MICROSOFT EXCEL 2013 FOR DATA PROCESSING AND REPORTING – Confirmed

ACARA

21 – 23 November 2018 | Rp. 5.950.000/person di Jakarta – CONFIRMED
19 – 21 Desember 2018 | Rp. 5.950.000/person di Jakarta

 

 

Penggunaan aplikasi Microsoft Excel untuk mempermudah pekerjaan pengolahan data dan pembuatan pelaporannya untuk semua karyawan di setiap organisasi ataupun perusahaan sudah menjadi keharusan, karena umumnya aplikasi tersebut sudah terinstall dalam paket Microsoft Windows dan Microsoft Office yang ada di setiap komputer karyawan.

Setiap karyawan, baik yang bekerja in office ataupun out office harus dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan benar agar dapat melakukan pekerjaan pengolahan data dan pembuatan pelaporannya secara efisien dan efektif.

Keputusan bijaksana yang harus diambil oleh pimpinan organisasi adalah mengharuskan setiap karyawannya bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2013 dengan benar agar bisa bekerja dengan efisien dan efektif dalam pekerjaan pengolahan data dan pembuatan laporannya sehari-hari.

Pada prinsipnya pekerjaan office data processing and reporting data hanya butuh waktu beberapa detik atau beberapa menit saja, tidak lebih dari 1 jam (tidak ada lagi overtime).

Pada training ini, akan dibahas teori dan praktek penggunaan Excel 2013 yang benar dengan cara praktis dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh peserta pelatihan.

 

OBJECTIVES MICROSOFT EXCEL 2013 FOR DATA PROCESSING AND REPORTING

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Mengelola file Workbook File dan Worksheet.
  2. Memasukan dan mengelola data.
  3. Memformat dan mendisain data lembar kerja
  4. Bekerja dengan rumus dan fungsi.
  5. Mencetak data Worksheet di Excel 2013.
  6. Menghubungkan data Worksheet ke sejumlah aplikasi Ms. Office.
  7. Mengetahui fitur-fitur terbaru dari Microsoft Excel 2013.
  8. Menguasai penggunaan absolute cell address dalam pengolahan data angka
  9. Menguasai penggunaan string function dalam pengolahan data.
  10.  Menguasai kombinasi penggunaan date function dengan string function.
  11. Menghilangkan sejumlah record data yang double hanya dalam waktu 2 detik saja.
  12. Membuat highlight data yang menarik berdasarkan kriteria tertentu dengan mudah.
  13. Membuat laporan rekap data dari sejumlah sheet dengan cepat dan saling berhubungan.
  14. Menguasai penggunaan metode Advance Filter untuk filter data yang lebih kompleks.
  15. Memahami penggunaan sheet data master dan sheet data transactions dalam data processing antar sheet.
  16. Menguasai penggunaan fungsi VLOOKUP() dan HLOOKUP() untuk table data retrieval processing antar sheet.
  17. Menguasai penggunaan fungsi VLOOKUP() Advance untuk multiple table data retrieval processing.
  18. Menguasai penggunaan fungsi logika IF(), multiple IF dan Operator Logika And.
  19. Membuat laporan summary database yang dinamis dan interaktif dengan tools Pivottable.
  20. Membuat laporan summary database yang dinamis dan interaktif dari beberapa table sekaligus dengan tools baru Power Pivot.
  21. Membuat Grafik Summary Report yang dinamis dan interaktif dengan tools Pivotchart.
  22. Membuat dan mendisain small graphic di dalam sebuah alamat sel dengan cepat dan mudah.
  23. Membuat tombol drop down yang berisi pilihan data kriteria sebagai item control process dengan metode Data Validation.
  24. Dapat memasukan dan menggunakan file add in macro ke dalam form Invoice untuk mencetak kalimat terbilang.
  25. Membuat otomatisasi data processing and reporting dengan Record Macro.
  26. Membuat macro sederhana di Excel dengan menggunakan Visual Basic Application.
  27. Membuat rumus penting untuk pengolahan data tidak terlihat di lembar kerja yang aktif dan tidak dapat diedit oleh user lain, kecuali oleh Anda.

 

MATERI MICROSOFT EXCEL 2013 FOR DATA PROCESSING AND REPORTING

  1. MENGELOLA WORKBOOK DAN WORKSHEET EXCEL 2013
    • Membuka Workbook.
    • Menutup Workbook.
    • Menyimpan Workbook.
    • Berpindah-pindah di antara sejumlah Worksheet.
    • Melihat data pada beberapa Worksheet sekaligus.
    • Menyisipkan dan menghapus Worksheet.
    • Merubah nama Worksheet.
    • Memindahkan Worksheet.
    • Menyembunyikan Worksheet.
    • Menampilkan kembali Worksheet yang pernah disembunyikan.
  2. MEMASUKAN DAN MENGELOLA DATA.
    • Memasukan data.
    • Mengedit dan menghapus data yang sudah ada.
    • Memperbesar tampilan data.
    • Membatalkan dan mengembalikan perubahan.
    • Menyalin dan menempelkan data.
    • Menyisipkan dan menghapus baris.
    • Menyisipkan dan menghapus kolom.
    • Memindahkan data.
    • Mencari dan menemukan data.
    • Mencari dan mengganti sejumlah data sekaligus.
  3. MEMFORMAT DAN MENDISAIN DATA WORKSHEET.
    • Merubah jenis font dan ukurannya.
    • Mengatur tampilan data dalam format Bold – Italic – Underline
    • Mengatur lebar kolom.
    • Mengatur warna latar belakang sel dan teks sel.
    • Mengatur format tampilan data numeric.
    • Menggunakan tool Merge and Center pada area sel data
    • Mengubah perataan data horizontal.
    • Mengubah perataan data vertical.
    • Mengubah tinggi baris.
    • Menghapus pemformatan.
    • Menyalin pemformatan.
  4. BEKERJA DENGAN RUMUS DAN FUNGSI.
    • Membuat penjumlahan otomatis dengan tool Autosum.
    • Memasukan rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
    • Menggunakan fungsi penjumlahan angka SUM()
    • Menggunakan fungsi penjumlahan character COUNT()
    • Mengedit rumus atau fungsi.
    • Menyalin rumus.
    • Membuat Cell Name pada area sel data.
    • Mereferensikan Cell Name dalam sebuah Function.
  5. MENCETAK DATA WORKSHEET DI EXCEL 2013.
    • Menggunakan Print Preview.
    • Mengatur area pencetakan.
    • Mengatur margin halaman.
    • Menyisipkan Page Break.
    • Bekerja dalam mode Page Break Preview.
    • Mencetak Worksheet dalam satu halaman.
    • Mencetak dalam bentuk Portrait (Vertical) dan Landscape (Horizontal).
    • Menengahkan worksheet pada halaman.
    • Mencetak lembar kerja.
  6. MENGHUBUNGKAN DATA WORKSHEET KE SEJUMLAH APLIKASI MS. OFFICE.
    • Terhubung sebagai object file di aplikasi Ms. Powerpoint.
    • Terhubung sebagai object file di aplikasi Ms. Word.
  7. MENGETAHUI FITUR-FITUR TERBARU DARI MICROSOFT EXCEL 2013.
    • Kegunaan dari fitur Powerpivot.
    • Kegunaan dari fitur Powerview.
  8. SYLLABUS OF INTERMEDIATE LEVEL
    • Numeric data processing with using cell absolute address.
    • Text dataprocessing with string function
    • Combination of Date function with String function.
    • How using of Remove Duplicates tools.
    • How using of Conditional Formatting tools.
    • How using of Consolidate tools.
    • How using of Advance Filter Optimization
    • Validation and date data processing from text format to historical date transaction.
    • Understanding and implementation of sheet data master and sheet data transactions.
    • How using of Data Sort tools.
    • How using of VLOOKUP() function for table data retrieval processing.
    • How using of HLOOKUP()function for table data retrieval processing.
    • How using of VLOOKUP() advance for multiple table data retrieval processing.
    • How using of IF() Logic function.
    • How using of Multiple IF() Logic function.
    • How using of AND Logic Operator.
    • How using of PivotTable tools.
    • How using of PowerPivot New tools from many tables data.
    • Created and design Cells Graphic with using Spark Lines
    • How make and using PivotChart Optimation with Slicers Panel
    • How using of Data Validation method.
    • How using of file Excel Add in Macro (*.XLAM).
    • How using of Format Cells for Locked and Hidden Cells
    • How using of Using Allow Users to Edit Range ( Permission User Access Setting )
    • How using of Protect Sheet ( Select Locked Cells and Select Unlocked Cells

 

METODE TRAINING

  • Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

 

ELECTRONIC FILING SYSTEM IMPLEMENTATION TRAINING INSTRUCTURE

Erawan Supriyatna, S.Kom and Team

 

TRAINING VENUE

Jakarta (Hotel Dreamtel, Menteng Jakarta Pusat)

 

TRAINING DURATION

3 Days

 

TRAINING TIME

  1. 21 Nov 2018-23 Nov 2018
  2. 19 Dec 2018-21 Dec 2018

 

INVESTMENT/PERSON :

  1. Rp 5.950.000/person (full fare) or
  2. Rp 5.750.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp 5.500.000/person (if there are 3 or more participants from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
  10. Qualified instructor

 

BEST PRACTICES IMPLEMENTATION OF MICROSOFT EXCEL 2013 FOR DATA PROCESSING AND REPORTING

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.