ADVANCE TRAINING NEED ANALYSIS (TNA)

Acara

11 – 13 Mei 2016 | IDR 6.000.000 per participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
16 – 18 Mei 2016 | IDR 6.000.000 per participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
25 – 27 Mei 2016 | IDR 6.000.000 per participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
06 – 08 Juni 2016 | IDR 6.000.000 per participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta

Jadwal Selanjutnya …




MATERI  TRAINING NEED ANALYSIS (TNA)

DAY 1 : THE FOUNDATION & BIG PICTURE

SESI 1: New Approach In People Development: Human Capital, Competency Management, And Talent Management

  1. 1. Memahami perbedaan antara Traditional Based HRM, Competency Based HRM vs Talent Based HRM.
  2. 2. Pemahaman tentang competency dictionary dan profiency level, sebagai dasar penyusunan modul
  3. 3. pelatihan (meningkatkan kompetensi target peserta).
  4. 4. Contoh Requirement untuk level pimpinan, bawahan, specialist.
  5. 5. Big Picture Training & Development Division dalam konteks ini.
  6. 6. Studi Kasus dan Diskusi kelompok.

SESI 2: Training Management: The Big Picture

Gambaran Besar Metodologi manajemen pelatihan / training Management sebagai panduan Peran dan kompetensi yang harus dimiliki training specialist :

  1. 1. Step By Step TNA: Analisa kebutuhan pelatihan, tahapan kerja dan hasil yang diharapkan, termasuk membedakan Analisis kebutuhan pelatihan baru, lama (refreshment) dan perbaikannya.
  2. 2.  Bagaimana mendefinisikan program pelatihan: menentukan tujuan pelatihan, memilih metode pelatihan, dan pembuatan matrix pelatihan.
  3. 3. Membuat Proposal training: tujuan, metode, target hasil, kompetensi yang disasar, lama waktu, pendekatan pelatihan, siapa peserta dan pelaksananya.
  4. 4. Evaluasi pelatihan dan Training scorecard: ketika dan setelah pelatihan sesuai model 4 level dari evaluasi pelatihan.
  5. 5. Pembuatan modul: tahapan kerja dan hasil yang diharapkan.
  6. 6. Tahapan Penyelenggaraan Pelatihan: sebelum masuk ruangan, lay out ruangan, penyediaan fasilitas (flip chart, infocus, sound system).
  7. 7. Intervensi pasca pelatihan dan peran training & development division.

SESI 3: Understanding TNA In Business Context

  1. 1. Memahami 2 mazhab dalam TNA: Performance Management vs User Requirement (current problem vs future problem).
  2. 2. Pendekatan BADDIE dan lainnya dalam TNA.
  3. 3. Macro TNA berdasarkan 7 S (disederhanakan)
  4. 4. 7S Mc Kinsey:  Kerangka Pijak analisa macro TNA (Organization, Key Success Factors & KPI)
  5. 5. Penggunaan Teknik 7S Mckinsey dalam Pelaksanaan TNA.

SESI 4: Practice: Analyzing your Organization’s Improvement Areas, Key Success Factors, And Gap Analysis

1. SHARING mengenai beragam kasus Macro TNA dan approach yang pernah dilakukan:

  • –  Bank – Sales
  • –  Bank – Collection
  • –  Learning Center – Telekomunikasi, Bank (penyusunan modul collection – TNA dimana peserta yang di    tugaskan dengan design training terjadi kesalah-pahaman)
  • –  Perusahaan Keramik/Kaset.
  • – Latihan dan presentasi kelompok berdasarkan kasus yang dibuat.
  • –  Diskusi kelas, Presentasi kelompok & Review dari fasilitator

 

DAY 2 : CONDUCTING MICRO TNA & HOW TO DESIGN TRAINING PROGRAM

SESI 1: Micro TNA: How to Conduct Performance Diagnosis: Understanding Reasons Of Poor People Performance And How To Improve It

  1. 1. Paradigma baru dalam performance management.
  2. 2. Tahapan pelaksanaan manajemen kinerja: Problem Analyses & Performance, Cause of Problems and its
  3. 3. Solutions, Training vs. Non Training Solutions.
  4. 4. Competency based Training Design: metode dan aplikasinya.
  5. 5. Manajemen manusia dan permasalahannya: Techniques on solving Skills Problems, Knowledge Problems,
  6. 6. Motivation Problems and Habit Problems.
  7. 7. Memahami Prinsip dasar Mentoring, Coaching & counceling.
  8. 8. Latihan melakukan Performance Diagnosis.
  9. 9. Latihan membuat Performance Improvement Plan.

SESI 2: Practice: Analyzing Performance Problem and Individual

  1. 1. Tehnik mengidentifikasi permasalahan kinerja dan solusinya (training vs non training).
  2. 2. On-the-job development program.
  3. 3. Penentuan area pengukuran kompetensi: Knowledge, Skill, Attitude, Habit
  4. 4. Latihan membuat pengukuran kompetensi.
  5. 5. Latihan membuat dan menurunkan kompetensi yang dibutuhkan dari suatu pekerjaan/posisi.
  6. 6. Latihan menentukan jenis content yang tepat untuk setiap level jabatan.

SESI 3: Interviewing Skills In Conducting TNA

  1. 1. Berhubungan dengan Key User:
    • o Bagaimana menanyakan permasalahan dilapangan. How to drill it down.
    • o Bagaimana menanyakan ekspektasi seseorang: apa yang harus dikejar, bagaimana bertanyanya, dan tehnik pendalamannya.
  2. 2. Masalah utama dalam TNA:
  3. 3. Masalah teknis: tahapan kerja – flow of process. POAC / Management skills.
      • § Bagaimana seorang interviewer dapat memahami apakah aktivitas kerja saat ini sudah benar? Sebagai dasar penentuan dan penyusunan modul pelatihan.
      • § Tehnik cepat memahami strategi dan proses yang benar dalam satu unit bisnis yang di analisa.
      • § Apa yang harus di lakukan dan diketahui (Ekspektasi Kinerja) ketika menginterview seorang Manager, Supervisor dan Staff/operator/clerical.
    • o Masalah manusia: Pengetahuan, Keahlian, Kemauan dan Kebiasaan – Knowledge, attitude, skills & habbit – KASH (Leadership & Soft Skills).
      • § Bagaimana memetakan cepat dan memahami : Apakah suatu pekerjaan (keahlian) perlu di dukung pemahaman konsep kunci, atau lebih kepada clerical tasks (Skills) saja, dan bagaimana mengidentifikasi tingkat pengetahuan tersebut.
      • § Tehnik mengidentifikasi cakupan content dalam konteks Knowledge & Skills.
      • § Tehnik mengidentifikasi sejauh mana terdapat isu non technical: cara bertanya dan memvalidasinya (Energy-Motivasi, mind set, values, Citra diri, cooperation, team building, leadership, Bad habbit, behavioral-Soft Competency).

SESI 4: Communication Skills On Conducting TNA: Ensuring Right Training Design

  1. 1.  3 Bahaya utama: Distorsi, Generalisasi dan Delesi sebagai sumber dasar asumsi yang menyesatkan.
  2. 2. Membaca bahasa tubuh dan sensitivitas klien dalam melakukan interview.
  3. 3. Tehnik meningkatkan rapport dan membaca kebohongan melalui bahasa tubuh serta intonasi seseorang.
  4. 4. Membuat trial draft isi pelatihan: tehnik bertanya, menggiring, dan mengkonfirmasi key user dan targeted participant terhadap content materi pelatihan.
  5. 5. Memahami dan menggiring Ekspektasi dari key user: 4 Level of training Results.
  6. 6. Studi kasus dan sharing: pengalaman dan form yang digunakan

 

DAY 3 : CONDUCTING TRAINING DESIGN & DEVELOPING TRAINING MATERIAL

SESI 1: Modern Approach on Holistic Human Change: The Science of Behavior Modification

  1. 1. Peserta memahami bagaimana pembelajaran wholistic: beragam tehnik modifikasi area/domain pikiran bawah sadar dan pikiran sadar.
  2. 2. Memahami pikiran dan kesadaran.
  3. 3. Prinsip pikiran sadar dan bawah sadar & bagaimana pikiran belajar.
  4. 4. Memahami Citra diri, sabotase diri, dan harapan.
  5. 5. Memprogram pikiran sadar & pikiran bawah sadar.
  6. 6. Beragam metode yang terdapat dipasaran dan aplikasinya: Quantum Teaching, Accelerated Learning, Outbond,
  7. 7. NLP, Logotherapy, dan Organizational Modification.
  8. 8. Implikasinya kepada training design dan metode evaluasi pelatihan:

o Mengapa suatu pelatihan menjadi tidak efektif.

SESI 2: Understanding Training Design & Training Evaluation

  1. 1. Tahapan dalam mendesain training: Tujuan besar, Kerangka Besar, Metode yang akan digunakan, run down session, training matrix Program.
  2. ·2. Perbedaan metode mendesain training untuk peningkatan keahlian, pengetahuan, sikap, motivasi, pola pikir dan tehnik pengukuran hasilnya.
  3. ·3. Membuat benang merah antara sesi: alur sesi pelatihan vs mind mapping techniques
  4. 4. Apa yang harus di lakukan di pagi hari, siang hari dan sore hari.
  5. 5. Tehnik merancang content pelatihan dan bagaimana mencarinya (using training provider, googling, scan to text, Subject Matter Expert, Reading & Translating Competency Manual).
  6. ·6. Tehnik Evaluasi pelatihan berdasarkan metode 4 level.
  7. 7. Metode evaluasi pelatihan ketika dan pasca pelatihan.
  8. 8. Merancang tehnik Intervensi pasca pelatihan.

SESI 3: Practice: Developing Syllabi for Training

“Peserta Diwajibkan Membawa Notebook & Flashdisk Sendiri”

  • * Beragam jenis training yang saat ini ada dipasar, baik keunggulan maupun kekurangannya.
  • * Latihan membuat silabus training berdasarkan TNA:
    • o Senior Management Level
    • o Middle Management & Supervisor
    • o Clerical & Officer Level
  • * Praktek dan Simulasi Mendesain Materi Persesi Menangani Masalah Kerja (Knowledge & Skills)
  • * Praktek dan Simulasi Mendesain Materi Persesi Menangani Masalah bawah Sadar (Motivasi, Pola Pikir/Mind Set,
  • * Sikap, Emosi, Team Work, Leadership).

SESI 4: Group Presentation & Class Discussion

  • * Presentasi kelompok.
  • * Diskusi dan review bersama.
  • * Input fasilitator.
  • * Wrap up & closing.



INSTRU
KTUR

Irfan Riza, SE, M.Si, MA – Dosen dan Praktisi Human Development

 



PESERTA TRAINING

  1. Program designers, program facilitators, training managers, internal performance consultants and human resources managers
  2. Managers responsible for specific types of training
  3. Training directors responsible for multi-functional strategist.



METODE

Lecturing, diskusi interactive, roleplay, sharing and studi kasus.

 

 

TIME & VENUE

  • 11 – 13 Mei 2016
  • 16 – 18 Mei 2016
  • 25 – 27 Mei 2016
  • 6 – 8 Juni 2016
  • 15 – 17 Juni 2016
  • 20 – 22 Juni 2016
  • 11 – 13 Juli 2016
  • 20 – 22 Juli 2016
  • 25 – 27 Juli 2016
  • 3 – 5 Agustus 2016
  • 8 – 10 Agustus 2016
  • 24 – 26 Agustus 2016
  • 29 – 31 Agustus 2016
  • 7 – 9 September 2016
  • 12 – 14 September 2016
  • 21 – 23September 2016
  • 26 – 28 September 2016
  • 12 – 14 Oktober 2016
  • 17 – 19 Oktober 2016
  • 26 – 28 Oktober 2016
  • 7 – 9 November 2016
  • 16 – 18 November 2016
  • 21 – 23 November 2016
  • 6 – 7 Desember 2016
  • 14 – 16 Desember 2016
  • 21 – 23 Desember 2016
  • 26 – 28 Desember 2016

Hotel Ibis Styles | Yogyakarta

 

 

TRAINING FEE

  • IDR 6.000.000 per participant (Non-Residential)
  • Minimal participants : 2 persons (Yogyakarta)

 

 

FASILITAS TRAINING NEED ANALYSIS (TNA)

  • Training Module
  • Flashdisk containing materials
  • ATK
  • Backpack bag
  • Exclusive T-Shirt  atau Jacket
  • Coffee break 2x dan Lunch 1x selama training
  • Certificate of Completion
  • Training Photo
  • Transportasi bagi peserta dari luar kota : airport/stasiun ke hotel tempat menginap. (Minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama)
ADVANCE TRAINING NEED ANALYSIS
Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *