
Acara
29 – 31 Januari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta – CONFIRMED
12 – 14 Februari 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta – CONFIRMED
12 – 14 Maret 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
09 – 11 April 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
DESKRIPSI TRAINING ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
Kantor (office) merupakan tempat untuk menerima proses, mendistribusikan dan menyimpan informasi. Pengelolaan kantor sangat bersinggungan dengan manajemen operasional perusahaan, yaitu bagaimana proses pengelolaan data, komunikasi maupun arsip-arsip organisasi. Pengadministrasian yang baik merupakan wujud awal dalam mencapai tujuan perusahaan dan turut memegang andil dalam suksesnya suatu perusahaan.
Mereka yang bekerja di bagian administrasi kantor tidak hanya menyimpan informasi, tetapi juga memastikan bahwa informasi yang akurat, relevan, handal dan memadai. Informasi yang akan didistribusikan harus dapat diandalkan, yang memenuhi kebutuhan penerima dalam pengambilan keputusan. Karyawan harus mampu menangkap informasi yang relevan dan mengolahnya dalam waktu yang singkat. Saat ini staff bagian administrasi bukan hanya dituntut untuk terampil menyelesaikan tugas-tugasnya di kantor, namun juga perlu memiliki sikap positif terhadap pekerjaan. Mereka dituntut untuk bisa merencanakan, mengorganisir serta mengontrol seluruh pekerjaan dengan baik, agar seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Maka dari itu, pengetahuan karyawan mengenai manajemen perkantoran, meliputi fungsi administrasi dan pengarsipan sangat diperlukan dalam mengelola kantor sebagai sumber informasi yang efektif. Melalui pelatihan ini, para karyawan, khususnya sekretaris dan administrasi profesional akan diberikan keterampilan dan keahlian office management yang sangat komprehensif, dalam hal ini berkaitan dengan pengetahuan untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan administrasi kantor dan pengarsipan secara efektif. Akan dibahas juga mengenai berbagai aspek manajemen perkantoran, teknik & dasar pengarsipan yang diperlukan dalam administrasi perkantoran. Setelah selesai mengikuti pelatihan ini para peserta akan dapat lebih terampil dalam mengelola administrasi dan pengarsipan kantor secara efektif.
TUJUAN TRAINING ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
Tujuan dari pelatihan ini bagi peserta adalah:
- Memahami bagaimana mengelola kantor secara efektif;
- Memahami peran penting dan fungsi staf admin dalam menunjang aktivitas perusahaan sehari-hari;
- Mampu menyusun daftar prioritas sesuai tugas dan tanggung jawab;
- Mampu mengelola informasi yang dibutuhkan oleh unit-unit lain;
- Dapat lebih terampil dalam mengelola administrasi kantor;
- Mampu meningkatkan profesionalitas kerja, memiliki sikap dan cara berpikir serta bertindak sesuai dengan tuntutan jaman
MATERI TRAINING ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
- Pengantar:
- Lingkup Tugas & Tanggung Jawab
- Fungsi & Sistem Administrasi Perkantoran & Pengarsipan
- Mengenal Staf & Pimpinan
- Administrasi dan Pengarsipan sebagai bagian dari “Excellent Services”
- Pengelolaan Informasi (pengumpulan, pencatatan, penggandaan, pendistribusian, serta penyimpan data dan informasi)
- Keterampilan tertentu sebagai pendukung untuk dapat melakukan pekerjaan staf admin:
- Supplying information using a paper-based filing system
- Identifying and providing information and material required by users
- Ketrampilan menghandle telepon (telephone courtesy), fax, menyiapkan berkas/dokumen, pertemuan dan membantu pengunjung dll.
- Management Arsip Dan Pengelolaan Arsip
- Record management & Filling System
- Pemahaman dan pengertian Arsip
- Jenis-jenis Arsip
- Penerapan Filling System
- Klasifikasi Arsip
- Index System
- Pengendalian dan Peminjaman Arsip
- Komputerisasi Arsip
- Document Handling (Incoming & Outgoing Mail)
- Incoming & Outgoing Journals
- Clean Desk Policy
- Mailing Procedures
- Standard Operating Procedure (SOP) Kegiatan Kantor
- Aktifitas-aktifitas Kantor
- Pentingnya SOP untuk kelancaran aktifitas kantor
- Personal development: formulating a personal action plan
PESERTA TRAINING ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh: Personel Bagian Tata Usaha, Sekretaris, Office Manager, Staff Administrasi, Administration Assistants, Receptionists, Finance Officers, serta staf lain yang memiliki tanggung jawab untuk manajemen kantor.
INSTRUKTUR TRAINING ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
- MC Maryati, MM., CHRA.
- Apriyanto Giri W, MM.
Instruktur adalah pakar/praktisi bidang pengembangan manajemen, organisasi & sistem kearsipan, sering mengisi kegiatan pelatihan & seminar yang berkaitan dengan topik Keterampilan Administrasi & Pengarsipan.
- Batch 1: 29 – 31 Januari 2019
- Batch 2: 12 – 14 Februari 2019
- Batch 3: 12 – 14 Maret 2019
- Batch4: 09 – 11 April 2019
- Batch 5: 21 – 23 Mei 2019
- Batch 6: 25- 27 Juni 2019
- Batch 7: 23 – 25 Juli 2019
- Batch 8: 27 – 29 Agustus 2019
- Batch 9: 24 – 26 September 2019
- Batch 10: 01 – 03 Oktober 2019
- Batch 11: 26 – 28 November 2019
- Batch 12: 03 – 05 Desember 2019
- 08.00 – 16.00 WIB
Yogyakarta: Cavinton Hotel Yogyakarta ; Neo Malioboro Hotel Yogyakarta ; Ibis Styles Yogyakarta Hotel
Surabaya: Hotel Neo Gubeng Surabaya ; Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Malang: Ibis Styles Malang Hotel
Jakarta: Yello Hotel Manggarai Jakarta ; Dreamtel Jakarta Hotel
Bandung: Serela Cihampelas Hotel Bandung ; Serela Merdeka Hotel Bandung
Bali: Ibis Bali Kuta Hotel ; Harris Kuta Raya Hotel Bali
In House Training : Depend on request
BIAYA TRAINING ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
- 5.900.000 IDR / participant (for public training in Yogyakarta) -> minimum quota of 2 participants
- 6.800.000 IDR / participant (for public training in Bandung, Jakarta, Surabaya) -> minimum quota of 3 participants
- 7.500.000 IDR / participant (for public training in Bali) -> minimum quota of 3 participants
FASILITAS TRAINING ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN
INCLUDE:
- Meeting Room at Hotel, Coffe Break, Lunch
- Module (hard & soft copy/flashdish)
- Training Kit, Souvenir, Sertifikat
- Airport pick up services
- Transportation during training
EXCLUDE:
- Penginapan peserta training
- Pajak (Ppn 10 %)