MACRO AND VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2007/ 2010 FOR AUTOMATION DATA PROCESSING – Half Confirmed

ACARA

11 – 12 Agustus 2016 | Rp 4.000.000,-di Jakarta

 

BACKGROUND TRAINING MACRO AND VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2007/ 2010

Pengolahan database yang cukup kompleks dengan menggunakan sejumlah sheet, bahkan menggunakan file workbook ditambah  penggunaan fungsi atau formula yang dituliskan satu per satu dalam suatu cell address akan sangat merepotkan jika hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang.

Selain itu, metode tersebut sangat rentan terhadap perubahan – perubahan yang tidak disengaja ataupun disengaja, baik dari aspek tampilan ataupun  formula – formula yang yang sudah ditetapkan.

Meskipun banyak organisasi atau perusahaan sudah menggunakan aplikasi yang besar seperti SAP / ERP atau aplikasi besar lainnya yang dijalankan di mesin IBM AS400, tapi tetap saja kebutuhan akan adanya pengolahan data yang disebutkan di atas perlu dilakukan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut di atas, pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan konsep pemrograman dengan menggunakan Macro dan Visual Basic for Application (VBA) di dalam Excel 2007/2010.

Penerapan konsep VBA di dalam pekerjaan sehari-hari, pertama ; penyelesaian beberapa pekerjaan sekaligus jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan dilakukan secara manual,  kedua ; dapat menghemat tenaga, karena prosesnya dilakukan secara full automation, ketiga ;  program secara konsisten akan menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus berdasarkan sekumpulan perintah yang sudah ditulis dalam format Visual Basic code program, sehingga sangat mengurangi tingkat kesalahan yang terjadi, karena kesalahan hanya dapat terjadi pada saat menuliskan code program tersebut.

Training ini sangat cocok untuk karyawan yang sudah menangani data dengan jumlah record data yang besar, kemudian data tersebut belum tentu valid, harus dilakukan proses validasi data tersebut terlebih dahulu dengan tingkat kesulitan cukup tinggi, karena data tersebut bisa jadi dihasilkan dari proses export data aplikasi besar yang sudah ada.

OBJECTIVES TRAINING MACRO AND VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2007/ 2010

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Membuat otomatisasi summary data report di Excel dengan tampilan menarik dan dinamis dari import file data text dalam format Raw Data, dimana record datanya lebih dari 100.000 baris (data import dari aplikasi SAP) dengan menggunakan Macro yang dikerjakan kurang dari 10 detik saja.
  2. Membuat otomatisasi konversi data text hasil import data SAP dalam format awal sebagai Report Data menjadi database Excel dalam format Raw Data agar dapat dibuat berbagai jenis report yang menarik dengan Excel.
  3. Menampilkan informasi total gaji yang diterima dalam bentuk kalimat secara otomatis dengan menggunakan file Excel Add In Macro yang sudah diberikan oleh trainer.
  4. Membuat otomatisasi pemindahan sejumlah data dari satu sheet untuk dipindahkan ke sheet lain berdasarkan sejumlah criteria yang diinginkan dengan mengggunakan Visual Basic Application.
  5. Membuat otomatisasi proses pemisahan data-data dalam 1 (satu) alamat sel pada satu sheet, kemudian dipindahkan ke dalam sejumlah baris data pada sheet yang lain untuk group data yang sama (Kasus yang sering terjadi pada hasil data export dari Mesin IBM AS400).
  6. Membuat form Maintenance Data Process (Top – Next – Previous – Bottom – Find – New – Save – Cancel – Update – Delete ) dengan menggunakan Visual Basic Application.
  7. Melakukan proteksi pada sheet data dan aplikasi yang sudah dibuat dengan menggunakan Visual Basic Application.

SYLLABUS TRAINING MACRO AND VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2007/ 2010

  • Pembuatan otomatisasi summary data report di Excel yang menggunakan import file data text dengan menggunakan Macro.
  • Pembuatan otomatisasi konversi data text hasil import data SAP dalam format awal sebagai Report Data menjadi database Excel dalam format Raw Data.
  • Menampilkan informasi total gaji yang diterima dalam bentuk kalimat secara otomatis dengan menggunakan file Excel Add In Macro yang sudah diberikan oleh trainer.
  • Pembuatan otomatisasi pemindahan sejumlah data dari satu sheet untuk dipindahkan ke sheet lain berdasarkan sejumlah criteria yang diinginkan.
  • Pembuatan otomatisasi pemisahan data-data dalam satu alamat sel pada satu sheet, kemudian dipindahkan ke dalam sejumlah baris data pada sheet yang lain.
  • Understanding of Database Inquiry Programwiththe buttons(Top, Next, Previousand Bottom).
  • Create and Design Worksheet for Database Inquiry Display withthe buttons.
  • Flow Charts program for Database Inquiry Process.
  • Program code writing for Database Inquiry process.
  • Understanding of Database Maintenance Program withthe buttons ( New, Save, Cancel, Find, Edit, Update, Delete and Print ).
  • Create and Design Worksheet for Database Maintenance Display withthe buttons.
  • Flow Charts program for Database Maintenance Process.
  • Program code writing for Database Maintenance
  • How create and using main menu application.
  • How create protection for data sheet and applications.

AUDIENCE TARGET TRAINING MACRO AND VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2007/ 2010

Staff dan Leader yang sudah mengikuti topic-topik pelatihan sebelumnya  :

  1. i) Mastering Microsoft Excel 2007/2010  Beyond For Office Automation
  2. ii) Powerful Database Analysis and Dashboard Reporting with Excel 2007/2010

DURATION TRAINING MACRO AND VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2007/ 2010

2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

TRAINING METHOD : Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukannya.

Trainer

Praktisi dan trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 21 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1991 – sekarang, antara lain  di Institute Secretary Management & Computer (ISMC Wijaya Kesuma), LPTKI, LPKIA, IKAI, LP3I, PT. Asia Furniture & Craft, PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah menjabat sebagai Manager Training dan Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting.

Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting. Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan IT sebagai berikut :

Implementation Workload Analysis with Excel 2007 & VBA, General Affair Officer with Data Processing and Data Control, Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2007, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2007, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2007 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2007, RDBMS Application Development with Access 2007, Control Object for IT (COBIT v.4.1), dan lain-lain.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

Investasi:

  • Rp 4.000.000,- / 1 Peserta
  • (termasuk Souvenir, Kaos Polo, Tas Gemblok, Foto Kegiatan Pelatihan, 8Gb Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat)

Tempat          :

Hotel Santika Premier Hayam Wuruk – Jakarta Barat

EXCELLENT AUTOMATION DATA PROCESSING WITH MACRO AND VISUAL BASIC APPLICATION EXCEL 2007/ 2010

 

 

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *