Opini Publik Politik Pemilihan

ACARA

27 – 28 November 2018 | Rp 5.225.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta

Jadwal Training 2019

21 – 22 Februari 2019 | Rp 5.225.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta
15 – 16 April 2019 | Rp 5.225.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta
12 – 13 Juni 2019 | Rp 5.225.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta

Jadwal Training 2019 Selanjutnya…

 

Diskripsi Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

Pemahaman secara komprehensi Opini Publik bertumpu pada ilmu Public Relations sangat penting dikuasai bagi pimpinan dan manajemen partai juga para kadernya yang akan mendukung kampanye pemilihan. Opini Publik atau Public Opinion merupakan fenomena dalam kehidupan sosial dan politik dan dalam dua dekade terakhir menjadi sorotan pinting di Indonesia.

 

Pokok bahasan Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

  1. Pemahaman konsep dan pengertian Opini Publik
  2. Pemahaman kebebasan informasi dan perilaku media
  3. Proses terjadinya Opini dan Opini Publik serta survey Opini Publik yang meliputi polling dan pemahaman hasil polling
  4. Studi Kasus Opini Publik mengarah pada Ilmu Public Relations  atau keHumasan dan Komunikasi Politik Pemilihan.

 

Tujuan Instruksional Umum Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

            Memahami secara komprehensif mengenai Opini Publik ditinjau dari ilmu Public Relations dan Ilmu Komunikasi, sehingga para peserta workshop mampu mengikuti fenomena sosial dalam kancah politik yang dinamis.

 

Tujuan Instruksional Khusus Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

            Peserta diberi bekal pendekatan ilmiah menghadapi dinamika opini publik dan jika perlu ikut dalam pementasan opini serta pengendaliannya kearah yang positif  sesuai kaidah ilmu Public Relations dan Etika Kehumasan serta kesantunan berpolitik.

 

Metodologi Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

  • Penyampaian materi melalui power point, foto copy dan clipping media cetak
  • Pada setiap pokok bahasan dipresentasikan studi kasus
  • Interaktif: merangsang tanya-jawab; bukan hanya antara pelatih – peserta, tetapi melibatkan seluruh forum peserta
  • Peserta diberikan refernsi bacaan akademik sesuai pokok bahasan yang perlu difahami
  • Para peserta dipandu untuk membahas rencana peningkatan opini publik dalam pemilihan untuk dibahas dalam forum diskusi
  • Pada akhir workshop, para peserta dipandu agar mengajukan presentasi kelompok disertai bahasan: anilisis, sistematika dan saran bagaimana agar tercapai sikap publik yang disasar sebaiknya memberikan pendapatnya (opini)  atau penanganan komunikasi suatu kejadian fenomena Opini Publik sesuai visi /misi partai.

 

Referensi

  • Arifin, Anwar (2010) Opini Publik. Gramata Publishing: Depok.
  • Cutlip, Scott. (2006) Effective Public Relations; terjemahan: Kencana Publishing, Jakarta.
  • Denton, Robert E., Jr. (2000). Political Communication Ethics An Oxymoron?. Praeger, Westport, Connecticut
  • Kasali, Rhenald. (2003) Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.
  • Lippmann, Walter. (1965). Public Opinion. Free Press, New York
  • Pawito,Ph.D.(2006) Komunikasi Politik Media Massa dan Kampanye Pemilihan. Jalasutra,
  • Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi Politik Media Penyiaran. LKiS Yogyakarta, Yogyakarta

 

Lead Trainer Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si:

Berpengalaman sebagai dosen cum pelatih manajemen ilmu komunikasi selama 30 tahun

Co-Trainer

Tina Agustarini, M.Si

Dosen dan praktisi program wawancara di media TV

 

Jadwal Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

  • 21 – 22 Februari 2019
  • 15 – 16 April 2019
  • 12 – 13 Juni 2019
  • 05 – 06 Agustus 2019
  • 14 – 15 Oktober 2019
  • 26 – 27 November 2019

 

Lokasi Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

Amaris Hotel La Codefin Kemang /Neo Hotel – Kebayoran/ Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta (tentative)

 

Biaya Workshop Opini Publik Politik Pemilihan

  • Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment 1 week before training)
  • Rp. 4.350.000 ,- (REG 2 weeks before; payment 1 week before training)
  • Rp. 4.850.000 ,- (On The Spot; payment at the latest training)
  • Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)

 

Opini Publik Politik Pemilihan

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.