Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 300.000 event sepanjang tahun 2023

COBIT 5: Implementasi COBIT 5 di institusi Keuangan – Available Online

JADWAL ONLINE TRAINING

2020
07 – 08 Desember 2020 | Rp 2.900.000,- Online Training
11 – 12 Desember 2020 | Rp 2.900.000,- Online Training
2021
04 – 05 Januari 2021 | Rp 2.900.000,- Online Training

Jadwal Online Training Selanjutnya …

JADWAL TRAINING KELAS

2020
21 – 23 Desember 2020 | Rp 6.900.000 di Hotel Ibis Malioboro, Yogyakarta
28 – 30 Desember 2020 | Rp 6.900.000 di Hotel Ibis Malioboro, Yogyakarta
2021
04 – 05 Januari 2021 | Rp 6.900.000 di Hotel Ibis Malioboro, Yogyakarta

Jadwal Training Kelas Selanjutnya …

 

 

Background Training COBIT 5 

Teknologi Informasi dapat membantu membuat keputusan pada tingkatan manajerial, akan tetapi penerapan Teknologi Informasi membutuhkan biaya yang cukup besar dengan resiko kegagalan yang tidak kecil. Untuk membuat penerapan Teknologi Informasi di dalam perusahaan dapat digunakan secara maksimal, maka dibutuhkan pemahaman yang tepat mengenai konsep dasar dari sistem yang berlaku, teknologi yang dimanfaatkan, aplikasi yang digunakan dan pengelolaan serta pengembangan sistem yang dilakukan pada perusahaan tersebut.

Sejak kemunculannya, Teknologi Informasi (Information Technology / IT) merupakan alat bantu utama bagi industri finansial untuk meningkatkan kinerja operasional. Penerapan IT yang baik dapat membantu perbankan dalam menghadapi kondisi ini. Lebih lanjutnya, IT saat ini menjadi enabler berbagai layanan berbasis IT, seperti Layanan ATM, EDC, atau e-Channel.

Investasi TI dunia berkembang dengan pesatnya tetapi realisasi IT value masih dipertanyakan melalui berbagai fenomena IT Paradox. Hasil survey Standish Group menyatakan hanya 35% proyek TI yang dinilai sukses menghantarkan value, sisanya gagal parsial atau bahkan total. Berbagai riset terkini menunjukkan kontribusi praktik IT Governance dalam meningkatkan delivery value TI bahkan mampu menunjukkan korelasi positif terhadap growth revenue perusahaan.

IT yang baik perlu dikelola dengan baik pula. Jika tidak dikelola dengan baik, maka IT dapat menjadi bumerang, karena operasional bisnis perbankan dapat terganggu jika IT mengalami kegagalan. Untuk itu, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berencana meningkatkan persyaratan assurance IT bagi perbankan, yang mencakup:

  • Tata kelola IT (IT Governance) yang baik
  • Peningkatan perencanaan dan investasi IT dengan Rencana Strategis IT / IT

       Masterplan dan keselarasannya dengan pengembangan dan operasional system dan

       arsitektur  teknis TI.

  • IT Risk Management & Business Continuity Plan / Disaster Recovery Plan
  • IT Audit dan continuous improvement.

COBIT 5 merupakan a set of best practice (framework) bagi pengelolaan teknologi informasi (IT management) yang secara lengkap terdiri dari: executive summary, framework, control objectives, audit guidelines, implementation tool set serta management guidelines yang sangat berguna untuk proses sistem informasi strategis.

ISACA (IS Audit Control and Association) pada tahun 2012 telah merilis satu framework integratif dari berbagai well‐known referensi best practices sebelumnya menjadi 1 produk COBIT 5. Melalui kerangka ini dikenalkan 37 proses, 5 prinsip, 7 enabler serta 7 step implementasi IT Governance dan Management disertai dengan metode capability assessment baru yang mengacu ke ISO15504 series.

Control Objectives for Information and Related Technology dengan versi terakhirnya adalah versi 5.0, COBIT 5 merupakan framework IT Governance yang dikeluarkan oleh ISACA dan sampai saat ini merupakan framework IT Governance yang paling populer di dunia. IT Governance memberikan panduan untuk memastikan terjadinya IT-Business Alignment, pengelolaan risiko TI secara memadai, efisiensi penggunaan sumberdaya TI dan memungkinkannya kinerja TI selalu termonitor. Implementasi IT Governance adalah satu key success factor paling krusial implementasi TI, selain ketepatan pilihan Arsitektur TI.

Control Objectives for Information and related Technology (COBIT) berguna bagi IT Managers, IT users, IT Auditor, Manajemen Puncak TI dan business managers dalam memperoleh keyakinan atas kehandalan sistem teknologi informasi yang dipergunakan. Sedangkan para manajer memperoleh manfaat dalam keputusan saat menyusun strategic IT plan, menentukan information architecture, dan keputusan atas procurement (pengadaan/pembelian) inventaris organisasi.

Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) dengan versi terakhirnya adalah versi 5.0, COBIT 5 merupakan framework IT Governance yang dikeluarkan oleh ISACA dan sampai saat ini merupakan framework IT Governance yang paling populer di dunia. IT Governance memberikan panduan untuk memastikan terjadinya IT-Business Alignment, pengelolaan risiko TI secara memadai, efisiensi penggunaan sumberdaya TI dan memungkinnya kinerja TI selalu termonitor. Implementasi IT Governance adalah satu key success factor paling krusial implementasi TI, selain ketepatan pilihan Arsitektur TI.

Cobit berorientasi proses, dimana secara praktis Cobit dijadikan suatu standar panduan untuk membantu mengelola suatu organisasi mencapai tujuannya dengan memanfaatkan TI. Cobit memberikan panduan kerangka kerja yang bisa mengenndalikan semua kegiatan organisasi secara detail dan jelas sehingga dapat membantu memudahkan pengambilan keputusan di level top dalam organisasi.

Pada training COBIT 5 ini akan dijelaskan dasar-dasar, prinsip-prinsip utama, interpretasi klausul, serta best practice panduan implementasi IT Governance yang efektif. Pada training ini juga akan dibahas dan diberikan sampel-sampel dokumen (Pedoman, SOP, Instruksi Kerja, Formulir) IT Governance yang berguna bagi pembangunan serta implementasi IT Governance ke depannya.

 

Tujuan Training Cobit 5

  • Mampu melakukan penyelarasan Tujuan TI dan bisnis organisasi dan menentukan aktivitas/proses TI untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
  • Memahami step‐by‐step implementasi tata kelola dan manajemen TI dengan menggunakan COBIT 5.
  • Menjadi Champion dan change agent dalam menerapkan/mengadopsi best practice framework COBIT 5 di organisasi masing-masing peserta.

 

Metode

Pelatihan ini menggunakan metode interaktif (sharing knowledge and discussion), dimana peserta dikenalkan kepada konsep, framework/proses dan implementasi COBIT 5, dan diberikan contoh kasus dan  aplikasi untuk melakukan proses dan implementasi COBIT 5 di institusi keuangan.

 

Materi Pelatihan Cobit 5

Senin,

  • Sesi 1 : Overview Framework COBIT 5
  • Sesi 2 : Overview Framework COBIT 5 (lanjutan)
  • Sesi 3 : Seven Enabler COBIT 5

Selasa,

  • Sesi 5 : Process Reference Model COBIT 5
  • Sesi 6 : Process Capability Assessment COBIT 5
  • Sesi 7 : Step‐by‐Step COBIT5 Implementation

Rabu

  • Studi kasus COBIT 5 di institusi keuangan.
  • Pembahasan COBIT 5 di institusi keuangan.

 

Peserta

Manajer dan staf IT dan manajer atau staf bagian lain yang akan dilibatkan dalam kegiatan audit IT dari aspek bisnis dan operasional di institusi keuangan.

Chief Information Officer, Chief Audit Executive, IT Auditor/ Assessor, IT Manager, IT QA, IT Professional.

 

Instruktur

Buce Darmawan, S.Kom, M.T.I, CISA, CGEIT, PRINCE2, COBIT5, ITIL3, CCNA, TOGAF.

  • Buce Darmawan (Buce), mendapatkan gelar Sarjana Komputer (with honors) dari Universitas Bina Nusantara (Binus University) dengan fokus riset di Networking Technology. Berkontribusi di bidang wireless, IPv6, & cisco networking technology and software application development saat menjadi intern job training selama 3 tahun di Applied Technology Labs di Binus University
  • Buce juga meraih gelar Magister Teknologi Informasi (with honors) dari Universitas Indonesia dengan fokus riset di IT Strategic Planning, IT Architecture and IT Governance in Financial Institution dan berhasil membuktikan dengan penerapan IT Governance, IT Strategic Planning and IT Architecture yang efektif dan efisien berdampak kepada peningkatan operasional pada insitusi keuangan.
  • Buce memiliki pengalaman professional lebih dari 15 tahun. Ia berpengalaman dalam melaksanakan dan memberikan konsultansi dan training IT Audit & Assurance, IT Governance-Risk-Compliance, IT Strategic Planning & IT Architecture tidak hanya di institusi keuangan (Bank BRI dan BNI lebih dari 11 tahun) namun juga di institusi asuransi, investment bank, telekomunikasi, retail dan FMCG (Food Manufacturing and Consumer Goods), minyak dan gas.
  • Buce memiliki sertifikasi profesi keahlian Audit TI dari lembaga internasional IS/IT Auditor yaitu ISACA (IS Audit and Control Association) yaitu CISA (Certified Information System Auditor). Di samping itu ia juga memiliki profesi keahlian IT Governance yaitu CGEIT (Certified Governance of Enterprise IT) dari lembaga yang sama.
  • Tidak hanya memiliki sertifikasi profesi keahlian CISA dan CGEIT, ia juga memiliki sertifikasi CCNA (Certified Cisco Network Associate), ITIL3 (IT Infrastructure Library), COBIT5 (Control OBjective for Information related Technology), PRINCE2 (Project Management in Control Environment)
  • Saat ini ia banyak memberikan layanan konsultansi dan training di berbagai perusahaan dan lembaga pemerintah di bidang IT Strategic Planning, IT Architecture, IT Performance Management, IT Governance-Risk-Compliance, IT Audit & Assurance dan IT Service Management serta IT DRP dan BCP.

 

JADWAL, METODE, KETENTUAN, INVESTASI DAN FASILITAS ONLINE TRAINING

Jadwal Online Training 2020

  • 7 – 8 Desember 2020
  • 9 – 10 Desember 2020
  • 11 – 12 Desember 202
  • 14 – 15 Desember 2020
  • 16 – 17 Desember 2020
  • 18 – 19 Desember 2020
  • 21 – 22 Desember 2020

Jadwal Online Training 2021

  • 4 – 5 Januari 2021
  • 6 – 7 Januari 2021
  • 8 – 9 Januari 2021
  • 11 – 12 Januari 2021
  • 13 – 14 Januari 2021
  • 15 – 16 Januari 2021
  • 18 – 19 Januari 2021
  • 20 – 21 Januari 2021
  • 22 – 23 Januari 2021
  • 25 – 26 Januari 2021
  • 27 – 28 Januari 2021
  • 29 – 30 Januari 2020
  • 1 – 2 Februari 2021
  • 3 – 4 Februari 2021
  • 5 – 6 Februari 2021
  • 8 – 9 Februari 2021
  • 10 – 11 Februari 2021
  • 15 – 16 Februari 2021
  • 17 – 18 Februari 2021
  • 19 – 20 Februari 2021
  • 22 – 23 Februari 2021
  • 24 – 25 Februari 2021
  • 26 – 27 Februari 2021
  • 1 – 2 Maret 2021
  • 3 – 4 Maret 2021
  • 5 – 6 Maret 2021
  • 8 – 9 Maret 2021
  • 12 – 13 Maret 2021
  • 15 – 16 Maret 2021
  • 17 – 18 Maret 2021
  • 19 – 20 Maret 2021
  • 22 – 23 Maret 2021
  • 24 – 25 Maret 2021
  • 26 – 27 Maret 2021
  • 29 – 30 Maret 2021
  • 31 Maret – 1 April 2021
  • 5 – 6 April 2021
  • 7 – 8 April 2021
  • 9 – 10 April 2021
  • 12 – 13 April 2021
  • 14 – 15 April 2021
  • 16 – 17 April 2021
  • 19 – 20 April 2021
  • 21 – 22 April 2021
  • 23 – 24 April 2021
  • 26 – 27 April 2021
  • 28 – 29 April 2021
  • 30 April – 1 Mei 2021
  • 3 – 4 Mei 2021
  • 5 – 6 Mei 2021
  • 7 – 8 Mei 2021
  • 10 – 11 Mei 2021
  • 24 – 25 Mei 2021
  • 28 – 29 Mei 2021
  • 2 – 3 Juni 2021
  • 4 – 5 Juni 2021
  • 7 – 8 Juni 2021
  • 9 – 10 Juni 2021
  • 11 – 12 Juni 2021
  • 14 – 15 Juni 2021
  • 16 – 17 Juni 2021
  • 18 – 19 Juni 2021
  • 21 – 22 Juni 2021
  • 23 – 24 Juni 2021
  • 25 – 26 Juni 2021
  • 28 – 29 Juni 2021
  • 30 Juni – 1 Juli 2021
  • 2 – 3 Juli 2021
  • 5 – 6 Juli 2021
  • 7 – 8 Juli 2021
  • 9 – 10 Juli 2021
  • 12 – 13 Juli 2021
  • 14 – 15 Juli 2021
  • 16 – 17 Juli 2021
  • 21 – 22 Juli 2021
  • 23 – 24 Juli 2021
  • 26 – 27 Juli 2021
  • 28 – 29 Juli 2021
  • 30 – 31 Juli 2021
  • 2 – 3 Agustus 2021
  • 4 – 5 Agustus 2021
  • 6 – 7 Agustus 2021
  • 11 – 12 Agustus 2021
  • 13 – 14 Agustus 2021
  • 18 – 19 Agustus 2021
  • 20 – 21 Agustus 2021
  • 23 – 24 Agustus 2021
  • 25 – 26 Agustus 2021
  • 27 – 28 Agustus 2021
  • 30 – 31 Agustus 2021
  • 1 – 2 September 2021
  • 3 – 4 September 2021
  • 6 – 7 September 2021
  • 8 – 9 September 2021
  • 10 – 11 September 2021
  • 13 – 14 September 2021
  • 15 – 16 September 2021
  • 17 – 18 September 2021
  • 20 – 21 September 2021
  • 22 – 23 September 2021
  • 24 – 25 September 2021
  • 27 – 28 September 2021
  • 29 – 30 September 2021
  • 1 – 2 Oktober 2021
  • 4 – 5 Oktober 2021
  • 6 – 7 Oktober 2021
  • 8 – 9 Oktober 2021
  • 11 – 12 Oktober 2021
  • 13 – 14 Oktober 2021
  • 15 – 16 Oktober 2021
  • 20 – 21 Oktober 2021
  • 22 – 23 Oktober 2021
  • 25 – 26 Oktober 2021
  • 27 – 28 Oktober 2021
  • 29 – 30 Oktober 2021
  • 1 – 2 November 2021
  • 3 – 4 November 2021
  • 5 – 6 November 2021
  • 8 – 9 November 2021
  • 10 – 11 November 2021
  • 12 – 13 November 2021
  • 15 – 16 November 2021
  • 17 – 18 November 2021
  • 19 – 20 November 2021
  • 22 – 23 November 2021
  • 24 – 25 November 2021
  • 26 – 27 November 2021
  • 29 – 30 November 2021
  • 1 – 2 Desember 2021
  • 3 – 4 Desember 2021
  • 6 – 7 Desember 2021
  • 8 – 9 Desember 2021
  • 10 – 11 Desember 2021
  • 13 – 14 Desember 2021
  • 15 – 16 Desember 2021
  • 17 – 18 Desember 2021
  • 20 – 21 Desember 2021
  • 22 – 23 Desember 2021
  • 27 – 28 Desember 2021
  • 29 – 30 Desember 2021

 

Metode Training Online

Metode pelatihan  online dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih  metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

Metode Peserta Belajar Online Mandiri  (Asinkron) yaitu:

  • Peserta mendownload materi pelatihan (dalam bentuk file PPT/PDF/video) dan belajar mandiri dengan waktu belajar diatur sendiri oleh peserta.
  • Masa aktif tayang setiap materi pelatihan 4 minggu dengan disediakan konsultasi maks 4 jam online dihitung sejak materi mulai ditayangkan.
  • Apabila diperlukan peserta dapat diskusi atau konsultasi terkait dengan materi yang akan difasilitasi oleh konsultan/trainer melalui berbagai media seperti Google Meet, Hang Out, Zoom, Team link, atau WhatsApp sesuai dengan kesepakatan.
  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama

Metode Live Online Training (Sinkron)  yaitu:

  • Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal
  • Media Live training dapat menggunakan Google Meet, Hang Out, Zoom atau Team link.
  • Tersedia harga khusus jika training yang sama diikuti oleh beberapa peserta dari perusahaan yang sama

 

Ketentuan Online Training 

Persiapan Peserta

  • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Buku dan alat tulis.

Platform yang digunakan

  • Beberapa alternative platform Zoom, Google Meet, Hang Out,  Team link atau Webex untuk conference live training
  • Materi, tugas dan dokumen lain akan diupload dalam Google Classroom
  • Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan

 

Investasi dan Fasilitas Online Training

  • Course Fee Rp 2.900.000
  • Modul online training
  • Certificate training Hardcopy dan atau Softcopy

 

JADWAL DAN INVESTASI TRAINING KELAS

Jadwal Training 2020

Hotel Ibis Malioboro, Yogyakarta

  • 21 – 23 Desember 2020
  • 28 – 30 Desember 2020

Jadwal Training 2021

  • 4 – 5 Januari 2021
  • 11 – 12 Januari 2021
  • 18 – 19 Januari 2021
  • 25 – 26 Januari 2021
  • 1 – 2 Februari 2021
  • 8 – 9 Februari 2021
  • 15 – 16 Februari 2021
  • 22 – 23 Februari 2021
  • 1 – 2 Maret 2021
  • 8 – 9 Maret 2021
  • 22 – 23 Maret 2021
  • 29 – 30 Maret 2021
  • 5 – 6 April 2021
  • 12 – 13 April 2021
  • 19 – 20 April 2021
  • 26 – 27 April 2021
  • 3 – 4 Mei 2021
  • 10 – 11 Mei 2021
  • 24 – 25 Mei 2021
  • 2 – 3 Juni 2021
  • 7 – 8 Juni 2021
  • 14 – 15 Juni 2021
  • 21 – 22 Juni 2021
  • 28 – 29 Juni 2021
  • 5 – 6 Juli 2021
  • 12 – 13 Juli 2021
  • 21 – 22 Juli 2021
  • 26 – 27 Juli 2021
  • 2 – 3 Agustus 2021
  • 11 – 12 Agustus 2021
  • 18 – 19 Agustus 2021
  • 23 – 24 Agustus 2021
  • 30 – 31 Agustus 2021
  • 6 – 7 September 2021
  • 13 – 14 September 2021
  • 20 – 21 September 2021
  • 27 – 28 September 2021
  • 4 – 5 Oktober 2021
  • 11 – 12 Oktober 2021
  • 20 – 21 Oktober 2021
  • 25 – 26 Oktober 2021
  • 1 – 2 November 2021
  • 8 – 9 November 2021
  • 15 – 16 November 2021
  • 22 – 23 November 2021
  • 29 – 30 November 2021
  • 6 – 7 Desember 2021
  • 13 – 14 Desember 2021
  • 20 – 21 Desember 2021
  • 27 – 28 Desember 2021

 

Investasi dan Fasilitas

  • Rp 6.900.000 (Non Residential)
  • Jika Perusahaan/ Instansi mengirimkan lebih dari satu peserta pada judul dan tanggal yang sama maka akan di berikan potongan harga pada peserta kedua dan seterusnya masing – masing sebesar Rp 1.000.000 per peserta.
  • VIP training Rp 8.900.000 (4 Hari , Non Residential dengan tambahan Fasilitas Paket studi lapangan/ City tour dan Belum Termasuk Pajak PPn 10%)
  • Quota minimum 2 peserta
  • Fasilitas: Certificate, Training kits, USB, Lunch, Coffe Break, Souvenir
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/ Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)

 

COBIT 5: Pentingnya Implementasi COBIT 5 di institusi Keuangan

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days