JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

ACARA

08 – 10 Februari 2017 | Rp 6.500.000/person di Bandung
29 – 31 Maret 2017 | Rp 6.500.000/person di Bandung
10 – 12 April 2017 | Rp 6.500.000/person di Bandung
31 Mei – 02 Juni 2017 | Rp 6.500.000/person di Bandung

Jadwal Training 2017 Selanjutnya

 

TRAINING INTRODUCTION JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

Untuk mencegah terjadinya kerugian-kerugian (losses) seperti cedera/luka pada manusia atau pekerja (People), kerusakan pada peralatan (Equipment), kerusakan pada bahan-bahan (Materials), dan kerusakan terhadap lingkungan (Environment) atau disingkat kerugian terhadap PEME (People, Equipment, Materials, Environment), maka sebelum memulai suatu pekerjaan (Job) diperlukan suatu proses identifikasi potensi-potensi bahaya yang mungkin terjadi, kemudian bagaimana cara mengendalikan (mitigasi) bahaya-bahaya yang potensial tersebut.

JSA (Job Safety Analysis) atau Analisa Keselamatan Pekerjaan (AKP) atau Analisa Keselamatan Bekerja (AKB) ini secara garis besar dibagi dalam 3 langkah/tahapan yaitu menguraikan pekerjaan dalam urutan-urutan langkah yang sistematis, kemudian mengidentifikasi potensi-potensi bahaya dan risiko yang mungkin terjadi dari setiap langkah-langkah pekerjaan tersebut, kemudian menetapkan tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk mengendalikan atau menghilangkan sama sekali bahaya-bahaya dan risiko-risiko yang mungkin terjadi dari masing-masing langkah pekerjaan tersebut..



TRAINING OBJECTIVE JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

Para peserta pelatihan/kursus akan dapat mengerti, memahami dan mempraktekkan JSA dalam kegiatan pekerjaannya sehari-hari. Kemudian daripada itu pelatihan/kursus JSA ini akan memberikan beberapa keuntungan atau manfaat, antara lain :

  1. Memberikan pengertian yang sama terhadap setiap orang/peserta kursus tentang apa-apa saja yang harus dilakukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara yang betul, aman, selamat, tidak mengganggu kesehatan dan tidak mencemari lingkungan.
  2. JSA merupakan suatu alat dan sarana pelatihan yang sangat effektip untuk para pegawai baru yang bisa dimasukan dalam Program ”HSE/ SHE/EHS/HES Induction & New Employee Orientation”.
  3. JSA juga merupakan suatu alat dan sarana yang sangat effektip untuk merencanakan pekerjaan yang tidak rutin atau ”Non-routine jobs”.
  4. JSA bisa membantu dalam penulisan prosedur keselamatan untuk jenis pekerjaan yang baru maupun pekerjaan yang dimodifikasi.
  5. JSA bisa dimasukkan sebagai salah satu topik dalam Safety Meeting/Safety Talks, Pre-Job Meeting/Briefing, Tail-Gate-Meeting, Tool-Box-Meeting. Juga bisa dimasukkan sebagai elemen atau komponen utama dalam Daftar Keselamatan (Safety Checklist), dan Observasi Keselamatan (Safety Observation).



TRAINING MATERIAL OUTLINE JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

  1. Pengenalan tentang Manajemen Pengendalian Rugi (Introduction to Loss Control Management)
  2. Pemilihan/Pembentukan Tim JSA (Selecting/Forming the JSA Team)
  3. Pemilihan jenis pekerjaan yang akan dianalisa (Selecting the Job to be Analyzed)
  4. Penyusunan/Pengurutan langkah-langkah pekerjaan (Breaking Down the Job)
  5. Pengidentifikasian potensi bahaya-bahaya dari setiap langkah pekerjaan (Identifying Potential Hazards of Each Job’s Step)
  6. Pembuatan rekomendasi perubahan untuk menghilangkan       bahaya-bahaya yang berpotensi (Developing Recommended Changes to Eliminate the Potential Hazards)
  7. Studi Kasus/Latihan-Latihan Membuat JSA
  8. Penayangan Film-Film/VCD yang terkait dengan JSA
  9. Pre-Course Assessment (Pre-Test) dan Post-Course Assessment (Post-Test)



WHO SHOULD ATTEND ?

Para Operator, Teknisi, Kepala Regu (Foremen) dan Penyelia/Pengawas (Supervisor) dari berbagai Departemen seperti Drilling, WO/WS, Production, Transportation, Maintenace (Mechanical, Electrical, Instrumentation, dll), Welding & Fabrication, Warehouse & Logistics, Construction, HSE/SHE/EHS/HES/K3LH, dan lain sebagainya, termasuk Perwakilan/Representative dari para Kontraktor/Mitra Kerja.



TRAINING INSTRUCTOR JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

Ir. Didi Sugandi, Bc. M and Team

Ir. Didi Sugandi,Bc.M was born inBandung August 21, 1950. He studied at Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS)/ Oil & Natural Gas Academy, Cepu, Central Java (1973-1977), graduated as Bachelor of Petroleum Engineering (Bakaloreat Minyak or Bc. M), under sponsorship or study assignment of PT Stanvac Indonesia and he also studied at University of Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta (1986-1991), graduated as Petroleum Engineer (Ir.), under sponsorship or study assignment of Huffco/VICO Indonesia. His work experiences is 39 years in oil and gas companies and 1 year in geothermal, detailly as follows:

  1. 1970 – 1981 : PT Stanvac Indonesia Pendopo, South Sumatera (Production Dept., Study Assignment at AKAMIGAS Cepu, Safety & Equipment Inspection Dept.)
  2. 1981 – 1997 : Huffco / VICO Indonesia, East Kalimantan (Production Dept., Manpower Planning & Development, Study Assignment at UPN Veteran Yogyakarta, Production Dept., Loss Prevention & Environment Dept./LPED, HSE System Dept.)
  3. 1997 – 1998 : Karaha Bodas Company (KBC-Geothermal Drilling Project, Garut, West Java, HSE Dept.) & Sumitomo Corporation (Geothermal Power Plant Construction Project, Pangalengan, West Java, HSE Dept.)
  4. 1999 – 2002 : JOB Pertamina-Gulf Resources, Jambi, Sumatera, HSE Dept. (under contract services of SUCOFINDO Main Office Jakarta & PT Guna Persada Engineering)
  5. 2003 – now : Caltex/Chevron Pacific Indonesia (CPI), Riau, Sumatera, HES Management System Audit Project in Drilling & Wellwork Operations (under contract services of PT Surveyor Indonesia – Pekanbaru)

Chronology of Job Position’s Career of Ir. Didi Sugandi,Bc.M is as follows:

Helper (2 years) à Prod. Operator III (1 year) à Study Assignment at AKAMIGAS Cepu (3   yrs) à Prod. Technician I ( 1.5 yrs) à Safety & Fire Protection Supv. (3.5 yrs) à Asst. Prod. Supv. (2 yrs) à Prod. Supv. (2 yrs) à Sr. Prod. Supv. (2 yrs) àStudy Assignment at UPN Veteran (4.5 yrs) àHead Prod. Supv. (1 year) àProd. Superintendent (2 years) à Loss Prev. & Env. Dept. Head (3 yrs) à HSE Superintendent (1 year) à Safety Manager (1 year) à Sr. Manager HSE (1 year) à HSE Advisor ( 2 yrs) à Continuous Drilling Safety Audit Coordinator (3.5 yrs) àDrilling & Completion Safety Management System Audit Coordinator (3.5 years).

Starting from 1992 till now (in his offschedule of work), Ir. Didi Sugandi,Bc.M being trainer,consultant, auditor and specialist on HSE topics for many companies in Indonesia.



TRAINING VENUE 
JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION :  

3 days

  JADWAL TRAINING

  1. 08 Feb 2017-10 Feb 2017
  2. 29 Mar 2017-31 Mar 2017
  3. 10 Apr 2017-12 Apr 2017
  4. 31 May 2017-02 Jun 2017
  5. 19 Jun 2017-21 Jun 2017
  6. 12 Jul 2017-14 Jul 2017
  7. 28 Aug 2017-30 Aug 2017
  8. 13 Sep 2017-15 Sep 2017
  9. 11 Oct 2017-13 Oct 2017
  10. 29 Nov 2017-01 Dec 2017
  11. 13 Dec 2017-15 Dec 2017

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :

  1. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)



FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)


JOB SAFETY ANALYSIS (JSA)
ANALISA KESELAMATAN PEKERJAAN

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *