MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

ACARA

17 – 19 April 2017 | Rp. 5.950.000/person di Yogyakarta
03 – 05 Mei 2017 | Rp. 5.950.000/person di Yogyakarta
14 – 16 Juni 2017 | Rp. 5.950.000/person di Yogyakarta
17 – 19 Juli 2017 | Rp. 5.950.000/person di Yogyakarta

Jadwal Selanjutnya …

 

INTRODUCTION MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

Manajemen kantor dan arsip merupakan hal keseharian yang bila tidak dikelola dengan baik dapat berubah menjadi masalah besar. Pada prinsipnya, manajemen kantor dan arsip bermula dari pemilihan suatu sistem dasar, idealnya didasarkan oleh sistem 5S (lean office) yang pada prakteknya di sesuaikan sesuai kebutuhan. Selanjutnya pengelolaan arsip dan aset, dalam hal ini mencakup “master book” lokasi aset, status aset, penomoran aset, memiliki kesamaan dengan pengelolaan arsip. Hal yang dibedakan adalah pada manajemen arsip dilakukan pula manajemen korespondensi.

Hal lain yang merupakan masalah utama adalah manajemen waktu diri dan atasan. Beragam situasi dalam konteks aktual merubah situasi normal menjadi kritis dan genting. Pendekatan mengatasi hal ini membutuhkan sentuhan smart-contingency, yang tentu saja berbeda untuk beragam situasi,sehingga dapat mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis global yang penuh tuntutan, sesuai standar kompetensi dalam mengelola kantor, aset, arsip, dan waktu (time management) agar mampu meningkatkan efektifitas, efisiensi & profesionalitas kerja.

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

1. Paradigma dan Filosofi Manajemen Kantor Modern

• Efektivitas pengelolaan kantor dan hubungannya dengan manajemen manusia.
• Efektivitas alur kerja dan tata-ruang kantor dalam pengelolaan produktivitas.

2. Prinsip Dasar Manajemen Kantor & Filing Berdasarkan 5S (5R)

• Membahas tentang konsep 5 S, penerapannya di tempat kerja dan bagaimana sistem 5 S bekerja.
• Memahami Makna Pilar Utama Seiri (Ringkas) dan Seiton (Rapi), Seiso (Resik) dan Shitsuke (Rawat).
• Memahami Makna Pilar Utama Seiketsu (Rajin) dan Integrasi Kelima Pilar serta studi kasus (identifikasi dan peningkatan pemahaman)

3. Aturan (Pedoman) Umum Pengelolaan Arsip dan Inventaris Kantor

• Level arsip dilihat dari unsur strategis bisnis: strategic plan, SOP, Manual dan Usual-Business documents.
• Latihan: menentukan tingkat urgensi dan confidentiality arsip.
• Beragam bentuk arsip, perlakuannya, dan Tujuan penyimpanan arsip.
• Jenis-jenis arsip dan cara penggolongannya
• Kewenangan sekretaris / pengelola arsip, dan
• Bagaimana mengamankan arsip yang bersifat RAHASIA

4. Sistem Korespondensi & Pengarsipan (Manajemen Arsip Dinamis)

• Membahas pengertian arsip, langkah-langkah pembuatan arsip, teknik mengelola arsip dan pemeliharaannya.
• Membahas tentang tahapan filing yang baik dan jenis-jenis filing system yang tepat di perusahaan.
• Electronic Filing, document management software (system), trend baru dan model pelaksanaannya.

5. Aspek Strategis dan Trend Ke Depan Manajemen Filing Modern: Penerapan E-Filing dan Document Management

• Trend terbaru: electronic filing dan document management dalam bisnis.
• Beragam keunggulan dari electronic filing dan document management pada:
• Penemuan arsip, penyusutan arsip, penilaian, pemindahan dan pemusnahan arsip.
• Alur surat keluar dan surat masuk serta alih media termasuk media digital.
• Sistem indeks dan abjad dalam filing.

6. Pentingnya SOP dalam bisnis: Pembuatan, Penerapan, Pelembagaan

• Pemahaman tentang pentingnya SOP, apa Benefit dan Costnya.
• Sejarah terjadinya SOP terkait dengan pendekatan yang dipilih : hirarki, beda pendekatan = beda istilah.
• “Motivasi” & Urgensi dasar pembuatan SOP : Mendapatkan kelulusan sertifikasi.
• Perbaikan proses (lebih ringkas / cepat / lengkap).
• Peringkat kinerja dan service level.
• Tehnik Melibatkan banyak stakeholder.
• Pengaruh SOP guna Peningkatan kinerja para karyawan, dalam kaitannya dengan divisi yang terkait.

7. Latihan Pembuatan dan Finalisasi rencana kerja pembuatan SOP dan Sistem Kearsipan Perusahaan

• Review ulang materi pelatihan dan rencana kerja.
• Penugasan Individu berdasarkan lingkup ruangan (corner & office)
• Latihan Final dan presentasi kelompok membuat rencana kerja:



INSTRUCTOR MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

Drs.Apriyanto Giri W.MM.and Team

Drs.Apriyanto Giri W.MM. memiliki banyak pengalaman riil dalam kehidupannya dan akan Beliau bagikan kepada peserta training Beliau di kelas-kelas training industry. Beliau memiliki motto everyday is powerfull. Materi training yang Beliau sampaikan diantaranya Public Speaking, Effective PR, Communication skill, Leadership, Time management, AMT, Team Building, Spiritual Motivation, Entrepreneur, Personal Development, Excellent Service, Marketing, Office Management, Manajemen Kearsipan, Marketing, Telephoneskill, General Affair, Kesekretarisan,  TFT, CSR/Comdev, dll. Bapak Apriyanto Giri dosen di IMKI STMIK AMIKOM group Yogyakarta, Beliau seorang trainer, motivator dan sekaligus wirausaha, berpengalaman menjadi manager operasional hotel NIKI denpasar (divisi Marketing,Education & Training Division), dan pernah menjadi kepala wilayah primagama.



VENUE MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 



TRAINING DURATION MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

3 days

TRAINING TIME

  1. 17 Apr 2017-19 Apr 2017
  2. 03 May 2017-05 May 2017
  3. 14 Jun 2017-16 Jun 2017
  4. 17 Jul 2017-19 Jul 2017
  5. 02 Aug 2017-04 Aug 2017
  6. 18 Sep 2017-20 Sep 2017
  7. 16 Oct 2017-18 Oct 2017
  8. 01 Nov 2017-03 Nov 2017
  9. 18 Dec 2017-20 Dec 2017



INVESTATION PRICE/PERSON MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

  1. Rp. 5.950.000/person (full fare) or
  2. Rp. 5.750.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 5.500.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)



FACILITIES FOR PARTICIPANTS MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)

MANAJEMEN KEARSIPAN DAN TATA KELOLA KANTOR (Pembuatan SOP Dokumen dan Retensi Dokumen)

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *