Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

CSR Planning, Monitoring and Evaluation with GRI 3.1 Perspective

Acara

12 – 14 March 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
28 – 30 April 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
09 – 11 July 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
14 – 16 September 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta

 

DESCRIPTION

ISO (International Standards Organisation) telah meluncurkan standard pertama di dunia di bidang tanggung jawab social pada awal  November 2010. Standard ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility ini menjadi rujukan bagi perusahaan-perusahaan di dalam menjalankan kegiatan bisnisnya secara bertanggung jawab. Standard ini akan menjadi rujukan praktek terbaik di bidang tanggung jawab sosial  bagi perusahaan di sektor swasta maupun publik dengan mempertimbangkan aspek sosial, lingkungan, legal, budaya, politik, dan keragaman organisasi termasuk tentunya pertimbangan aspek ekonomis.

ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus  pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR), berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini.

Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk  menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial. Standard  rujukan ISO 26000 ini akan menjadi barometer sejauh mana tingkat keterlibatan perusahaan dalam aktivitas tanggung jawab sosial  dapat terukur. Dengan mencermati perilaku perusahaan, standard ini akan mengevaluasi sejauhmana perilaku perusahaan memberi kontribusi kepada upaya-upaya pembangunan berkelanjutan, khususnya aspek kesehatan dan kesejahteraan sosial; mempertimbangkan kebutuhan dan ekspektasi dari stakeholders; memenuhi persyaratan legal dan norma internasional lain yang relevan dan terintegrasi serta diimplementasikan di dalam organisasi.

Dengan perspektif strategis yang terkait dengan eksistensi CSR di dalam organisasi, akan menjadi krusial bagi pengelola perusahaan untuk mengidentifikasi keseluruhan rangkaian implementasi CSR yang dimulai dari tahapan perencanaan, monitoring, evaluasi dan sistem reporting untuk memastikan bahwa program CSR akan memberikan manfaat optimal bagi penerima manfaat program. Pada prinsipnya program CSR yang efektif akan dimulai dari adanya proses perencanaan yang baik, dilanjutkan implementasi program yang selalu dimonitoring dan dievaluasi secara efektif dan selanjutnya dirangkum dalam sebuah mekanisme sistem monitoring yang efektif dan bersifat standardized. Dari sistem monitoring yang efektif ini pula, selanjutnya pengelola program CSR dapat melakukan continuous improvement program-program CSR selanjutnya secara berkelanjutan.

Training ini merupakan media pembelajaran praktikal untuk meningkatkan kapasitas konseptual dan teknis dari siapa saja yang akan terlibat dalam proses perencanaan, monitoring, evaluasi dan sistem pelaporan program CSR dengan menggunakan standard GRI versi terbaru.



WHO SHOULD ATTEND

Pelatihan ini merupakan landasan awal bagi siapa saja yang akan terlibat dalam proses pengembangan, penerapan dan pengelolaan sistem tanggung jawab sosial berbasis pada ISO 26000.



OBJECTIVE

  • Untuk memperkaya wawasan pengetahuan konseptual dan praktikal peserta menyangkut siklus implementasi program CSR yang dimulai dari proses perencanaan, monitoring dan evaluasi serta penyusunan sistem pelaporan program CSR dengan menggunakan standard GRI versi terbaru.
  • Untuk meningkatkan kemampuan dan skill pesertaterkait dengan fungsi perencanaan program, sistem monitoring dan evaluasi serta penyusunan sistem pelaporan program CSR dengan standard GRI versi terbaru.
  • Memberikan pemahaman tentang standar penulisan laporan keberlanjutan berdasarkan standar internasional yang diakui sebagai pedoman penulisan Sustainability Reporting terutaman Global Reporting Initiative dengan versi terbarunya



SUMMARY OUTLINE TRAINING CSR

  • Planning (identifying program performance indicator)
  • Identification of priority areas
  • Project Preparation/ Project Examination
  • Stakeholder Identification
  • Project Implementation
  • Process (tools and methods for monitoring and evaluation)
  • The process of monitoring and evaluation on CSR as a part of program improvement
  • Sharing experience of monitoring and evaluation on CSR in practice
  • Global Reporting Initiative
  • Standar pelaporan GRI (Global Report Initiative) Ver 3.1
  • Kategori, Aspek, dan Indikotor GRI
  • Proses Pembuatan Laporan
  • Materi Laporan
  • Tampilan Laporan

COURSE METHOD

  • Presentation
  • Discuss
  • Case Study
  • Evaluation
  • Simulation



COURSE SPEAKER

Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)

(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social  Audit, Government Relations, Community Building and Development )

TIME & VENUE

  • Dafam fortuna Hotel, Jl. Dagen 60 Malioboro, Yogyakarta
    12 – 14 March 2015
    28 – 30 April 2015
    09 – 11 July 2015
    14 – 16 September 2015
    03 days (08 am – 04 pm)

In House Training:

Depend on request



FEE

IDR 5.800.000,- Per Participant non residential



FACILITY

  • Module / Handout
  • Certificate
  • Souvenir
  • Training Kit

 

 CSR Planning, Monitoring and Evaluation with GRI 3.1 Perspective

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days