysis
  • Cara menentukan Safety Stock yang tepat
  • EOQ – Economic Order Quantity
  • Metode Sourcing
  • Identifikasi supplier
  • Klasifikasi supplier
  • Supply positioning models
  • Bid collection
  • Metode survey harga
  • Benchmarking
  • Vendor Managed Inventory (VMI) and Vendor Held Inventory (VHI)
  • Konsep VMI dan VHI
  • Syarat pelaksanaan VMI dan VHI
  • Terms & conditions untuk VMI dan VHI
  • Prosedur operasional VMI dan VHI
  • Amendment, extension, and cancellation VMI
  • Teknik Negosiasi dan Analisa Penawaran
  • Metode dan teknik negosiasi
  • Analisa quotation serta terms and conditions
  • Survey lapangan
  • Sampling produk
  • Bid comparison
  • Weighted score methods
  • Handling difficult supplier
  • Managing Supplier Performance
  • Competition role models
  • Konsep dan aplikasi KPI
  • KPI for internal and vendor
  • Reward and punishment
  • Pelaporan KPI
  • Meeting evaluasi
  • Pra-Kualifikasi dan Pasca Kualifikasi Tender
  • Regulasi dan kebijakan tender
  • HPS OE & TKDN
  • Dokumen dan administrasi tender
  • Proses Pra-Kualifikasi
  • Proses Pasca-Kualifikasi
  •  Evaluasi dan Keputusan Tender
  • Analisa dan evaluasi tender
  • Pengumuman keputusan tender
  • Masa sanggah
  • Tender ulang
  • SPK dan kontrak
  • Negotiation Skills for new buyer. Win-win solution
  • Tahapan dalam negosiasi
  • Strategi dalam melakukan process bargaining
  • Strategi dalam menghadapi difficult supplier
  • Kesalahan yang sering dilakukan dalam negosiasi
  • Teknik meningkatkan kemampuan diri dalam bernegosiasi
  • Menutup negosiasi dengan hasil yang memuaskan
  • Tips-tips dalam bernegosiasi
  • Warehousing system
  • Receiving
  • Storage
  • Issuing
  • Information
  • Store & warehouse control
  • Documentation
  • Information
  • Warehouse element
  • Storage & space allocation
  • Stock rotation
  • Storage system handling equipment
  • Picking & despatching
  • Basic Inventory & store control
  • Re-order point
  • Phsycal inventory
  • Safety stock
  • Fixed quantity ordering
  • Fixed period ordering
  • The EOQ control system
  • Cycle count
  • Logistic system
  • Physical distribution management
  • Distribution planning system
  • Basic factor influence the choice of transport mode

PESERTA Training Purchasing, Inventory Control & Warehouse Management

Pelatihan ini ditujukan bagi para personel di bidang Supply Chain / Logistik, Procurement / Purchasing/ Warehouse Komite Pembelian, General Affair, Contract / Legal Officer, Tim / panitia lelang yang terlibat dalam proses pembelian dengan pemasok.

 

 

TRAINING METHOD Purchasing, Inventory Control & Warehouse Management

Presentation, Discussion, Case Study, Evaluation

Instructor:

Dr Hari Agung Yuniarto

 

 

 

TRAINING FEE

Rp. 5.500.000,- / participant / NON residential

 

TIME & DATE

  • 20-24 September 2013
  • Ibis Hotel Yogyakarta

FACILITIES

Training Kit, Flash disc, Handout, Certificate, Lunch, 2 X Coffee Break, Souvenir

Strategic Purchasing, Inventory Control & Warehouse Management

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days