CONFLICT MANAGEMENT & HUMAN BEHAVIOUR

Acara

17 – 19 Mei 2016 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta
14 – 16 Juni 2016 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta
26 – 28 Juli 2016 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta
29 – 31 Agustus 2016 | Rp 5.800.000,- di Yogyakarta

Jadwal Selanjutnya …

 

DESKRIPSI CONFLICT MANAGEMENT & HUMAN BEHAVIOUR

Organisasi terdiri dari berbagai macam komponen yang berbeda dan saling memiliki ketergantungan dalam proses kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Perbedaan yang terdapat dalam organisasi seringkali menyebabkan terjadinya ketidakcocokan yang akhirnya menimbulkan konflik. Pada dasarnya ketika suatu organisasi ada, maka sesungguhnya terdapat banyak kemungkinan timbulnya konflik. Konflik dapat menjadi masalah yang serius dalam setiap organisasi, tanpa peduli apapun bentuk dan tingkat kompleksitias organisasi tersebut, jika konflik tersebut dibiarkan berlarut-larut tanpa penyelesaian. Karena itu keahlian untuk mengelola konflik sangat diperlukan bagi setiap pimpinan atau manajer organisasi.

Terjadinya konflik dalam setiap organisasi merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindarkan karena orang-orang yang terlibat dalam organisasi mempunyai karakter, tujuan, visi, maupun gaya yang berbeda satu sama lain. Akan tetapi, tidak semua konflik merugikan organisasi. Konflik yang ditata dan dikendalikan dengan baik dapat menguntungkan organisasi sebagai suatu kesatuan. Dalam menata konflik dalam organisasi diperlukan suatu behaviour yang baik, seperti keterbukaan, kesabaran serta kesadaran semua pihak yang terlibat maupun yang berkepentingan dengan konflik yang terjadi dalam organisasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah bukan bagaimana meredam konflik, tapi bagaimana menanganinya secara tepat, sehingga tidak merusak hubungan antarpribadi bahkan merusak tujuan organisasi. Oleh karena itu, sangatlah wajar bila organisasi merasa perlu untuk mengelola setiap konflik menjadi sebuah kekuatan yang mempersatukan setiap perbedaan. Konflik yang dibiarkan berkembang akan menciptakan masalah yang berujung pada pertentangan yang mengancam kekuatan organisasi.

Konflik janganlan sampai menjadi arena saling menghasut untuk mengaburkan visi organisasi, ataupun menciptakan ketegangan yang mengganggu proses kerja organisasi. Untuk itulah manajer atau pimpinan dalam organisasi harus mampu mengelola konflik yang terdapat dalam organisasi secara baik agar tujuan organisasi dapat tercapai tanpa hambatan-hambatan yang menciptakan terjadinya konflik. Manajer atau pimpinan harus mampu mendiagnosis sumber konflik serta memilih strategi pengelolaan konflik yang sesuai sehingga diperoleh solusi tepat atas konflik tersebut. Dengan pola pengelolaan konflik yang baik maka akan diperoleh pengalaman dalam menangani berbagai macam konflik yang akan selalu terus terjadi dalam organisasi.

Konsep dasar pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi pemahaman konflik, mendeteksi tanda-tanda eskalasi konflik, menanggapi tanda-tanda tersebut dengan tindakan yang tepat dan akhirnya menggunakan teknik yang efektif untuk menyelesaikan konflik. Program ini berfokus pada aspek-aspek positif dan yang sangat produktif untuk menyelesaikan konflik, dan menjelaskan bagaimana peserta bisa mendapatkan keuntungan dari situasi yang sering dianggap sebagai negatif dan destruktif.

Pelatihan ini dirancang untuk membantu karyawan dan pimpinan agar dapat  berpikir dan bertindak secara positif, dan secara cerdas mengelola setiap konflik menjadi kekuatan yang mempersatukan organisasi dan stakeholders dalam satu visi yang terarah kepada sasaran yang tepat. Melalui pelatihan ini peserta akan mengetahui berbagai strategi manajemen konflik yang harus diketahui oleh seorang manager, sehingga dapat diputuskan strategi mana yang cocok untuk berbagai macam konflik yang dihadapi. Pada akhirnya, hubungan interpersonal seorang manager menghadirkan kesempatan untuk meningkatkan atau malah mengurangi kesuksesannya dalam menangani konflik. Terlatihnya seorang manager dalam komunikasi dan proses konflik akan menempatkan posisinya sebagai salah satu titik yang paling penting dalam kesuksesan suatu organisasi atau perusahaan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan diberikan pencerahan dan motivasi untuk bersikap positif dalam  menangani setiap situasi konflik yang sulit secara efektif dan efisien.

TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta:

  • Mampu memahami dan mengaplikasikan creative accounting dalam penyusunan laporan keuangan guna membantu perusahaan terutama dalam mengefisiensikan pengelolaan pajak.
  • Dapat memahami standar akuntansi yang dibenarkan dalam aktivitas creative accounting.
  • Dapat mempelajari trik jitu & tips praktis dalam melakukan perencanaan perpajakan di perusahaan.

 

MATERI CONFLICT MANAGEMENT & HUMAN BEHAVIOUR

PENGERTIAN DASAR KONFLIK

  • Definisi Konflik
  • Sumber Konflik: Faktor-faktor penyebab konflik
  • Jenis-Jenis Konflik
  • Management Konflik dan Tipe Konflik dalam manajemen

PEMAHAMAN DASAR DAN CARA MENANGANI KONFLIK

  • Memahami cara konflik berevolusi
  • Baik dan buruk dari konflik
  • Siklus hidup konflik
  • Meningkatkan daya tahan diri saat konflik meningkat
  • Kecerdasan untuk mengelola konflik
  • Strategi dan taktik yang berbeda dalam penyelesaian konflik
  • Menganalisis konflik berdasarkan manfaat dan kepentingan
  • Teknik menghindari konflik
  • Proses pemecahan konflik yang efektif
  • Resolusi konflik
  • Peranan Komunikasi dalam menangani konflik
  • Kepemimpinan efektif
  • Seni Mempengaruhi dalam konteks kepemimpinan
  • Gaya manajemen konflik dan gaya manajemen yang membangun

KECERDASAN EMOSI UNTUK MENGELOLA KONFLIK

  • Self Awareness: Memahami & mengelola konflik dengan kesadaran diri sendiri.
  • Emotional Intelligence: Merespon konflik dengan kecerdasan emosional dan ketahanan emosional.
  • Proses Manajemen Konflik
  • Memahami cara emosi mempengaruhi konflik
  • Memahami cara menghindari pengambilan keputusan saat emosi dalam kendali negative
  • Cara menggunakan manajemen kemarahan dalam menyelesaikan konflik
  • Serangkaian taktik psikologis dalam mengatasi konflik
  • Kecerdasan untuk mengeksploitasi sifat baik diri sendiri
  • Emosi-emosi penyebab utama konflik

PENGENDALIAN DIRI DALAM MENANGGAPI SITUASI KONFLIK YANG MENINGKAT

  • Pendekatan yang efektif untuk memenangkan konflik
  • Mengelola konflik melalui karakter diri positif dalam kekuatan etika, integritas, dan trust.
  • Sikap-sikap yang dapat digunakan untuk pengendalian konflik
  • Ketenangan dan daya tahan terhadap energi arogansi
  • Kemampuan pengendalian diri terhadap pernyataan yang samar-samar
  • Menahan serangan yang sifatnya kepribadian
  • Cerdas bersikap saat konflik dibesar-besarkan
  • Cerdas memahami persepsi yang menciptakan konflik
  • Cerdas berinteraksi untuk mencapai perdamaian atas konflik

CARA BERNEGOSIASI & STRATEGI MENGATASI KONFLIK

  • Bernegosiasi secara efektif untuk mendapatkan solusi (win-win)
  • Prinsip-prinsip negosiasi
  • Cara mengelola konflik
  • Menggunakan strategi negosiasi mapan untuk menyelesaikan konflik
  • Menggunakan pihak ketiga untuk intervensi atas konflik
  • Sistem untuk mencegah konflik destruktif
  • Sumber daya untuk mengelola konflik secara efisien

Jenis intervensi dari pihak ketiga untuk menyelesaikan konflik

 

PESERTA

Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:

  • Pemimpin perusahaan, manager, supervisor
  • Para Staf yang berminat untuk memahami bagaimana cara mengelola konflik.

 

INSTRUKSTUR TRAINING CONFLICT MANAGEMENT & HUMAN BEHAVIOUR

Dra MC Maryati, MM & Team

Instruktur merupakan pakar di bidang interpersonal communication & development personality. Aktif sebagai narasumber dalam berbagai proyek, seminar, training, workshop di beberapa perusahaan tingkat nasional untuk materi MC dan komunikasi, pengembangan kepribadian manajerial, customer service excellent, manajemen perkantoran dan administrasi dalam perusahaan, building skill for secretary, performance management dan  manajemen kuantitatif.

 

WAKTU TEMPAT

  • Batch 5 : 17 – 19 Mei 2016
  • Batch 6 : 14 – 16 Juni 2016
  • Batch 7 : 26 – 28 Juli 2016
  • Batch 8 : 29 – 31 Agustus 2016
  • Batch 9 : 27 – 29 September 2016
  • Batch 10 : 25 – 27 Oktober 2016
  • Batch 11 : 22 – 24 November 2016
  • Batch 12 : 27 – 29 Desember 2016
  • 08.00 – 16.00 WIB
  • Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta

In House Training : Depend on reques

 

Investasi
Rp 5.800.000,- /participant (non residensial)*
Special Rate:
Rp 5.000.000,- (min 4 participants from the same company

FASILITAS

  • Meeting Room di Hotel
  • Module/Materi (hard & soft copy)
  • Training Kit
  • Coffe Break & Lunch
  • Souvenir
  • Sertifikat
  • Airport pick up services
  • Transportation during training

 

CONFLICT MANAGEMENT & HUMAN BEHAVIOUR IN ORGANIZATION

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *