PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM WITH EXCEL 2007 / 2010 AND VISUAL BASIC APPLICATION – Confirmed

ACARA

18 – 19 April 2016 | Rp. 3.750.000,- di Jakarta

 

A. TRAINING BACKGROUND PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Tingginya ketergantungan pada penggunaan software payroll dalam kegiatan administrasi  penggajian  sehari-hari  di  kalangan  karyawan  menyebabkan  mereka lupa atau bahkan tidak tahu sama sekali bagaimana formulasi sesungguhnya yang terjadi pada proses tersebut   untuk mendapatkan nilai nominal upah lembur berdasarkan data absensi lembur, baik untuk lembur hari kerja, lembur hari libur dan lembur hari libur besar. Begitu pula banyak pengguna software payroll yang juga  belum memahami  perhitungan  pajak  penghasilan pasal  21  untuk  karyawan tetap dengan gaji bulanan yang berhubungan dengan struktur skala gaji (Matrix Salary), serta ditambah dengan perhitungan Jamsostek.

Apabila terjadi kerusakan pada system payroll, akhirnya karyawan tersebut tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaannya. Kenapa ? karena karyawan tersebut hanya mempunyai keterampilan sebatas entry data dan mencetak laporan gaji atau slip gaji saja. Seharusnya karyawan tersebut dapat menggunakan data hasil backup dari aplikasi payroll yang dapat berupa file Excel 2010.

Pelatihan ini akan menjelaskan dan mencontohkan langkah demi langkah bagaimana menerapkan  proses  pengolahan  data  menggunakan  formulasi  dan  metode  yang tepat   untuk   setiap   permasalahan   yang   telah   disebutkan   di   atas   dengan menggunakan kecanggihan Excel 2010. Jadi di sini peserta training tidak lagi hanya menjadi “jago entry data” atau “jago cetak slip gaji” saja, tapi juga memahami bagaimana proses menghasilkan informasi data seperti itu.

B. TRAINING OBJECTIVES PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Memahami pengertian kompensasi.
  1. Memahami metode dan system kompensasi.
  1. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan upah.
  1. Mengetahui pedoman penetapan tingkat upah.
  1. Memahami penggunaan struktur skala gaji (Matrix Salary).
  1. Memahami komponen gaji (upah), tunjangan dan iuran wajib.
  1. Melakukan proses import database backup payroll ke dalam sheet Excel 2010.
  1. Melakukan proses pembentukan  sheet  data  master  karyawan  dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.
  2. Melakukan  proses   pembentukan   sheet   data   absensi   kerja   harian   dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.
  1. Melakukan proses   pembentukan   sheet   data   absensi   lembur   kerja   dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.
  2. Melakukan proses perhitungan gaji pokok berdasarkan penggunaan link data matrix salary dengan formulasi Excel 2010.
  3. Melakukan proses perhitungan   tunjangan   makan   dan  tunjangan  transport berdasarkan penggunaan link data absensi kerja harian dan lembur dengan formulasi Excel 2010.
  4. Melakukan proses perhitungan pemotongan dana Jamsostek.
  1. Melakukan proses perhitungan tunjangan upah lembur berdasarkan penggunaan link data absensi lembur kerja dengan formulasi Excel 2010.
  2. Melakukan proses perhitungan  total  PTKP  (Pendapatan  Tidak  Kena  Pajak) setahun berdasarkan penggunaan link data kunci status marital wajib pajak pada table PTKP setahun dengan formulasi Excel 2010.
  1. Melakukan proses perhitungan  total  PKP  (Pendapatan  Kena  Pajak)  setahun berdasarkan formulasi Excel 2010.
  1. Melakukan proses perhitungan pajak penghasilan (Pph Pasal 21) setahun untuk karyawan tetap berdasarkan  penggunaan  link  data  table  Lapisan  Kena  Pajak (terendah s/d tertinggi) & Tarif Persentasi Pajaknya dengan formulasi Excel 2010.
  1. Membuat rekapitulasi gaji dengan formulasi Excel 2010.
  1. Membuat slip detail perhitungan PPh Pasal 21 untuk setiap karyawan dengan formulasi Excel 2010.
  2. Menyisipkan file macro pada Excel 2010 options Add-Ins yang akan digunakan untuk mencetak kalimat nominal gaji terbilang pada formulir pencetakan slip gaji setiap karyawan dengan formulasi Excel 2010.
  3. Membuat formulir pencetakan slip gaji lengkap dengan komponen-komponen penambah (Lembur, Jabatan, Suami/Istri, Anak/Keluarga, Makan, Transportasi, Asuransi, dll),  komponen-komponen pengurang (Iuran Asuransi, Jamsostek, PPh Pasal 21, dll) ditambah cetak nominal terbilang menggunakan file macro dengan formulasi Excel 2010.

C. TRAINING SYLLABUS PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

  1. Pengertian kompensasi.
  1. Metode kompensasi
  1. System kompensasi.
  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan upah.
  1. Pedoman penetapan tingkat upah.
  1. Penggunaan struktur skala gaji.
  1. Komponen gaji (upah)
  1. Tunjangan-tunjangan
  1. Iuran wajib.
  1. Import database backup payroll ke dalam sheet Excel 2010.
  1. Pembentukan sheet data master karyawan dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.
  1. Pembentukan sheet data absensi kerja harian dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.
  2. Pembentukan sheet data absensi lembur kerja dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.
  1. Perhitungan gaji pokok berdasarkan penggunaan link data matrix salary.
  1. Perhitungan tunjangan makan dan tunjangan transport berdasarkan penggunaan data absensi kerja harian.
  2. Perhitungan tunjangan upah  lembur  berdasarkan  penggunaan  data  absensi lembur kerja.
  3. Perhitungan pemotongan dana Jamsostek.
  1. Proses perhitungan   total   PTKP   (Pendapatan   Tidak   Kena   Pajak)   setahun berdasarkan penggunaan link data kunci status marital wajib pajak pada table PTKP setahun.
  2. Proses perhitungan total PKP (Pendapatan Kena Pajak) setahun.
  1. Proses perhitungan pajak penghasilan (Pph Pasal 21) setahun untuk karyawan tetap berdasarkan penggunaan link data table Lapisan Kena Pajak (terendah s/d tertinggi) & Tarif Persentasi Pajaknya dengan formulasi Excel 2010.
  2. Rekapitulasi gaji dengan formulasi Excel 2010.
  1. Slip pencetakan detail perhitungan PPh Pasal 21 untuk setiap karyawan.
  1. Add Ins file macro pada Excel 2010 options.
  1. Formulir pencetakan slip gaji lengkap dengan komponen-komponen penambah, pengurang ditambah cetak nominal terbilang menggunakan file macro.

D. AUDIENCE TARGET PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Staff atau Leader yang berkepentingan terhadap proses pembuatan Payroll Administration System dari kalangan non IT yang sudah familiar menggunakan Excel 2010.

E. DURATION PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

F. TRAINING METHOD PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukannya.

Trainer

ERAWAN SUPRIYATNA and TEAM

Praktisi dan trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 21 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1991 – sekarang, antara  lain    di  Institute Secretary Management  & Computer (ISMC Wijaya Kesuma), LPTKI, LPKIA, IKAI, LP3I, PT. Asia Furniture & Craft, PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah  menjabat  sebagai  Manager  Training  dan  Development  di  perusahaan  swasta  dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting.

Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting. Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan sebagai berikut : Implementation Workload Analysis with Excel 2010 & VBA, General Affair Officer with Data Processing and Data Control, Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2010, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2010 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2010, RDBMS Application Development with Access 2010, Control Object for IT (COBIT v.4.1), dan lain-lain.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping   dan NLP di   bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training  &  Development)  selama  lebih  dari  7  tahun.  Dengan  perpaduan  metode  pelatihan seperti itulah,   pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

Investasi :

Rp. 3.750.000,- / 1 Peserta (termasuk souvenir, flask disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat)

Tempat :

Hotel Amaris Le Codefin Kemang, Jakarta Selatan

IMPLEMENTATION OF PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM WITH EXCEL 2007 / 2010 AND VISUAL BASIC APPLICATION

 

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *